SEDUH KOPI, ALA BARISTA

SEDUH KOPI, ALA BARISTA

SEDUH KOPI, ALA BARISTA, Ngopi sudah menjadi adat istiadat bagi sebagian masyarakat Indonesia, bagus dari kalangan tua hingga remaja. Karena saking banyaknya masyarakat yang suka kopi kedai kopi maupun kafe kopi malah menjamur di mana-mana. Dan kopi pun sudah diracik menjadi aneka variasi, sebagian kopi yang populer di lidah masyarakat Indonesia antara lain: kopi susu, cappucino, kopi latte, dan lain-lain. Melainkan bagi penggila minuman ini, kopi hitam undang-undangnya yakni harus dibanding kopi-kopi lain.

Umumnya tidak sedikitorang yang merasa aneh, mengapa para pecinta kopi bisa mengatakan kopi itu nikmat, sedangkan sebagian yang lainnya menganggap bahwa kopi ini rasanya lazimnya dan ada yang mengatakan bahwa kopi itu pahit, sehingga mereka tidak menyukainya. Tetapi mungkin anda dapat mencoba metode meracik kopi yang benar dengan memandang sebagian faktor dibawah ini. Simak uraian dibawah.

SEDUH KOPI, ALA BARISTA

1. Biji kopi.

Yang pertama, sebelum anda mulai membikin kopi, yakinkan kamu mempunyai biji-biji kopi berkwalitas. Jangan pakai kopi bubuk maupun kopi instan yang umum dipasarkan di pasaran! Pasalnya, kopi bubuk yang banyak dipasarkan di pasaran tak mempunyai karakteristik dan cita rasa kopi yang unik. Harus kamu tahu, bubuk kopi bisa mengabsorpsi aroma disekitarnya. Jadi bubuk kopi yang terlalu lama ditaruh kualitasnya akan menurun.

Sebaliknya, pesanlah biji-biji kopi di coffee shop yang tersebar di kotamu. Apabila memungkinkan, mintalah kepada barista untuk meroasting biji mentah seketika di hadapanmu. Hal ini mempertimbangkan agar kopi yang kau beli benar-benar segar sejak Roasting.

2. Grinder atau penggiling kopi.

Sesudah mendapatkan biji kopi sangrai, alat pertama yang kamu butuhkan yakni grinder, atau alat penggiling kopi. Jika memang belum punya, tak ada salahnya untuk menggunakan penggiling biasanya berada satu rangkaian dengan blender dirumahmu. Tapi pastikan, grinder tersebut seharusnya bersih dan bebas dari wewangian benda-benda bukan kopi ya.

Baca Juga :  Warta Bumi

3. Vietnam drip.

unsplash

Dikenal Vietnam drip, karena halnya alat ini bersumber dari negara tetangga kita, yaitu Vietnam. Alat satu ini, di negeri asalnya barangkali cuma dijual sekitar 30 ribu rupiah. Namun di Indonesia, harganya dapat mencapai dua kali besarnya. Tidak mengherankan, karena memang di sana terkandung biaya impor dan lain-lainnya.

Tak harus keahlian yang terlalu ribet untuk memakai alat satu ini. Sejatinya, kau cuma cukup memasukkan kopi bubuk ke dalam dasar Vietnam drip, lalu sesudah itu ratakan bubuk kopi dan tekan-tekan menggunakan saringan bawaan Vietnam drip. Setelah itu, siramkan air panas dan tunggu air kopi netes perlahan ke dalam gelas dibawahnya, stir dan hidangkan. Di Vietnam seringnya, di dasar gelas umumnya diberikan susu kental manis sehingga menghasilkan kopi susu.

4. French press.

SEDUH KOPI, ALA BARISTA.French press Alat ini yaitu alat yang banyak diterapkan untuk seduh kopi di rumah-rumah. Bentuknya yang sederhana, dan penggunaannya yang gampang sudah mungkin menciptakan french press menjadi alat penyeduh kopi unggulan. Apalagi, dengan harga yang relatif murah, telah memungkinkan tak akan membuat dompetmu habis. Kamu hanya cukup merogoh cash sekitar 100K – 200 ribu rupiah untuk membawa pulang alat ini.

Demikianlah SEDUH KOPI, ALA BARISTA, semoga bisa membuat inspirasi kamu baik sebagai pribadi ataupun untuk usaha.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.