Inilah 5 Jenis Kopi Hitam Terkenal Di Dunia

Inilah 5 Jenis Kopi Hitam Terkenal Di Dunia

Mendengar sebutan nama “kopi” apalagi yang bisa terbenak di fikiran kita kecuali Kopi Hitam pekat beraroma. Diantara kita menyukai meminum kopi setiap pagi sebagai pembangkit semangat dan konsentrasi sebelum memulai banyak pekerjaan.

Selain kita bisa minum kopi hitam di rumah, kita dapat juga menikmati kopi hitam di kedai kopi, warung kopi ataupun cafe. Kopi hitam tidak semuanya sama loh guys, ada beberapa racikan kopi yang paling populer. Setiap racikannya melewati proses yang berbeda dan mempunyai karakter rasa yang berbeda pula.

Agar kita tidak salah memilih menu kopi ketika berada di cafe, yang biasanya mungkin dinamakan Black coffee. Jangan sampai kopi hitam pesananmu datang dengan rasa yang tidak sesuai dengan selera.

Perbedaan racikan kopi hitam atau black coffee secara signifikan rasanya terbagi menjadi 3 :
1. Kopi hitam dengan ampas rasanya sedikit berminyak
2. Kopi hitam ekstraksi, rasanya tebal memiliki krema dan kepahitan yang kuat.
3. Kopi hitam filter, ini punya citarasa slow, soft dan terkesan syrupy tidak memiliki ampas kopi.

Di setiap penjuru dunia punya cara seduh kopi yang berbeda-beda, namun kita ambil yang terkenal saja. Menu-menu kopi hitam cafe di dunia diantaranya sebagai berikut :

1. Kopi Hitam Espresso

Kopi ini hanya disajikan sebanyak 30-40ml. Memiliki rasa kopi yang tebal, krema di atasnya (seperti busa minyak), dan kafein yang cukup kuat. Dihasilkan dari ekstraksi air panas melewati kopi bertekanan tinggi.

Terlihat memang sangat sedikit menikmati kopi ini karena hanya sekitaran 40ml, namun punya dampak yang keras terhadap fisik kamu. Umumnya jika belum terbiasa meneguk kopi ini katanya menyebabkan oleng. Jadi dengan begitu kamu jangan coba-coba meminta tambah karena merasa kurang banyak jika belum terbiasa.

Baca Juga :  DERETAN NEGARAKOPI YG PALING ENAK DI DUNIA

Ketika memesan biasanya kamu akan ditawari ingin single shoot atau double shoot. Iya dari namanya sepertinya sudah bisa tergambar bukan?

Espresso juga disebut sebagai biangnya minuman kopi selanjutnya seperti mochacino, capuccino, coffee latte dan beragam minuman kopi campuran lainnya.

2. Americano

Kopi hitam ini masih seperti di atas yaitu kopi yang dihasilkan melewati ekstraksi keras sebanyak 14bar. Namun untuk menu kali ini lebih ringan karena hasil kopi espresso akan ditambahkan lagi 1/8 air panas oleh barista.

Dengan begitu rasa kopi ini lebih ringan, lebih banyak dan tidak mengurangi ketebalan seduhan kopinya. Katanya sih ini dahulunya buat orang yang ingin menikmati kopi espresso namun minta diencerkan. Sedikit seperti bahan ejekan buat para peminum di amerika.

3. Coffee Press

Kopi hitam coffee press seperti seduhan kopi biasa. Yaitu bubuk kopi yang disiram air panas kemudian diaduk. Bedanya setelah beberapa menit kopi ini dipress agar bubuk kopi tereliminasi, sehingga menikmati kopi tanpa ampasnya.

Seduhan kopinya juga masih terasa tebal, namun kopi ini tanpa krema yang banyak seperti espresso. Coffee press punya rasa yang lebih kompleks dan takaran minum kopi yang cukup, kamu tidak merasa kekurangan minum kopi.

4. V60 Coffee

kopi-hitam

Sebenarnya ini kopi hitam yang diseduh dengan cara filtering. Dikenal dengan nama metode seduh pour over. Sebagian cafe pun menamakan pour over coffee, karena di sana selain dengan alat kopi v60 juga ada lainnya seperti chemex, flat drip dan lainnya.

Karakter seduhan dan rasanya sangat berbeda jauh seperti di atas. Kopi ini bisa disebut cair atau encer sekali, namun anda jangan khawatir karena barista profesional menyajikannya dengan rasa kompleks. Artinya kamu tidak akan kehilangan rasa kecuali pahit, seperti keasaman, aroma, kaya rasa, dan seruput yang nikmat.

Baca Juga :  INILAH KOPI TERLARIS DI DUNIA

5. Kopi Hitam Tubruk

Yap ini kopi khas banget dari negara Indonesia, seduhan simple hanya menggunakan air panas ketika menyeduhnya. Tanpa disaring, tanpa ditekan apalagi dipukul-pukul.. tidak ada sama sekali.

Kopi tubruk punya kenikmatak tersendiri sih,, selain simple. Iya kenikmatannya itu ada pada ketebalan seduhan dan aroma yang kuat. Jadi seprti perpaduan antara espresso dan kopi press. Kopi hitam tubruk tetap punya krema (minyak kopi) jika kopi yang diseduh baik.

Kopi tubruk pun merupakan kopi yang jujur apa adanya. Jika kita minum kopi tubruk dengan bubuk sedikit kasar tanpa gula akan terasa baik atau buruknya kopi ini ketika ditanam dan dipanen. Kopi baik tidak merasakan aroma-aroma atau rasa asing pada seduhannya.

Demikian sahabat kopi jangan sampai salah memilih kopi hitam atau marah-marah ketika tidak sesuai dengan selera. Kopi memang seperti itu, bagaimana diperlakukan begitulah dampak rasa yang dihasilkannya.

Setiap jenis minuman kopi hitam diatas juga punya fungsi masing-masing seperti kecepatan waktu, kopi jenis apa dan bagaimana kopi akan disajikan. Dengan begitu tidak semua kopi cocok untuk ragam seduhan di atas.

Selamat minum kopi dunia

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.