10 Prinsipil Bisnis Kedai Kopi Yang Sukses

10 Prinsipil Bisnis Kedai Kopi Yang Sukses

Apa saja hal krusial untuk dilakukan agar menggapai bisnis kedai kopi yang sukses. Minum kopi banyak digemari berbagai kalangan, padahal dulu hanya minuman orang tua akan tetapi telah menjadi gaya hidup orang muda masa kini, walhasil ini bisa menjadi peluang usaha untuk berbisnis minum kopi.

Mungkin dari anda ingin punya bisnis kedai kopi yang sukses dan masih bingung hal hal yang wajib dilakukan, Kopidunia kali ini membagikan artikel yang membahas perihal bisnis kedai kopi yang sukses. Artikel ini kami dapatkan dari berbagai pengalaman kawan-kawan pebisnis kopi.

Ini 10 prinsipal yang wajib dikerjakan serta direncanakan untuk memulai berbinis kopi, apa saja prinsipal itu, silahkan disimak berikut ini:

1.Target Pasar

Anda harus memikirkan baik-baik siapa target pasar Anda. Siapakah yang bakal menjadi konsumen utama bisnis kedai kopi ini.

Berapa rata-rata penghasilan di tempat tersebut. Bagaimana pandangan mereka tentang cita rasa suatu kopi? Komunitas apa mereka? Mahasiswa, pekerja pasar, pengusaha yang suka rapat di warung kopi, eksekutif kantoran, ataukah para pecinta kopi?

Memahami target pasar akan membantu memetakan metoda selanjutnya. Seperti, lokasi yang tepat, desain kedai yang cocok, dan harga yang ideal untuk kopi Anda.

Apabila modal Anda kecil dan menarget pasar kelas menengah ke atas, carilah teman untuk berinvestasi mengajak dalam pendanaan bisnis anda.

Ada cara lain juga yang menurut kami lebih hemat dengan mengikuti lomba wirausaha. Anda bisa ikut andil mengikuti acara business plan competition (lomba plan wirausaha) yang diadakan berbagai badan. Contohnya, Wirausaha Muda Mandiri. Jika menang, Anda bisa mendapat pembiayaan secara cuma-cuma.

2.Pemilihan Lokasi Kedai Kopi

Anda selayaknya menentukan lokasi paling strategis guna meraih bisnis kedai kopi yang sukses ini. Lokasi merupakan penentu dalam persaingan bisnis. Contohnya saja Anda ingin menggunakan konsep kedai kopi sederhana, Anda bisa mengambil lokasi yang dekat dengan orang-orang ramai yang mudah dijumpai.

Baca Juga :  Menyiasati Modal Minim Bisnis Kopi

Begitu pula apabila Anda ingin merancang bisnis kedai kopi yang sukses. Ini bisa sangat membantu jika lokasi yang Anda pilih adalah lokasi yang berdekatan dengan mal,kantor,sekolah, kampus, dan lain sebagainya. Namun lain halnya apabila Anda lebih tertarik untuk memanjakan lidah pecinta kopi pada satu tempat yang tenang, Anda boleh memilih lokasi di tempat alami namun mudah dikunjungi. Hindari untuk membuka kopi di sekitaran pasar tradisional yang cukup ramai. Pelanggan anda bisa tidak tertarik pada kopinya krena harganya yang mahal. Namun tidak juga di pinggiran kota yang cukup kumuh membuat calon pelanggan malas datang.

3.Mendapatkan Supplier Kopi Terpercaya

Prinsipal yang satu ini tidak bisa dibilang sepele karena sebagai keberlangsungan bisnis kedai kopi sukses anda. Carilah supplier kopi terpercaya dan bisa memberikan produknya secara konsisten.

Anda bisa membeli secara online bisa juga mencari produsen kopi di sekitaran anda.
Apabila target konsumen anda menengah ke atas tentunya anda harus mempunyai kopi terenak bagi mereka. Karena target konsumen ini rela membayar mahal untuk secangkir kopi specialty yang enak. Cobalah untuk terus meriset harga dari supplier dan berapa harus mendapatkan nilai jualnya. Kerjakanlah, itu adalah biaya riset yang harus Anda lakukan.

4.Memetakan Rancangan Bisnis

Gagasan untuk awali bisnis kedai kopi yang sukses sangat diperlukan sebagai landasan perjalanan bisnis kopi yang nantinya akan Anda jalani. Dengan memiliki konsep yang mantap, Anda bisa lebih mudah didalam mengelola bisnis kopi ini. Citarasa kopi yang nikmat memang sangat didambakan pada aspek masyarakat luas, Anda seharusnya juga merancang tatanan bisnis kopi ini dalam segala hal.

5.Kenalkan Manfaat Kopi Pada Konsumen

Aneka kandungan manfaat kopi yang bagus untuk tubuh. Contohnya saja sebagai pencegah beberapa penyakit, yaitu diabetes, kanker, mengurangi sakit kepala, jantung, dan lain sebagainya. Pengetahuan tentang kopi perlu Anda miliki agar lebih mengenal sisi menarik dari kopi hitam ini. Dengan impresi berbeda, kopi bisa menjadi favorit bagi konsumen.

Baca Juga :  Coffee Tasting Dengan Cupping Yang Tepat

6.Membuat Menu kopi Yang Menarik

Jangan dilupakan akan pentingnya untuk Anda memulai bisnis kopi dengan gagasan menu ragam kopi yang Anda siapkan. Yaitu dengan banyaknya varian kopi, bisa memiliki makna tersendiri akan bisnis kopi Anda. Contohnya saja dengan menghadirkan menu kopi bertabur aroma bauh-buahan, hal ini bisa memberikan impresi berbeda apabila anda menghadirkan menu kopi dengan rasa mint. Demikian juga ketika saat Anda memilih rasa-rasa biasa kopi seperti tiramisu, moka, atau karamel.

7.Karyawan Yang Kredibel

Karyawan bisa menentukan arah bisnis Anda yang sedang berlangsung. Tentunya, tidak akan ada salahnya jika Anda memilih karyawan yang tidak jauh dari kehidupan Anda atau mereka yang masih memiliki hubungan keluarga, tetangga, maupun rekan Anda.

Hal di atas bisa mempengaruhi kesigapan, serta kualitas diri mereka. Demikian pula dengan konsep untuk karyawan pun juga sebaiknya anda hadirkan. Dengan konsep karyawan yang tepat, seperti halnya seragam dan bentuk layanan kepada pelanggan, bisa memberikan nilai tersendiri dari para pelanggan atau konsumen pada bisnis kopi milik Anda.

8.Membuat Perizinan Usaha

Legalitas perizinan usaha atau bisnis sangat krusial untuk memastikan bisnis yang Anda jalankan aman. Selain itu, dengan perizinan, Anda bisa semakin mudah dalam menjalankan atau bahkan mengembangkan bisnis kopi tersebut.

9.Kepuasan Dalam Pelayanan

Memberikan kepuasan layanan yang hangat dan menyenangkan akan sangat membantu Aanda dalam mengatur bisnis menjadi sangat dinamis. Ini bisa menjadi satu kelebihan yang mungkin saja sulit dimiliki oleh konsumen dari bisnis kopi lainnya. Buatlah bisnis kopi Anda sebagai usaha yang memiliki etika, dengan ini bisa memberikan timbal balik luar biasa kepada para pelanggan. Memiliki pelayanan yang ramah dan baik, Anda juga harus memperhatikan kebersihan dari tempat atau lokasi yang anda gunakan untuk bisnis kedai kopi tersebut.

Baca Juga :  Membuat Tempat Kedai Kopi Yang Baik

10.Mengatur Strategi Pemasaran

Di masa pemasaran saat ini Anda dapat menggunakan metode online maupun offline. Apabila Anda sudah menjalankan konsep bisnis offline, Anda bisa menggunakan medisos guna memasarkan bisnis kopi Anda secara online. Dengan begitu, dapat semakin banyak yang mengetahui kehadiran bisnis kopi yang Anda jalankan.

Demikianlah perihal 10 Prinsipil Bisnis Kedai Kopi Yang Sukses, atau konsep kedai kopi sederhana, mudah-mudahan menjadi artikel bermanfaat tentang kopi yang disebar luaskan blog Kopidunia.com

Pic By : Monkey Business Images

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.