Beranda Informasi Kadin dorong pengembangan produksi kopi lokal Jatim

Kadin dorong pengembangan produksi kopi lokal Jatim

Kadin dorong pengembangan produksi kopi lokal Jatim

Surabaya (ANTARA) – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) mendorong pengembangan produksi kopi lokal Jawa Timur melalui pengenalan di berbagai acara dan kesempatan untuk meningkatkan perekonomian  petani.

Ketua Umum Kadin Jatim, La Nyalla Mahmud Mattalitti di Surabaya, Sabtu, mengatakan saat ini ada sekitar 10 daerah di seluruh Jatim yang menjadi penghasil kopi yaitu Blitar, Kediri, Malang, Lumajang, Jember, Banyuwangi, Bondowoso, Situbondo,  dan Probolinggo.

Dari 10 daerah penghasil kopi itu, yang produksinya paling besar adalah Banyuwangi, Malang, dan Jember.

Menurut data BPS Jatim, produksi kopi Banyuwangi pada 2017 mencapai 13.839 ton, Malang sebesar 11.829 ton dan Jember 11.863 ton.

Ia mengatakan, saat ini berbisnis kopi menjadi hal yang cukup menarik sebab budaya minum kopi telah menggejala di seluruh tanah air.

Dampak positifnya, kafe yang menyajikan beraneka ragam jenis kopi mulai menjamur, dan bisa menjadi salah satu tonggak kebangkitan petani kopi.

"Permintaan kopi menjadi semakin besar. Harga juga semakin membaik. Ini menjadi stimulus bagi petani untuk lebih giat dalam meningkatkan produksi kopi merek," katanya.

Wakil Ketua Umum Bidang UMKM, Koperasi dan Pameran Kadin Jatim, M Rizal mengatakan, salah satu upaya mengenalkan kopi Jatim yang dilakukan Kadin adalah dengan menggandeng Event Organizer CodyMaxx dan menggelar Coffe Festival 2019 dan Bazaar Streetfood, di Surabaya selama enam hari, dari Rabu (26/3) hingga Minggu (31/3).

"Acara ini dapat menjadi wadah bertemunya para pelaku Usaha Kecil dan Menengah UKM dalam memperkenalkan aneka produk kopi serta olahannya kepada masyarakat di tempat yang sangat bagus," katanya.

Baca Juga :  RESEP SEDUH KOPI ENAK, PELAJARI DI RUMAH

Festival kopi diikuti 52 stan yang datang dari berbagai daerah, ada juga yang dari anggota Kadin Jatim dan dari Komunitas Pecinta Kopi.

Baca Juga :  RESEP SEDUH KOPI ENAK, PELAJARI DI RUMAH

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Sumber ArtikelAntaranews

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Must Read

COFFEE MATES HARUS MENGETAHUI PETA KOPI DUNIA

Jika Anda pecinta kopi, tentu tersedia kepuasan tersendiri dikala Anda sanggup menikmati seduhan kopi dari bervariasi biji kopi yang tumbuh di beraneka belahan...

17.457 pasien RSD Wisma Atlet sembuh dari COVID-19

17.457 pasien RSD Wisma Atlet sembuh dari COVID-19 Jakarta (ANTARA) - Pasien sembuh COVID-19 di Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, hingga...

Tim Swab Hunter sasar tempat nongkrong anak muda di Surabaya

Tim Swab Hunter sasar tempat nongkrong anak muda di Surabaya Surabaya (ANTARA) - Tim Swab Hunter menyasar pelanggar protokol kesehatan khususnya di tempat nongkrong...

Dinas Sosial Lombok Utara salurkan bantuan untuk korban kebakaran

Dinas Sosial Lombok Utara salurkan bantuan untuk korban kebakaran Mataram (ANTARA) - Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara...

Komik "One Piece" dihentikan sementara karena "mangaka" sakit mendadak

Komik "One Piece" dihentikan sementara karena "mangaka" sakit mendadak Oda-sensei saat ini sedang dalam pemulihan, dan manga tersebut akan kembali dalam edisi ke-46 dari...