Luang Prabang adalah kota yang unik. Salah satu keunikannya adalah banyak toko roti yang juga menyediakan kopi-kopi enak.

SEORANG teman mengatakan bahwa kami harus minum kopi dan menikmati pastry dan roti di sebuah toko roti bernama Zurich Artisan Bakery. Kami pikir “apa pula minum kopi di toko roti?”. Sebuah kalimat menyepelekan memang padahal siapa tahu memang toko roti artisan ini memang benar-benar menyajikan kopi enak.

Dan sore itu, sehabis menjelajah Luang Prabang dan sekitarnya kami mencari tempat berteduh yang tenang. Sekalian mau ngopi sore sambil menikmati sisa hari. Halah! Kami cukup terperangah dengan banyaknya jenis roti dan pastry yang dipajang. Seketika galau mau pesan apa karena semuanya tampak menggoda.

Zurich Artisan Bakery ini memiliki interior mirip toko roti di Eropa. Di bagian depannya ada kursi merah berjejer rapi dengan patung chef pastry yang sungguh ikonik. Kami memilih duduk di teras depan agar bisa menyaksikan suasana Luang Prabang sore hari yang santai.

Zurich Artisan Bakery terdiri dari dua lantai. Dan saat saya mengintip di sana cukup sepi hanya ada seseorang yang sedang berkencan dengan laptopnya. Di lantai bawah lebih menarik karena bisa menonton manusia yang rupa-rupa warnanya.

Oh iya di coffee bar ada mesin espresso Feima yang sore itu menyajikan secangkir caffe latte untuk kami. Saya tidak berekspektasi apa-apa. Apa yang bisa saya harapkan dari toko roti yang kebetulan saja menyajikan kopi? Saya salah, kawan. Secangkir caffe latte yang datang begitu cantik dengan latte art yang indah. Rasanya nikmat dengan after taste kacang-kacangan yang manis. Kopi dan susu berimbang dengan suhu yang tak terlalu panas. Sedapnya!

Baca Juga :  CAFE DE’ EIGHT IPOH

Iced Cappuccino yang kami pesan pun tak mengecewakan. Busa susu tebal dengan bubuk cokelat di atasnya memberikan kesan klasik. Es kopi ini tidak manis namun tak pahit juga. Sungguh menyegarkan!

Pilihan pastry jatuh pada Apple Danish yang entah kenapa tinggal satu di pajangan pastry. Pantaslah habis karena pastry ini enak sekali dengan tekstur lembut berlapis-lapis yang enaknya bukan main. Selain itu kami juga memesan Lemon Tart yang bentuknya cantik. Dari luar keras dan lembut di dalam. Tart ini manis makanya sangat enak dinikmati dengan kopi.

Zurich Artisan Bakery ini memang tak hanya ada di Luang Prabang. Gerainya tersebar di Phuket, Bangkok, dan Udan Thani. Semuanya berada di bandara. Kehadiran Zurich di Luang Prabang disambut begitu manis bagi siapapun yang merindu roti dan pastry enak yang tak diragukan lagi rasanya.

Jika kamu mencari tempat ngopi di Luang Prabang sekaligus ingin makan enak (di sini juga tersedia pizza dan salad), datanglah ke Zurich dan alami serunya sendiri.

Zurich Artisan Bakery

Sakkaline Rd, Luang Prabang, Laos

 

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.