Dari banyaknya kedai kopi di Luang Prabang, Laos, nama Kaogee Cafe adalah salah satu yang menjadi favorit saya. 

SIANG itu kami hendak mengunjungi Royal Palace Museum Luang Prabang yang berlokasi di Sisavangvong Road. Sayang ternyata siang itu museum ditutup karena memang ada jadwal istirahat dan dibuka kembali sejam kemudian. Karena Luang Prabang sedang panas-panasnya dan kami belum ngopi, akhirnya memutuskan untuk mampir di sebuah kedai kopi terdekat.

Baru berjalan beberapa meter, kami menemukan kedai kopi berpintu biru tepat di sebelah jalan Royal Palace Museum. Kaogee Cafe mungkin adalah jodoh kami siang itu. Bagaimana tidak, semesta sepertinya mendukung kedatangan kami. Di kedai sedang tak ada orang, suasana tenang lengang, plus tempatnya sungguh membuat jatuh hati.

Berdiri di jejeran toko yang merupakan heritage building Kaogee Cafe mengambil tema berwarna indigo dengan furnitur kayu yang apik. Di coffee bar mesin kopi Victoria Arduino menyambut mesra, semesra senyum baristanya. Saya memesan caffe latte tanpa ekspektasi. Ya, takut kecewa.

Namun ternyata ini adalah caffe latte terbaik sepanjang perjalanan saya di Luang Prabang. Espresso dan susunya lebur sempurna dengan komposisi yang pas. Baristanya bilang mereka menggunakan Kopi Laos sebagai espresso blend-nya. Sedap juga, kawan!

Teman saya memesan secangkir Iced Americano yang sejuk dan nendang. Minuman ini datang bersama sedotan bambu yang menambah nilai plus tempat ini. Oh iya di sini juga disediakan air putih di ceret. Jadi kamu bisa minum sesuka hati jika haus. Menu makanan juga tersedia tapi karena kenyang kami hanya mencoba menu dessert rekomendasi mereka yaitu Kaogee Ice Cream. Es Krim datang bersama roti yang mirip bagel. Aduh rasanya panasnya Luang Prabang hilang seiring suapan es krim yang ukurannya besar ini.

Baca Juga :  Membuat Tempat Kedai Kopi Yang Baik

Sebenarnya Kaogee Cafe ini adalah kafe dari Vientine, ibukota Laos. Mereka membuka cabang di sini karena Luang Prabang memang ramai wisatawan. Sambil menunggu Royal Palace Museum buka kembali rasanya paling tepat nongkrong di sini. Saya mengagumi tiap detail kedai ini. Aneka bebungaan, jendela yang klasik, meja dan kursi kayu berkualitas baik, hingga pigura yang berjejer rapi di tembok bata.

Sayang di sini tidak ada minuman kopi seduh manual. Jika ada pasti komplit sudah. Oh iya di lantai dua kamu bisa melihat langsung pemandangan Sisavangvong Road sepaket dengan Royal Palace Museumnya. Indah benar! Satu lagi, untuk turis yang fakir WiFi, Kaogee Cafe memiliki WiFi yang kencangnya jempolan. Puas-puasinlah menggunakan WiFi sambil ngopi, kawan.

Eh satu lagi, playlist tempat ini juga adem dan paling top adalah baristanya yang ramah dan sangat helpful! Jika kalian mampir ke Luang Prabang dan ingin ngopi santai, Kaogee Cafe tampaknya tak boleh dilewatkan.

Kaogee Cafe

 Sisavangvong Road, Luang Prabang, Laos

(Tepat di sebelah Royal Palace Museum)

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.