Beranda Informasi Produk kopi kelompok tani Jawa Timur tembus pasar Perancis

Produk kopi kelompok tani Jawa Timur tembus pasar Perancis

Produk kopi kelompok tani Jawa Timur tembus pasar Perancis

Pasuruan, Jawa Timur (ANTARA) – Produk kopi dari Kelompok Tani Sumber Makmur Abadi (Samadi) binaan Bank Indonesia Malang berhasil menembus pasar ekspor Perancis, yang diharapkan mampu menjadi langkah awal mendorong peningkatan ekspor.

Ketua Kelompok Tani Samadi Desa Jatiarjo, Kabupaten Pasuruan, Nur Hidayat, Kamis mengatakan untuk tahap awal ekspor kopi jenis arabika dan robusta yang ditanam di lereng Gunung Arjuno tersebut, akan dikirim kurang lebih sebanyak 22 ton.

"Kami sudah ada kerja sama, hasil produksi akan diekspor kurang lebih sebanyak 22 ton ke Prancis untuk memasok kebutuhan café," kata Hidayat, di Desa Jatiarjo, Kabupaten Pasuruan.

Kelompok Tani Samadi, menandatangani kesepakatan kerja sama dengan Lembaga Rumah Dagang Indonesia (LRDI) untuk ekspor kopi yang baru pertama kali dilakukan. Selama ini, hasil produksi kopi para petani itu, dijual untuk pasar lokal di Indonesia.

Saat ini, sudah ada kurang lebih sebanyak 19 ton biji kopi yang tengah disiapkan untuk ekspor ke Prancis. Rencananya, untuk pengiriman awal akan mulai dilakukan pada November 2019, yang diharapkan bisa berkelanjutan untuk ke depannya.

Untuk biji kopi jenis arabika, harga per kilogramnya dipatok dengan harga Rp85.000 per kilogram, sementara untuk jenis robusta dengan harga Rp45.000 per kilogram. Cita rasa yang ada dari kopi arabika yang dihasilkan, memiliki keunikan tersendiri seperti aroma buah dan karamel, yang digemari pasar eropa.

"Ada aroma buah dan karamel untuk kopi arabika. Produk kami nantinya akan memasok kebutuhan cafe yang ada di Prancis," ujar Hidayat.

Baca Juga :  Lifestyle

Sementara itu, Ketua LRDI Diebel Effendi mengatakan upaya untuk menggandeng para petani tersebut merupakan salah satu langkah untuk memperkuat peranan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) khususnya dalam meningkatkan ekspor.

Baca Juga :  Amankah Minum Kopi Untuk Lambung ?

"Potensi ekspor produk pertanian dan perkebunan itu cukup besar, namun, di luar negeri masih tidak banyak produk dari Indonesia, kebanyakan dari Vietnam dan Thailand," kata Diebel.

Diebel menjelaskan kontribusi sektor usaha kecil menengah pada ekspor baru berkisar pada 15,7 persen. Menurutnya, angka tersebut masih terbilang cukup rendah, dan harus ditingkatkan dalam waktu mendatang.

Ekspor kopi jenis arabika dan robusta dari kelompok tani Samadi ke Prancis tersebut kurang lebih senilai Rp1,8 miliar. Diharapkan produk hasil petani petani tersebut bisa terus ditingkatkan kualitasnya, dan mendongkrak kinerja ekspor untuk kedepannya.

 

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Adi Lazuardi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Sumber ArtikelAntaranews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Must Read

COFFEE MATES HARUS MENGETAHUI PETA KOPI DUNIA

Jika Anda pecinta kopi, tentu tersedia kepuasan tersendiri dikala Anda sanggup menikmati seduhan kopi dari bervariasi biji kopi yang tumbuh di beraneka belahan...

17.457 pasien RSD Wisma Atlet sembuh dari COVID-19

17.457 pasien RSD Wisma Atlet sembuh dari COVID-19 Jakarta (ANTARA) - Pasien sembuh COVID-19 di Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, hingga...

Tim Swab Hunter sasar tempat nongkrong anak muda di Surabaya

Tim Swab Hunter sasar tempat nongkrong anak muda di Surabaya Surabaya (ANTARA) - Tim Swab Hunter menyasar pelanggar protokol kesehatan khususnya di tempat nongkrong...

Dinas Sosial Lombok Utara salurkan bantuan untuk korban kebakaran

Dinas Sosial Lombok Utara salurkan bantuan untuk korban kebakaran Mataram (ANTARA) - Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara...

Komik "One Piece" dihentikan sementara karena "mangaka" sakit mendadak

Komik "One Piece" dihentikan sementara karena "mangaka" sakit mendadak Oda-sensei saat ini sedang dalam pemulihan, dan manga tersebut akan kembali dalam edisi ke-46 dari...