KOLA-N, produk kopi lada dari UMKM Bangka Tengah

0
98

KOLA-N, produk kopi lada dari UMKM Bangka Tengah

Ini produk kreatif baru yang kami ciptakan dengan komposisi buah lada dan biji kopi dengan cita rasa yang berbeda

Koba, Babel (ANTARA) – Pelaku UMKM di Desa Nibung, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengembangkan produk minuman yang bahan bakunya dari kopi dan lada.

"Ini produk kreatif baru yang kami ciptakan dengan komposisi buah lada dan biji kopi dengan cita rasa yang berbeda," kata Kepala Desa Nibung, Roni Fahrizal di Koba, Rabu.

Ia menjelaskan, produk kopi-lada atau KOLA-N yang diproduksi ada dua varian yakni menggunakan krimer dan original dengan cita rasa berbeda yaitu perpaduan lada dan biji kopi.

"Kami melakukan pemasaran melalui Bumdes, namun yang jadi kendala kami masih terbatasnya bahan baku sehingga produksinya juga terbatas," ujarnya.

Ia mengatakan, kopi lada atau KOLA-N merupakan produk kreatif yang diciptakan para pelaku UMKM di bawah binaan desa dan dipasarkan melalui Bumdes.

"Produk kreatif ini kami ciptakan untuk menyiasati anjloknya harga lada, sehingga harus berpikir untuk mengembangkan produk hilir komunitas ekspor itu," ujarnya.

Ia mengatakan, pemerintah desa akan terus berupaya mengembangkan pasar kopi lada tersebut hingga ke luar provinsi.

"Sekarang pemasarannya masih dalam daerah, target kami menembus pasar nasional dan bahkan pasar internasional," ujarnya.

Baca juga: Lampung kembangkan agrowisata kopi dan kakao
 

Pewarta: Ahmadi
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Sumber ArtikelAntaranews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.