Beranda Coffee Brewing JENIS SEDUH KOPI, ALA BARISTA

JENIS SEDUH KOPI, ALA BARISTA

JENIS SEDUH KOPI, ALA BARISTA, Ngopi telah menjadi kultur bagi beberapa masyarakat Indonesia, bagus dari kalangan tua hingga remaja. Sebab saking banyaknya masyarakat yang menyukai kopi kedai kopi ataupun restoran kopi malah menjamur di mana-mana. Dan kopi malah sudah diracik menjadi aneka variasi, beberapa kopi yang populer di lidah masyarakat Indonesia antara lain: kopi susu, cappucino, kopi latte, dan lain-lain. Tetapi bagi penggila minuman ini, kopi hitam hukumnya ialah mesti dibanding kopi-kopi lain.

Terdapat beberapa hal penting yang perlu dikenal supaya kopi seduh yang kita sajikan terasa lebih enak, diantaranya

JENIS SEDUH KOPI, ALA BARISTA

1. Biji kopi.

Mula-mula, sebelum anda mulai membikin kopi, yakinkan kau mempunyai biji-biji kopi bermutu. Jangan pakai kopi bubuk ataupun kopi instan yang lazim dijual di pasaran! Pasalnya, kopi bubuk yang banyak dijual di pasaran tidak mempunyai karakteristik dan cita rasa kopi yang distingtif. Harus kamu tahu, bubuk kopi dapat menyerap wangi-wangian disekitarnya. Jadi bubuk kopi yang terlampau panjang ditaruh kualitasnya akan menurun.

Sebaliknya, orderlah biji-biji kopi di home roaster kopi yang tersebar di kotamu. Jikalau memungkinkan, mintalah si barista agar meroasting biji-biji kopi mentah segera di hadapanmu. Hal ini memutuskan agar kopi yang kamu beli benar-benar fresh dari oven!.

2. Grinder atau penggiling kopi.

Setelah menerima kopi biji matang, alat awal yang anda butuhkan adalah grinder, atau alat penggiling kopi. Sekiranya memang belum punya, tak ada salahnya kok memanfaatkan pelumat lazimnya bersama satu rangkaian dengan blender dirumahmu. Melainkan pastikan, grinder hal yang demikian sepatutnya bersih dan bebas dari aroma benda-benda bukan kopi yaa.

Baca Juga :  INILAH METODE SEDUH KOPI YG ENAK BERSAMA KAWAN

3. Coffee Drip.

unsplash

Dikenal Vietnam drip, karena memang alat ini bermula dari negara sebrang, merupakan Vietnam. Alat satu ini, di negeri asalnya barangkali hanya dijual sekitar 30 ribu rupiah. Namun di Indonesia, harganya bisa menempuh dua kali lipatnya. Hal yang wajar, karena memang toh ada biaya impor dan lain-lainnya.

Baca Juga :  COFFEE MATES HARUS MENGENAL PERINGKAT KOPI DI DUNIA

Tidak mesti keahlian yang terlalu belibet untuk mengaplikasikan alat satu ini. Karena, kamu hanya cukup menuangkan kopi bubuk ke dalam dasar Vietnam drip, lalu setelah itu ratakan bubuk kopi dan tekan-tekan menggunakan saringan turunan Vietnam drip. Sesudah itu, siramkan air panas dan biarkan air kopi menetes ke dalam gelas dibawahnya, aduk dan nikmati. Di Vietnam kebiasaannya, di dasar gelas biasanya diberi susu kental manis sehingga menghasilkan kopi susu.

4. French press.

JENIS SEDUH KOPI, ALA BARISTA.Yang satu ini Alat ini adalah alat yang banyak digunakan untuk membuat kopi di perumahan. Desainnya yang simpel, dan penerapannya yang gampang sudah barang tentu menjadikan french press sebagai alat seduh kopi favorit. Apalagi, dengan harga yang relatif murah, sudah barang tentu tak akan menjadikan dompetmu kosong. Kamu cuma cukup merogoh cash sekitar 100K – 200 ribu rupiah untuk mempunyai alat ini.

Begitulah JENIS SEDUH KOPI, ALA BARISTA, mudah-mudahan bisa menjadi ide kita baik sebagai individu maupun sebagai bisnis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Must Read

Mendag: Kemendag-Kemenhan jajaki imbal dagang dengan sejumlah negara

Mendag: Kemendag-Kemenhan jajaki imbal dagang dengan sejumlah negara Tujuan imbal dagang adalah untuk menyeimbangkan neraca perdagangan antara Indonesia dengan negara mitra dagang, sehingga bisa...

Hakim "kopi sianida" bersaing menjadi calon komisioner KY

Hakim "kopi sianida" bersaing menjadi calon komisioner KY Jakarta (ANTARA) - Proses seleksi calon anggota Komisi Yudisial (KY) menyisakan 55 kandidat yang lolos seleksi...

NTB segera luncurkan program stimulus untuk UMKM

NTB segera luncurkan program stimulus untuk UMKM Program ini merupakan kelanjutan Jaring Pengaman Sosial (JPS) Gemilang yang diinisiasi untuk menjaga produksi UMKM pada ...

Di tengah pandemi, ekspor Indonesia ke Swiss melonjak

Di tengah pandemi, ekspor Indonesia ke Swiss melonjak London (ANTARA) - Duta Besar RI untuk Swiss Muliaman Hadad menyatakan nilai ekspor Indonesia ke negara itu...

BKPM harap Mal Pelayanan Publik Sulawesi Tengah jadi contoh

BKPM harap Mal Pelayanan Publik Sulawesi Tengah jadi contoh Kalau ada gubernur, bupati yang menghalangi investasi, sanksinya adalah dana transfer daerah bisa dikurangi atau...