JENIS SEDUH KOPI, INILAH RAHASIANYA

0
84

Ada sahabat Kopi Dunia yang bertanya, berapa sih takaran kopi hitam dan gula yang tepat supaya nikmat rasanya ? Kita juga apabila bikin secangkir kopi, hasilnya kadang terlalu manis, kadang juga terlalu pahit.Dan pada peluang ini Kopi Dunia akan sharing bagaimana metode menentukan atau mengendalikan takaran gula dan kopi supaya kopi yang dihasilkannya terasa nikmat dan segar. JENIS SEDUH KOPI, INILAH RAHASIANYA Memang untuk memutuskan rasa, pastilah semua orang akan punya anggapan yang masing-masing berbeda, karena rasa itu bersifat tidak totaliter. Membahas perihal rasa kopi yang nikmat dan segar juga tergantung kepada orang yang bersangkutan, enak atau tidaknya itu tergantung selera masing-masing. Bisa jadi menurut Kopi Dunia kopi ini sedap, melainkan menurut Anda tak nikmat.

ialah:
Suhu air yang akan dituangkan ke dalam bubuk kopi
Komposisi atau takaran antara gula dan kopi Wadah kopi
Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas satu persatu.

JENIS SEDUH KOPI, INILAH RAHASIANYA

Untuk membikin secangkir kopi sedap, Anda cuma membutuhkan beberapa alat simpel dan mengenal teknik dasar menyeduh kopi. Satu cangkir sama dengan ±200cc air panas, lebih bagus gunakan air yang baru direbus bukan air panas ambil dari di termos. Keuntungan nyeduh kopi sendiri, Anda tidak perlu menghabiskan uang banyak untuk merasakan kopi di coffee shop istimewa atau membeli coffee maker dan alat pelumat biji kopi yang nilai belinya cukup mahal.

Cara pemilihan saat pembelian

1. Suhu air yang akan dituangkan ke dalam bubuk kopi

Agar dapat mengeluarkan wewangian kopi, maka dibutuhkan suhu air yang benar-benar panas ialah sekitar 90°-100° C (mendidih). Jikalau anda seduh kopi dengan air yang panasnya kurang dari 90° C karenanya bebauan kopi tak keluar secara optimal, kopi tak akan tercampur rata dengan air sehingga akan mengambang di atas seduhan. Jikalau dirasakan rasanya akan hambar, dan bisa menjadikan perut mulas. Orang sunda katakan, menyeduh air kopi bersama air yang tidak panas katanya “Baleuy”. Jadi jangan sampai menyeduh kopi dengan air dalam teko yang sudah bermalam.

2. Komposisi atau ukuran antara gula dan kopi

Takaran antara kopi dan gula pada sebagian orang bisajadi lain tergantung selera, ada yang menyenangi agak manis, agak pahit. Atau yang lebih ekstrim adalah rasa kopi yang benar-banar pahit, rasa kopi ini umumnya digemari oleh para sopir yang sedang dalam perjalanan jauh untuk menghindari kantuk.

Namun di sini Kopidunia akan memberikan kiat supaya rasa kopi bisa diterima oleh kalangan manapun. Gelas yang diaplikasikan yakni gelas atau Cangkir keramik ukuran standar, kira-kira 200 ml. Bila anda menerapkan sendok makan untuk menakar gula dan kopi maka komposisi yang ideal ialah satu sendok makan kopi dicampur dengan satu seperempat sendok makan gula pasir. Tapi seandainya anda menerapkan sendok teh, maka komposisi yang pas yakni bisa mencampurkan dua sendok teh kopi dicampur dengan tiga sendok teh gula putih.

3. cangkir kopi

Tentang yang terakhir ini, hanyalah sebagai tampilan saja, bukan hal yang sakral. Terkadang penampilan bisa menaikkan selera nyeruput kopi. Untuk beberapa pecinta kopi lebih menyenangi gelas kaca atau Mug sebagai media kopi seduhya. Selain itu dengan menerapkan cangkir kaca, temperatur panas bisa dipertahankan agak lebih lama serta memudahkan penikmat kopi ketika akan menikmati kopinya tanpa kepanasan ketika memegang cangkir.

Urutan yang baik dalam membuat kopi hitam:
Panaskan air sampai 90°-100° C (mendidih)

Sambil menunggu air mendidih, tuang kopi dan gula ke dalam cangkir keramik dengan komposisi yang terpat, seperti yang sudah ditunjukkan di atas.
Sesudah air mendidih, lantas tuang ke dalam cangkir keramik, aduk-aduk sampai rata, sajikan.

Demikianlah JENIS SEDUH KOPI, INILAH RAHASIANYA, mudah-mudahan bisa membuat inspirasi kita baik untuk pribadi ataupun untuk usaha.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.