MENGENAL 

3 JENIS BIJI KOPI

MENGENAL 3 JENIS BIJI KOPI

MENGENAL

3 JENIS BIJI KOPI, Sebagian pengagum kopi masih bingung dan bertanya disaat terdapat pilihan jenis kopi yang ada di coffee shop. Apakah pada Arabika dan Robusta ada perbedaannya yang mencolok? mengapa sih demikian? bukannya sama-sama kopi pahit? Sebelum mengenal perbedaanya kita jelaskan pernah dari biji kopinya.

MENGENAL

3 JENIS BIJI KOPI

BIJI KOPI

Dikatakan biji kopi berarti dia telah melalui serangkaian sistem yang sudah siap untuk dipasok ke pasaran. Dari sejumlah jenis biji kopi yang beredar dan dijual di pasaran, hanya ada dan terkandung 2 jenis kopi bersama dengan varietas utama, yakni robusta atau Coffeea Canephora dan juga kopi arabika atau coffeea Arabica. Di masing masing type kopi ini, membawa keunikan dan juga keunggulan nya tersendiri. Akan tetapi type biji kopi Arabica, merupakan tipe kopi bersama citarasa yang lebih baik dan kompleks.

BIJI KOPI ARABIKA

Biji kopi Arabica atau coffee Arabica ialah sebuah kopi dengan model tradisional dan mempunyai cita rasa yang asam dan kompleks. MENGENAL

3 JENIS BIJI KOPI, sebagian besar kopi yang ada di kedai kopi dibikin bersama dengan memadukan atau Mengenakan biji kopi Arabica ini. Kopi Arabica atau coffe Arabica ini asal muasalnya berasal dari etiopia sampai kala ini sudah mulai dibudidayakan di segala tempat belahan dunia, mulai dari afrika tengah, America latin, india, afrika timur dan juga Indonesia. Pada umum nya, kopi Arabica ini hidup dan tumbuh di suatu Negara yang punya iklim tropis atau iklim subtropics. Biji kopi Arabica ini hidup dan tumbuh pada ketinggian 600 mtr. sampai bersama dengan 2000 mtr. di atas permukaan laut. Terkadang kopi Arabica ini bisa hidup capai ketinggian 3 meter seandainya keadaan atau keadaan lingkungan nya bagus. Suhu maksimal atau optimal yang baik ialah 18oC hingga terhadap suhu 26oC. Biji kopi Arabica ini memiliki ukuran yang tidak besar melainkan cukup kecil meruncing dan punyai warna cherry yang merah gelap disaat buah kopi telah matang.

Untuk rasanya perihal kopi Arabika ini pasti berbeda-beda kesenangan khusus tiap-tiap orang masing-masing. Apabila kamu seorang yang bukan pekerja keras, tidak dituntut raga yang senantiasa aktiv bergerak, atau mesti terjaga di selagi malam inilah kopi yang cocok untuk anda. Secara global rasa Arabika mempunyai kesan asam kuat dan manis yang bercampur dengan citarasa lain seperti coklat, rempah, bunga, sayuran cocok di mana ladang tanamnya. Kelebihan lainnya Arabika mengandung cuma 1% Kafein dari beratnya.

BIJI KOPI ROBUSTA

Biji koi robusta ini terhitung kedalam jenis kopi kelas 2. Biji kopi robusta pertama kalinya ditemukan pada th. 1898 di Kongo. Kopi robusta ini dikatakan sebagai model kopi kelas nomer dua dikarenakan kopi robusta ini mempunyai cita rasa yang sedikit flat (rata). MENGENAL

3 JENIS BIJI KOPI, lebih pahit yang mengarah terhadap bau-bau tanah dan kayu, juga memiliki takaran kafein bersama kuantitas yang lebih banyak yaitu 2%Kafein di tiap beratnya. Tidak hanya itu, lingkungan yang ditumbuhi kopi robusta ini lebih besar dan luas jika dibandingkan dengan biji kopi Arabica yang kudu ditanam atau ditumbuhkan di ketinggian tertentu. Biji kpi robusta ini mampu ditanaman bersama ketinggian meraih 800 meter dari dasar laut atau atas permukaan laut. Kemudian, kopi robusta ini jauh lebih resisten dari serangan penyakit dan juga hama, hasilnya pad tiap-tiap pohonnya 3x lipat lebih banyak dari Arabika, Hal ini lah yang menyebabkan kopi robusta banyak ditanam petani kopi agar punyai harga yang lebih murah. Kopi robusta ini banyak tumbuh dan hidup di asia tenggara, afrika tengah, amerika selatan dan juga afrika selatan.

Mengenai citarasa lebih dari satu besar orang Indonesia menyukainya karena formalitas masyarakatnya yang mengimbuhkan gula pada seduhan kopinya. Kopi Robusta terlalu sesuai terkecuali diminum bersama pemanis agar banyak cafe dan kedai kopi menjadikan bahan utama terhadap menu kopi frape nya adalah robusta. Kekentalan ekstraksi seduhan robusta membawa dampak kopi ini senantiasa merasa pahitnya dikala disandingkan bersama berbagai pemanis.

KOPI LUWAK

Biji kopi luwak merupakan jenis kopi yang berasal dari fermentasi alami yang berasal dari perut hewan luwak. Jenis atau style dari kopi yang lain nya ialah subvarietas atau turunan dari kopi arabika dan juga robusta. Pada dasarnya, disetiap daerah yang mengahasilkan kopi membawa keunggulan dan kunikannya masing masing dan juga sebabkan nya sebagai sebuah turunan atau subvarietas masing masing. Salah satu jenis kopi yang paling tenar selain biji kopi Arabica dan biji kopi robusta ialah kopi luwak asli dari Indonesia. Kopi luwak juga terhitung kedalam harga kopi yang etrtinggi di dunia. Proses untuk menciptakan rasa dan bentuknya sangatlah unik, perihal ini pula yang menjadikan alasan utama mengapa harga menjual kopi luwak ini jadi terlalu mahal. Awalnya, kopi luwak ini juga termasuk kedalam kopi Arabica dan Robusta, tetapi kopi ini dimakan oleh musang atau luwak. Namun, tidak secara total biji kopi ini sanggup dimakan dan dicerna ileh musang atau luwak. Kemudian anggota yang berada didalam biji ini akan dikeluarkan bersama dengan dengan keluarnya kotoran hewani ini.

Bagaimana? sudah bisa anda pilih kopi mana pilihan yang paling tepat?

Baca Juga :  BEBERAPA BIJI KOPI NIKMAT

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.