Bagi mereka yang pernah ke Hong Kong, pasti ingat dengan Dermaga Feri Star di Tsim Sha Tsui. Dermaga yang menjadi ikon Hong Kong ini memang menjadi saksi banyaknya perjalanan para pendatang. 

DAN tentu saja kami pun singgah ke Dermaga Star Ferry karena memang harus menaiki kapap feri saat hendak menyebrang dari dan ke area Kowloon. Selama di Hong Kong sendiri mungkin kami ada dua-tiga kali mampir ke dermaga ini karena memang feri adalah alat transportasi yang praktis dan murah. Ya mau tak mau harus mampir ke sini ‘kan?

Tak hanya menjadi dermaga tempat feri bertolak dan berlabuh, Star Ferry ini ternyata telah menjadi ikon sejak lama. Bahkan menurut The Society of American Travel Writers, pengalaman naik feri dari dermaga ini masuk ke dalam daftar Top Most Exciting Ferry Rides. Jadi kebayang bagaimana sibuknya dermaga ini.

Menariknya Star Ferry tak hanya sampai di sana saja. Karena ternyata di tempat itu juga ada gerai kopi favorit kita semua % Arabica. Lokasi gerainya berada di lantai dua dan luasnya hanya 17 m2 dan termasuk salah satu gerai % Arabica terkecil di dunia. Kami yang sudah mondar-mandir dermaga ini akhirnya memutuskan singgah sesaat sebelum pulang. Di hari sebelumnya kami menunda karena “ah bisa nanti-nanti”!

Jadilah kami baru mengunjungi % Arabica di Dermaga Star Ferry pada hari terakhir di Hong Kong. Dari hotel kami naik taksi menuju dermaga. Lokasinya berada di lantai dua dan awalnya kami nyasar karena gerainya memang kecil sekali. Meskipun kecil namun alat-alat kopi yang nongkrong di gerainya tak sembarangan. Setidaknya mesin kopinya tetaplah Slayer 3 Group dan penggiling kopinya tetap Mazzer Robur. Mungkin memang sudah menjadi ciri khas dari % Arabica ya. Mau gerainya besar atau kecil, mesin kopinya tetap harus sama!

Baca Juga :  NAM HOUSE COFFEE SHOP DA NANG VIET NAM

Karena gerai ini konsepnya lebih ke take away, maka hanya ada kursi panjang yang menempel ke dinding. Saya sendiri memesan Americano karena membutuhkan ‘tendangan’ kafein untuk hari yang panjang. Untungnya rasa kopi di % Arabica sangat memuaskan di manapun berada. Meski kecil namun pengunjung yang datang tetap ramai silih berganti. Sebuah nama besar % Arabica memang menjadi jaminan secangkir kopi nikmat ya.

Untuk para turis yang ingin souvenir dari kedai kopi ini, di sini juga disediakan. Atau mungkin mau bawa pulang kopinya? Bisa juga didapatkan di sini!

 

% Arabica Dermaga Star Ferry

 Shop KP-41, 1/F, Star Ferry Pier, Tsim Sha Tsui, Hong Kong

Jam Operasional : 09.00 – 20.00

 

 

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.