Beranda Informasi Pemprov Papua-BI kerja sama promosikan kopi lokal

Pemprov Papua-BI kerja sama promosikan kopi lokal

Pemprov Papua-BI kerja sama promosikan kopi lokal

Dinas Perkebunan Provinsi Papua mengupayakan Festival Kopi Papua menjadi sebuah kegiatan rutin tahunan

Jayapura (ANTARA) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua melalui Dinas Perkebunan siap bekerja sama dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia setempat guna mempromosikan kopi lokal di pasaran.

Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Papua Jhon Nahumury di Jayapura, Rabu mengatakan promosi ini dilaksanakan melalui Festival Kopi Papua 2019 yang digelar  Kantor Perwakilan Bank Indonesia setempat yang dianggap berhasil memperkenalkan produk lokal Bumi Cenderawasih ke dunia luar.

"Kami mengupayakan Festival Kopi Papua menjadi kegiatan rutin tahunan karena dari pelaksanaannya di 2018 berhasil memperkenalkan produk kopi dari Papua ke dunia luar," katanya.

Menurut Jhon, pihaknya akan segera berkordinasi dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Papua sebagai inisiator penyelenggara Festival Kopi Papua agar kegiatan tersebut skalanya dapat diperbesar.

"Kami mendukung pelaksanaan Festival Kopi Papua 2019 dan akan berkordinasi dengan BI agar kegiatan ini bisa betul-betul membawa dampak pada peningkatan pendapatan petani dan semua pelaku usaha kopi yang ada di Papua," ujarnya.

Dia menjelaskan pada pelaksanaan di 2018, kopi asal Tiom, Kabupaten Lanny Jaya menjadi produk yang paling dikenal karena hasil lelangnya memecahkan rekor kopi termahal, untuk itu, pada 2019, Pemerintah Provinsi Papua akan berusaha menyiapkan produki kopi dari kabupaten lainnya karena secara kualitas bisa dianggap cukup baik serta diyakini dapat diterima oleh pasar.

"Nanti kami atur baik untuk kopi-kopi dari daerah agar bisa dilelangkan, terutama terkait dengan persyaratannya, juga terkait dengan jumlah produksinya yang harus disepakati bersama, termasuk hal lain yang mempengaruhi harga," katanya lagi.

Baca Juga :  Setelah penembakan, PT Freeport minta karyawan dan keluarga waspada

Dia menambahkan kopi-kopi yang bisa disejajarkan dengan kopi Tiom di antaranya kopi dari Pegunungan Bintang, juga ada dari kawasan adat Lapago dan Meepago, semua akan didorong untuk memamerkan produknya. 

Baca Juga :  BEBERAPA PERMINTAAN KOPI DUNIA

Baca juga: Pesona si hitam pahit pada Festival Kopi Papua
Baca juga: Pemprov promosikan Kopi Papua ke mancanegara

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Sumber ArtikelAntaranews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Must Read

COFFEE MATES HARUS MENGETAHUI PETA KOPI DUNIA

Jika Anda pecinta kopi, tentu tersedia kepuasan tersendiri dikala Anda sanggup menikmati seduhan kopi dari bervariasi biji kopi yang tumbuh di beraneka belahan...

17.457 pasien RSD Wisma Atlet sembuh dari COVID-19

17.457 pasien RSD Wisma Atlet sembuh dari COVID-19 Jakarta (ANTARA) - Pasien sembuh COVID-19 di Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, hingga...

Tim Swab Hunter sasar tempat nongkrong anak muda di Surabaya

Tim Swab Hunter sasar tempat nongkrong anak muda di Surabaya Surabaya (ANTARA) - Tim Swab Hunter menyasar pelanggar protokol kesehatan khususnya di tempat nongkrong...

Dinas Sosial Lombok Utara salurkan bantuan untuk korban kebakaran

Dinas Sosial Lombok Utara salurkan bantuan untuk korban kebakaran Mataram (ANTARA) - Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara...

Komik "One Piece" dihentikan sementara karena "mangaka" sakit mendadak

Komik "One Piece" dihentikan sementara karena "mangaka" sakit mendadak Oda-sensei saat ini sedang dalam pemulihan, dan manga tersebut akan kembali dalam edisi ke-46 dari...