Bicara soal industri kedai kopi di Hong Kong, pasti tak bisa lepas dari nama Cupping Room, sebuah kedai kopi yang merangkap roastery penghasil kopi-kopi enak.

DI Hong Kong sendiri kami baru tahu bahwa ada empat gerai Cupping Room yang tersebar di seluruh Hong Kong. Beberapa gerai tersebut pernah kami datangi dikunjungan kami ke Hong Kong sebelumnya. Maka kali ini kami ingin menyambangi Cupping Room Roastery yang berlokasi di Silver Jubilee Mansion, 62-72 Po Hing Fong, Sheung Wan. Ya sekalian menyaksikan langsung bagaimana mereka menyangrai kopi-kopi juara itu.

Sesampainya di Cupping Room Roastery kami langsung bahagia karena tidak senang ramai pengunjung. Kedai kopi ini berdiri di sebuah gedung bercat hitam dengan jendela kaca besar. Membuat pencahayaan melimpah ruah. Di coffee bar ada sebuah mesin espresso tangguh Sanremo Opera hitam yang dimodifikasi dengan logo Cupping Room. Dan tentu saja ditemani dengan grinder idola semua orang Mahlkonig hitam!

Kami mencari-cari di mana piala dan tropi dari barista Kapo Chiu yang memenangkan peringkat kedua World Barista Champion 2014 dan ternyata kami menemukannya di rak bagian dalam yang berjejer rapi dengan piala kejuaraan kopi lainnya. Sayang waktu kami ke sana Kapo Chiu sedang tidak ada di sana. Padahal kami ingin ngobrol dengannnya.

Oh iya, di sini mereka menggunakan mesin sangrai Probat UG 15 hitam. Inilah mesin tangguh yang menghasilkan kopi-kopi enak itu. Dan seketika kami tak sabar untuk pesan kopi di sini. Saya memesan filter coffee dari single origin Colombia Granza la Esperanza yang merupakan competition selection beans. Kopi yang diseduh dengan Kalita ini dibandrol HKD. 100 per cangkir. Lumayan mahal meski rasanya memuaskan sekali. Kopi ini sangat bersih dan saya bisa merasakan plum, red fruit dan cokelat yang kentara pada akhir tegukan. Ada harga ada rasa memang.

Baca Juga :  BREWMAN COFFEE DA NANG VIET NAM

Karena sudah mampir ke sini rasanya tak adil jika tidak mencoba espresso-nya juga. Jadilah saya memesan single shot espresso yang rasanya fruity and nutty yang luar biasa seimbangnya. Saya benar-benar sangat puas ngopi di sini. Cupping Room Roastery memang tak hanya omongan semata, namun rasa kopinya benar-benar nyata enaknya. Pantas saja mereka mencetak banyak kemenangan karena kualitas kopi yang tiba di cangkir saja luar biasa. Nyaris sempurna.

Untuk kamu yang tak terbiasa ngopi tanpa camilan atau makanan lainya, jangan takut karena di sini juga disediakan makanan. Tinggal pilih saja mana yang suka dan sayang sekali kami tidak mencoba karena sudah kenyang perkara dimsum dan Hong Kong food lainnya.

Sebelum pulang akhirnya kami memutuskan membeli dua bungkus kopi yang masing-masing dibandrol HKD. 250 per 150 gramnya. Maklum kamu suka susah move on dari kopi-kopi enak makanya harus tetap menghadiahi diri sendiri dengan kopi-kopi dari Cupping Room Roastery. Ngopi di kedaik kopi ini adalah salah satu pengalaman terbaik kami di Hong Kong. Jika kamu mampir ke sini, sangat disarankan untuk ngopi di sini juga.

Cupping Room Roaster

Shop 8, Silver Jubilee Mansion, 62-72 Po Hing Fong, Sheung Wan
3705 0208, Hong Kong

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.