SEDUH KOPIMU SUDAHI SEDIHMU, INILAH RAHASIANYA

0
108

Ada sahabat Kopi Dunia yang bertanya, berapa sih takaran kopi hitam dan gula yang ideal supaya sedap rasanya ? Kita juga jika bikin secangkir kopi, akhirnya kadang terlalu manis, kadang juga terlalu pahit.Dan pada peluang ini Kopi Dunia akan sharing bagaimana cara memutuskan atau mengontrol takaran gula dan kopi supaya kopi yang dihasilkannya terasa sedap dan segar. SEDUH KOPIMU SUDAHI SEDIHMU, INILAH RAHASIANYA Memang untuk menetapkan rasa, pastilah semua orang akan punya pendapat yang masing-masing berbeda, sebab rasa itu bersifat tak absolut. Membahas tentang rasa kopi yang nikmat dan segar juga tergantung terhadap orang yang bersangkutan, sedap atau tidaknya itu tergantung selera masing-masing. Dapat jadi menurut Kopi Dunia kopi ini sedap, melainkan menurut Anda tidak enak.

Nah lalu bagaimana membuat kopi hitam yang enak. Hampir semua orang dapat membuat kopi di rumah tinggal seduh dengan air panas, selesai, lalu di minum. Apalagi kini sudah banyak kopi kemasan yang takaran gula dan kopinya telah disesuaikan. Melainkan lazimnya rasanya hambar, konsisten nikmat melainkan masih kurang nikmat. Lalu apa kunci kopi hitam yang paling sedap? yaitu kuncinya ialah kandungan panas air untuk menyeduh kopi. dan yang paling ideal adalah kopi lebih bagus direbus dulu sebelum dirasakan karena kopi akan benar-benar masak dan memberikan bebauan

SEDUH KOPIMU SUDAHI SEDIHMU, INILAH RAHASIANYA

1. Biji kopi.

Perhatikan, sebelum anda mulai membikin kopi, pastikan kau memiliki biji-biji kopi bermutu. Jangan pakai kopi bubuk maupun kopi instan yang biasa dijual di pasaran! Pasalnya, kopi bubuk yang banyak dijual di pasaran tak mempunyai kualitas dan cita rasa kopi yang istimewa. Harus kamu tahu, bubuk kopi bisa meresap wangi-wangian disekitarnya. Sehingga bubuk kopi yang kelewat panjang ditaruh kualitasnya akan menurun.

Kebalikannya, orderlah biji-biji kopi di kedai-kedai kopi yang tersebar di kotamu. Seandainya memungkinkan, mintalah si barista agar menyangrai biji-biji kopi mentah segera di hadapanmu. Hal ini mempertimbangkan agar kopi yang kamu beli benar-benar fresh dari oven!.

2. Grinder atau penggiling kopi.

Sesudah menerima roasted bean, alat pertama yang kamu butuhkan yakni grinder, atau alat penggiling kopi. Kalau memang belum punya, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan grinder yang biasanya bersama satu set dengan blender dirumahmu. Namun pastikan, grinder tersebut harus bersih dan bebas dari wewangian benda-benda bukan kopi ya.

3. Coffee Drip.

unsplash

Disebut Vietnam drip, karena memang alat tersebut bermula dari negeri tetangga kita, yaitu Vietnam. Alat satu ini, di negara asalnya mungkin hanya dijual sekitar 30 ribu rupiah. Melainkan di Indonesia, harganya dapat menempuh dua kali besarnya. Nggak heran sih, karena memang di sana terkandung tarif impor dan lain sebagainya.

Tidak harus waktu yang terlalu belibet untuk menggunakan alat satu ini. Pasalnya, kau cuma cukup menuangkan kopi bubuk ke dalam dasar Vietnam drip, lalu sesudah itu ratakan bubuk kopi dan tekan-tekan menerapkan saringan turunan Vietnam drip. Sesudah itu, siramkan air panas dan tunggu air kopi netes perlahan ke dalam cangkir dibawahnya, aduk dan nikmati. Di Vietnam seringnya, di dasar gelas umumnya diberi susu kental manis sehingga menghasilkan kopi susu.

4. French press.

SEDUH KOPIMU SUDAHI SEDIHMU, INILAH RAHASIANYA.Yang satu ini Alat ini adalah alat yang banyak dipakai untuk brewing kopi di rumah-rumah. Desainnya yang simpel, dan penggunaannya yang gampang telah pasti menghasilkan french press menjadi alat brewing kopi unggulan. Apalagi, dengan harga yang terjangkau, sudah pasti tak akan menjadikan dompetmu bolong. Kamu cuma cukup merogoh cash sekitar 100ribu – 200 ribu rupiah untuk mendapatkan alat ini.

Demikianlah SEDUH KOPIMU SUDAHI SEDIHMU, INILAH RAHASIANYA, semoga dapat menjadi wawasan anda baik bagi individu ataupun bagi bisnis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.