Sebuah Sejarah Dari Legenda Kopi Yang Terkenal Sampai Ke Penjuru Dunia

Sebuah Sejarah Dari Legenda Kopi Yang Terkenal Sampai Ke Penjuru Dunia

Dalam satu titik sejarah kopi pernah tidak dinikmati sebagai minuman kopi untuk manusia, padahal kopi begitu sangat penting untuk kehidupan kita. Bagi banyak sebagian dari kita mungkin tidak bisa membayangkannya mengapa demikian, namun sejarah kopi memang masih tergolong baru dibandingkan dengan sejarah dunia.

Teh dan alkohol, misalnya, telah ada selama 5.000+ tahun. Kopi, di sisi lain, hanya dinikmati dalam bentuk minuman selama kurang lebih 1.000, tetapi kami hanya dapat memverifikasi keberadaannya sejauh 500 tahun yang lalu.

Jika kita membandingkan sejarah teh dan alkohol saja, kedua minuman ini telah dinikmati lebih dari 5000 tahun lamanya. Sedangkan minuman kopi tidak lebih dari 1000 tahun dikonsumsi dunia, bahkan karena pernah terjadi gejolak pengharaman minuman ini, sebagian peneliti hanya memperkirakan hanya 500tahun.

Didalam sejarah kopi tergores kisah penjajahan, perbudakan, revolusi bahkan skandal dan menjadi satu buku besar dalam sejarah kopi. Tentunya bukan menjadi sejarah yang membosankan karena mengandung kisah yang beraneka ragam.

DIMULAI DENGAN LEGENDA KOPI YANG TERKENAL

Sudah banyak dimaklumi begitu banyak legenda tentang kopi, namun belum dibuktikan persis dari mana asalnya. Sejarah kopi di dunia secara global tercatat dari banyak tempat.Iya ini memang bukan barang penemuan tetapi tumbuhan yang diciptakan sang Pencipta alam di banyak tempat.

pixabay illustration

Kita mencoba menelusuri warisannya beberapa abad ke hutan kopi kuno di atasdataran tinggi Ethiopia. Di sana, sebuah legenda kopi yang terkenal mengatakan penggembala kambing Kaldi pertama kali mendapatkan potensi biji kopi tercinta ini.Dia sang legenda kopi yang terkenal bernama kaldi, seorang yang berasal dari Ethiopia, Kaffa rutin merawat para kambingnya. Keanehan terjadi ketika didapatkannya beberapa kambing berperilaku tidak normal seperti berlompat-lompat dan berteriak. Kaldi pun menyadari kambing-kambing yang energik itu karena telah memakan buah merah kecil.

Lantas dia mencoba sendiri sampai akhirnya merasa penuh semangat dan kuat. Dia masukkan ke kantongnya dengan beberapa buah beri dan membawanya ke istrinya. Kemudian sang istri menganjurkan kaldi untuk mengambil buah beri “Heaven Sent” ke biara (tempat ibdadah) terdekat.

Ternyata yang diharapkan lain, para ahli ibadah malah menganggapnya itu seperti sihir tipudaya iblis hingga melemparkan buah-buah kopi itu ke dalam api, para biarawan tidak menyenanginya!.

Tiba-tiba rasa kekaguman datang ketika buah-buah kopi itu terpanggang dalam api, aroma yang kompleks sangat keluar dan membuat biarawan jadi penasaran. Terhapus awal kebencian tadi dan berubah seketika, dikumpulkanlah biji-biji kopi terpanggang untuk dimasukkan ke air panas. Mereka mencoba meminum air tersebut hingga menjadi sejarah kopi dunia sampai sekarang mengikuti cara mereka.

Baca Juga :  SELEMBAR SEJARAHBIJI KOPI TERSOHOR DI SELURUH DUNIA

Dan memang seperti itulah sebuah legenda, setidaknya ada hal positif yang didapat walaupun belum bisa dibuktikan kebenarannya. Hal positif paling besar dari cerita legenda ini menjadi pemersatu kopi dunia di benua manapun.

Ethiopia menjadi senter penemuan pertama kopi karena bahasa cafe atau coffee berasal dari serapan kata-kata qohwah yang artinya kekuatan. Qohwah merupakan bahasa arab, salah satu kebun kopi tertua dimiliki dataran arab adalah sekitaran Ethiopia dan Yaman.

DIMULAI DARI DATARAN YAMAN

Sumber-sumber kopi kredibel paling awal yang disebutkan sebagai minuman berasal dari ahli ibadah Sufi di Yaman pada abad ke-15. Di lain tempat dikatakan bahwa orang Arab non-Muslim sudah membuat anggur menggunakan bahan ceri kopi selama lebih dari 200 tahun.

Salah satu versi cerita dikatakan bahwa para pedagang Yaman datang ke Istanbul dan mendirikan sebuah kedai kopi yang mirip dengan apa yang telah mereka kunjungi di pelabuhan Mocha Yaman. Dari kedai kopi ini, minuman tersebut begitu pesatnya menyebar di berbagai kalangan.

Versi lain mengatakan gubernur Ottoman Yaman menemukan kopi di sebuah kedai kopi lokal dan segera mengirimnya ke Sultan, tanpa disangka beliau jatuh cinta pada tegukan pertama.

Sekali lagi, tidak satu pun dari kisah-kisah ini dapat diverifikasi sepenuhnya, tetapi ada beberapa hal yang kita ketahui dengan pasti tentang periode waktu ini.

Pada pertengahan 1550-an, kopi tersebar dengan cepat di sekitar Semenanjung Arab dan Afrika Timur Laut. Berkat upaya besar Sultan Ottoman menjadikan terkenal secara luas kopi ini akan kenikmatannya.

Kedai kopi menjadi pusat pembicaraan dan pertemuan di seluruh Mesir, Suriah, dan Ethiopia. Kopi sangat penting dalam kehidupan Ottoman, sehingga jika seorang istri tidak dapat membuat kopi yang baik (dibuat melalui Metode Kopi Turki), itu adalah alasan yang tepat bagi pria untuk menceraikannya.

Beberapa orang bereaksi terhadap minuman baru ini dengan kecurigaan atau ketakutan, menyebutnya sebagai “penemuan setan yang pahit.” Ada beberapa upaya oleh ulama Muslim untuk melarang minum kopi. Mereka takut bahwa, seperti anggur, itu akan membuat penganut agama tidak waras. Namun, nikmatnya kopi menjadikan selalu pembatalan setiap keputusan-keputusan tersebut.

Seorang gubernur Mekah bahkan menutup semua kedai kopi yang berada di bawah kekuasannya, karena mereka adalah tempat di mana oposisi politiknya akan bertemu dan menyebarkan gagasan. Setelah banyak kerusuhan, Sultan Ottoman mengeksekusinya, dan rumah kopi dipulihkan.

Baca Juga :  INILAHKOPI YG PALING ENAK DI DUNIA

Pihak oposisi selalu menjadikan kedai kopi sebagai tempat bertemu mencari ide dan gagasan bersama teman politiknya. Sampai seorang gubernur mekkah memutuskan untuk menutup semua kedai kopi yang berada di wilayahnya. Kedai kopi selalu menimbulkan dan menyebarkan gagasan-gagasan baru terkadang membuat banyak kerusuhan. Setelah kerusuhan terbesar terjadi, sultan ottoman mengeksekusi pihak-pihak terkait dan membuka kembali kedai kopi.

Dengan jutaan pengunjung tiap tahunnya ke Mekah, dan dengan kopi yang begitu meresap di masyarakat, tidak butuh waktu yang lama kopi menyebar keluar arab dan afrika.

KOPI BERANAK PINAK DI EROPA

Di Inggris “universitas penny” bermunculan, disebut demikian karena dengan harga sepeser pun seseorang bisa membeli secangkir kopi dan bisa tergabung dalam diskusi yang membakar semangat. Diperkirakan kopi tiba di Eropa pertama melalui budak Turki di Malta, meskipun, sebagai sebuah pulau, itu bukan titik awal yang bagus untuk ekspansi kopi lebih lanjut. Namun, ketika kopi sampai di Republik Venesia, kopi menjadi kekuatan yang tak terhentikan.

Pada 1615, kopi adalah produk baru yang dijual oleh vendor Streetside Lemonade.

Beberapa pendeta setempat mengutuk kopi, menyebutnya “bitter invention of Satan”. Hal tersebut menimbulkan perdebatan yang meramaikan khalayak umum sampai Paus Klemens VIII pun terlibat. Ketika dia mencicipi kopi sendiri, dia dengan cepat memberikan persetujuannya dan mengklaim itu adalah hadiah dari langit.

Pada 1645, kedai kopi sudah ada di seluruh Italia. Selama 30 tahun berikutnya, kopi menjadi makanan pokok budaya di Austria, Prancis, Jerman, Inggris, dan seluruh Eropa. Pada akhir tahun 1600-an, London dikatakan telah menampung lebih dari 300 kedai kopi.

Kopi mulai mengganti minuman yang pada saat itu hanya diketahui bir(anggur). Mereka yang minum kopi tanpa alkohol merakasan tingkat kewaspadaan tinggi dan berenergi, dan tidak mengherankan, kualitas pekerjaan mereka sangat meningkat.

Pada pertengahan abad ke-17, ada lebih dari 300 rumah kopi di London, banyak di antaranya menarik perhatian pelanggan, termasuk pedagang, pengirim barang, pialang dan seniman.

Banyak bisnis tumbuh dari rumah kopi khusus ini. Lloyd’s of London, misalnya, hadir di Gedung Kopi Edward Lloyd.

Munculnya Dunia baru

Pada pertengahan 1600-an, kopi dibawa ke New Amsterdam, yang kemudian disebut New York oleh Inggris.

Meskipun kedai kopi dengan cepat mulai terlihat, teh malahan menjadi minuman favorit di Dunia Baru sampai tahun 1773, ketika kolonis memberontak melawan pajak berat teh yang diberlakukan oleh Raja George III. Pemberontakan, yang dikenal sebagai Boston Tea Party, akan selamanya mengubah preferensi minum kopi Amerika.

Baca Juga :  DIREKTORI VARIETAS KOPI DI DUNIA

“Kopi – minuman favorit dunia beradab.” – Thomas Jefferson

Perkebunan di Seluruh Dunia

Sejarah kopi di dunia terus menyebar, seiring permintaan minuman menjadi persaingan ketat untuk mengolah kopi di luar Arab.

Belanda akhirnya mendapatkan bibit pada paruh kedua abad ke-17. Usaha pertama mereka untuk menanam mereka di India gagal, namun sukses dengan usaha mereka di Batavia, di pulau Jawa di tempat yang sekarang menjadi Indonesia.

Tanaman tumbuh subur dan segera Belanda memiliki perdagangan kopi yang produktif dan terus berkembang. Mereka kemudian memperluas penanaman pohon kopi ke pulau Sumatra dan Sulawesi.

Datang ke Amerika

Pada 1714, Walikota Amsterdam mempresentasikan sebuah hadiah dari sebuah pabrik kopi muda kepada Raja Louis XIV dari Prancis. Raja memerintahkannya untuk ditanam di Royal Botanical Garden di Paris. Gabriel de Clieu yang saat itu seorang perwira angkatan laut muda mendapatkan bibit dari pabrik sang Raja pada tahun 1723.

Meskipun perjalanan yang penuh dengan rintangan, cuaca yang sangat ekstrim, serangan bajak laut bahkan pengkhianat kapal. Gabriel de Clieu berhasil mengangkut kopi dengan selamat ke Martinique.

Setelah ditanam, bibit tidak hanya tumbuh subur, tapi juga dibudidayakan. Dilakukan penyebaran dari 18 juta pohon kopi di pulau Martinique dalam 50 tahun ke depan. Yang lebih luar biasa adalah bahwa bibit ini adalah induk dari semua pohon kopi di seluruh Karibia, Amerika Selatan dan Tengah.

Kopi Brasil bisa dikatakan berutang keberadaannya kepada Francisco de Mello Palheta. Seorang Kaisar Mencoba memberikan kiriman ke Guyana Prancis untuk mendapatkan bibit kopi. Akan tetapi Prancis tidak mau berbagi, istri Gubernur Prancis itu terpikat oleh bentuknya yang bagus. Kemudian memberinya buket bunga besar sebelum dia pergi. Di dalam buket bunga itu ada biji kopi yang cukup untuk memulai industri miliaran dolar sekarang.

Misionaris dan pelancong, pedagang dan koloni terus membawa bibit kopi ke lahan baru, dan pohon kopi ditanam di seluruh dunia. Perkebunan didirikan di hutan tropis yang megah dan di dataran tinggi pegunungan yang kasar. Beberapa tanaman tumbuh subur, sementara yang lainnya berumur pendek. Negara-negara baru didirikan dalam sejarah kopi di dunia. Menjelang akhir abad ke-18, kopi telah menjadi salah satu tanaman ekspor yang paling menguntungkan di dunia. Setelah minyak mentah, kopi merupakan komoditas yang paling banyak dicari di dunia .

Dari Berbagai Sumber Kopidi Dunia

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.