Kali ini jauh-jauh dulu dari sensasi kopi spesialti sepaket dengan modernitasnya. Kami menyambangi sebuah kedai kopi rumahan khas orang Viet Nam yang dengan ajaib memberi atmosfer berbeda.

JADI malam itu sehabis makan pizza teman saya mengajak kami melewati kedai kopi rumahan di dalam gang. Saya cukup kaget juga ada kedai kopi rumahan yang berada tersembunyi di lorong namun ramai sekali. Malam itu kami tidak singgah dan memutuskan kembali sehari setelahnya.

Sebelumnya teman saya itu sudah wanti-wanti kalau ini kedai kopi rumahan yang tidak bisa dibandingkan dengan kedai kopi spesialti. Yang mereka jual adalah kopi-kopi tradisional semacam Coconut Coffee, Egg Coffee dan si primadona Cha Phe Sua Da. Baiklah saya pun menyiapkan hati dan lidah. Ha-ha-ha.

Saat kami datang Nam House Coffee Shop sedang ramai-ramainya. Orang Viet Nam yang ngopi di sini ternyata gemar ngopi malam-malam. Hampir tidak ada meja yang kosong lagi. Semua orang duduk berdempetan punggung ketemu punggung di bangku-bangku kecil. Untunglah kami dapat tempat di bagian luar. Tepat di luar yang mungkin dulunya adalah teras.

Nam House Coffee Shop ini unik sekali. Saat saya datang serasa berkunjung ke rumah nenek dengan pernak-pernik dan dekorasi jadul yang retro. Bendera Viet Nam, televisi dan bangku tua, toples-toples kerupuk yang diisi camilan berdempetan dengan mesin kopi. Warna dinding kuning dan cerah. Sebagian dilukis mural dan gambar entah apa. Segala di Nam House ini tampak tidak diletakkan dengan cara semestinya. Namun itu pula uniknya. Di sini ada lantai dua juga tapi mungkin penuh jadinya saya tidak berusaha untuk naik ke sana.

Baca Juga :  % ARABICA MIXC SHENZHEN BAY KIOSK

Riuh manusia yang mengobrol berdampingan dengan suara kopi diteguk. Dan kami berusaha menikmati segalanya sambil tertawa-tawa. Saya memesan Egg Coffee yang datang dengan tekstur kental. Rasanya creamy dengan foam hasil dari telur yang tebal membuncah. Selain itu, kami juga memesan Coconut Iced Coffee yang sebenarnya lumayan segar tapi rasanya agak kemanisan. Mungkin cocok untuk mereka yang suka manis, bukan saya yang sudah terlanjur manis hidupnya. Ha-ha-ha.

Kami tak mencoba satu camilan pun di sini. Tapi teman saya yang kegerahan malam itu memesan Lime Juice yang rasanya tak bisa digambarkan karena beneran ajaib. Nam House ini lama-lama seperti galeri atau museum kecil tempat banyak barang bersesakan layaknya karya seni.

Menurut saya kalian yang berkunjung ke Viet Nam bolehlah mampir ke Nam House Coffee Shop ini agar tahu bagaimana muda-mudi Da Nang menghabiskan malam-malamnya sambil ngopi dengan budget yang ramah di kantong.

Nam House Coffee Shop

15/1 Lê Hồng Phong, Phước Ninh, Hải Châu, Đà Nẵng 550000, Vietnam

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.