MENGENAL BIJI KOPI YANG TERKENAL DI DUNIA

0
99

Bagi Indonesia, kopi merupakan komoditas yang terlalu penting. Kopi telah menjadi sumber penghidupan bagi jutaan petani di Indonesia yang menghasilkan kopi yang dinikmati semua warga dunia. Dikatakan bahwa kopi juga menjadi minuman abad 21 yang telah menggerakkan produktivitas dan kreativitas di Sillicon Valley, AS, pusat inovasi teknologi komunikasi. Tidak seluruh negara mampu mendapat kesempatan ini, gara-gara cuma negara penghasil kopi yang dapat jadi negara potret.

Penemuan biji kopi kira-kira tahun 800 Sebelum Masehi ada pendapat lain menyebutkan kalau th. 850 Masehi. Pada selagi itu, banyak orang di Benua Afrika, terlebih orang dari bangsa Etiopia, yang mengkonsumsi biji kopi yang dicampurkan bersama lemak hewan dan anggur untuk memenuhi kebutuhan protein dan energi tubuh.

MENGENAL

BIJI KOPI YANG TERKENAL DI DUNIA

Di Mana Kopi Berasal?

Asal-usul kopi setidaknya bisa ditelusuri kembali pada abad ke 10. Kopi Arabika (Coffea Arabica), ini menjadi type kopi yang dominan berasal dari hutan dataran tinggi Ethiopia Barat Daya dan Pegunungan Yaman. Di sana, tanaman kopi tumbuh dengan tinggi 30-39 kaki yang berada di alam liar. Tampak tiap tiap pohonnya bunga-bunga putih seperti melati dan ceri berwarna merah hingga ungu yang memuat biji-bijian.

MENGENAL

BIJI KOPI  YANG TERKENAL DI DUNIA

” width=”944″ height=”625″ />

Saat itu, seorang pengembala kambing di Provinsi Kaffa terperanjat memandang bahwa kambingnya tidak tidur di malam hari. Merasa bingung bersama dengan apa yang terjadi, ia pun pergi ke biara paling dekat untuk bertanya kasus ini kepada para biarawan.
Dari sinilah diketahui bahwa kambing-kambing selanjutnya menyukai buah-buahan seperti ceri yang kala itu muncul aneh bagi mereka.

Tanaman inilah yang akhirnya terkenal dengan sebutan kopi. Didorong oleh keingintahuan ilmiah, para biarawan membawa dampak minuman dari buah tersebut. Setelah meminumnya, mereka terasa punyai kekuatan yang penuh. Saat ini, dataran tinggi Ethiopia dianggap sebagai daerah kelahiran kopi. Ethiopia mengekspor biji kopi melintasi Laut Merah ke Arabia, di mana kopi pertama kali ditanam terhadap pertengahan abad XV di Yaman. Pada abad XVI , berkat perluasan Kekaisaran Ottoman, kopi jadi dikenal di beberapa kecil Asia, Syria, Mesir, dan Eropa Selatan. Kopi tidak cuma dinikmati di rumah, tetapi juga di banyak kedai kopi. Popularitas kedai kopi pun menjadi tak tertandingi, dan orang-orang sering datang ke kedai kopi untuk seluruh type kesibukan sosial.

Kedai kopi pun dengan cepat menjadi tempat perlu untuk pertukaran Info yang kerap disebut sebagai “schools of the wise” yang bermakna sekolah kebijakan.
Dengan ribuan peziarah datang ke kota suci Mekkah tiap tiap tahun dari semua dunia, ilmu berkenaan kopi jadi menyebar. Orang Arab menyebut minuman ini “qahwah” yang artinya “anggur”.

Sementara itu, orang Turki menyebutnya “kahweh”. Dunia Arab sangat melindungi tanaman kopi dan buah-buahan yang mereka anggap berharga.
Oleh dikarenakan itu, mereka pun mencegah ekspor kopi dan buah-buahan tersebut. Sampai abad XVII, perdagangan kopi hanya berada di tangan orang-orang Arab. Namun, sekelompok pedagang Belanda sukses menyelundupkan biji kopi ke Eropa.
Orang-orang Eropa menanam kopi di tempat tinggal kaca dan kebun anggur, sebelum para kolonial mulai menanamnya di Pulau Jawa, Kolombia, dan Kenya.

Dengan banyaknya peminat minuman kopi di belahan didunia, maka banyak negara yang menjadikan kopi sebagai salah satu komoditi ekspor mereka. Dari negara-negara pengekspor kopi tersebut, terdapat beberapa negara yang kondang dengan kualitas kopi terbaik di dunia. Berikut ini negara-negara penghasil kopi bersama kualitas yang benar-benar baik di bumi ini.

Indonesia

Salah satu penghasil kopi bersama dengan kualitas baik di dunia adalah Negara Indonesia. Indonesia merupakan sebuah negara yang terletak di kawasan Asia Tenggara. Secara astronomi, Indonesia terdapat pada 60 LU-110LS dan 950BT-1410BT. Berdasarkan letak astronomis tersebut, maka Negara Indonesia juga dalam kawasan yang miliki iklim tropis. Indonesia disebut sebagai negara kepulauan. Hal ini disebabkan gara-gara lokasi negara ini terdiri dari banyak pulau-pulau. Selain perihal tersebut, Indonesia juga dikenal sebagai sebuah negara yang memiliki keindahan alam yang terlalu menakjubkan.
Indonesia merupakan salah satu negara yang tenar dengan kualitas kopi yang sangat baik. Kopi-kopi dari negara ini banyak diminati oleh masyarakat di negara lain. Maka tidak mengherankan, jika kopi menjadi salah satu komoditi ekspor negara kepulauan ini. Salah satu style kopi nikmat yang kondang dari Indonesia adalah kopi luwak. Kopi luwak merupakan salah satu style minuman kopi yang terkenal dari negara ini. Kopi ini dibuat dari biji kopi yang terkandung dalam kotoran luwak. Biji kopi ini yang diolah jadi minuman kopi yang amat nikmat. Jenis kopi ini jadi salah satu unggulan dari Negara Republik Indonesia. Selain kopi luwak, Negara Indonesia juga mengekspor tipe kopi robusta dan arabika.

Brasil

Selain Indonesia, negara penghasil kopi terbaik di dunia adalah Brasil. Brasil merupakan suatu negara yang terletak di benua Amerika. Negara ini punyai wilayah yang terlalu luas, yaitu kira-kira 8.511.965 km2. Dengan luas lokasi tersebut, maka Brasil menjadi negara yang punya wilayah terluas di Amerika Selatan. Selain itu, negara Brasil merupakan salah satu negara yang punya iklim tropis. Hal ini dapat terjadi, dikarenakan Brasil dilewati oleh garis khatulistiwa. Dengan iklim tropis tersebut, maka di negara ini banyak tumbuh jenis tanaman tanaman perdu. Salah satu tanaman perdu yang bisa tumbuh di negara ini adalah tanaman kopi.
Kopi merupakan salah satu hasil perkebunan dari negara yang terletak di benua Amerika Selatan ini. Kopi asal Brasil termasuk dalam type kopi bersama mutu terbaik di dunia. Salah satu tipe kopi yang kondang dari Brasil adalah jenis kopi arabika. Kopi arabaika asal brasil tenar bersama kuliatasnya yang terlalu bagus, agar banyak di sukai oleh penduduk dari beraneka negara di bumi ini, tidak cuman itu, Brasil juga kondang sebagai salah satu penghasil kopi terbesar di dunia.

Kolumbia

MENGENAL

BIJI KOPI  YANG TERKENAL DI DUNIA

Kolombia merupakan sebuah negara yang terdapat di kawasan Benua Amerika. Secara astronomis, Negara Kolombia terletak pada 4035’LU dan 7404’BT. Kolombia ini mempunyai lokasi hutan yang amat lebat. rimba yang terkandung di negara ini punya luas lebih kurang 72% dari total luas lokasi negara Kolombia. Jadi bisa dikatakan, sebagian besar wilayah Kolumbia adalah hutan.
Negara Kolombia termasuk dalam negara yang terdapat di benua Amerika yang miliki iklim tropis. Negara ini membawa dua musim yang mirip bersama dengan indonesia, yaitu penghujan dan kemarau. Musim penghujan berjalan pada bulan Maret hingga dengan bulan Juni, tetapi musim kering atau kemarau berlangsung pada bulan Desember sampai Maret dan Bulan Juli sampai bulan Agustus.
Negara kolombia ini populer sebagai negara penghasil kopi yang berkualitas, kopi asal Kolombia memiliki citarasa yang amat khas dan berlainan dari kopi negara lain. Maka tidak mengherankan, terkecuali kopi asal negara ini banyak disukai oleh penduduk dari bermacam negara.

Peru


Negara dengan kualitas kopi yang sedap seterusnya adalah Peru. Negara Peru merupakan sebuah negara yang masih termasuk di dalam Benua Amerika. Negara ini berbatasan segera dengan Negara Brasil dan Bolivia disebelah timur, Kolombia dan Ekuador di batas Sebelah utara, Chili di sebelah selatan dan Samudra Pasifik di batas sebelah barat.
Peru ini juga populer sebagai sebuah negara penghasil kopi yang tergolong besar. Negara ini populer dengan memproduksi biji kopi yang penanamannya meggunakan langkah organik. Dengan cara menanam kopi yang organik ini, membuat kualitas biji kopi negara Peru terlampau istimewa. Dengan demikian, maka produk minuman kopi dari biji kopi terbaik Negara Peru banyak digemari oleh para penikmat minum berkafein ini.

Vietnam

Vietnam merupakan negara yang terdapat di kawasan Benua Asia Tenggara, Negara ini merupakan tetangga dari Negara Republik Indonesia. Vietnam ini juga kondang sebagai salah satu negara penghasil kopi yang berkualitas. Negara vietnam ini merupakan suatu negara yang beriklim serupa layaknya Indonesia, yakni tropis. Dengan iklim tropis tersebut, maka di Negara ini juga banyak tumbuh tanaman kopi.

Awalnya, kopi mulai dikenal oleh masyarakat Vietnam pada jaman penjajahan Prancis, yakni kira-kira tahun 1857. Negara Perancis selanjutnya yang memperkenalkan kopi pada penduduk vietnam, sejak waktu itu, negara vietnam mulai membudidayakan tanaman kopi. Saat ini , negara vietnam terhitung dalam negara pengekspor kopi terbesar di dunia.

Kosta Rika

MENGENAL

BIJI KOPI  YANG TERKENAL DI DUNIA

Negara yang kondang sebagai penghasil kopi terbaik di dunia sesudah itu yaitu Kosta Rika. Kosta Rika ini merupakan sebuah negara yang terletak di Benua Amerika anggota tengah. Negara ini memiliki luas wilayah sekitar 51.100 km2 atau seukuran bersama luas Pulau Maluku. Kosta Rika sendiri merupakan salah satu pengekspor kopi di dunia. Kopi asal negara ini memiliki mutu yang bagus.
Pada mulanya, Kosta Rika bukan merupakan negara pengekspor kopi. Mereka cuma produksi biji kopi asal Negara Ethiopia. Akan tetapi, pemerintah Kosta Rika membuat penawaran kepada para petani untuk menanam kopi. Alhasil banyak petani yang menyongsong baik gagasan pemerintah tersebut. Alhasil, sementara ini Kosta Rika menjadikan kopi sebagai komoditi ekspor utama mereka tidak cuman gula.

Honduras

Honduras merupakan salah satu negara yang penghasil kopi terbaik di dunia. Honduras adalah sebuah negara yang terletak di kawasan Amerika Tengah. Negara ini merupakan salah satu negara yang mengandalkan sektor pertanian untuk komoditi ekspornya. Salah satu hasil pertanian yang jadi komoditi ekspor negara honduras adalah biji kopi. Kopi dari negara ini miliki kulitas yang bagus bersama rasa yang nikmat.

Meksiko

Negara penghasil kopi terbaik di dunia seterusnya masih dari Benua Amerika. Negara berikut adalah Meksiko. Meksiko merupakan sebuah negara yang terletak di Benua Amerika anggota tengah. Negara ini merupakan salah satu negara penghasil kopi di Benua Amerika. Salah satu style kopi yang dihasilkan oleh negara ini adalah kopi arabika. Kopi arabika merupakan salah satu komodoti ekspor andalan negara ini.

Ethiopia

By Oscar Espinosa

Ethiopia merupakan sebuah negara di kawasan Afrika Timur yang populer sebagai tempat lahirnya kopi. Banyak penduduk Ethiopia yang menikmati kopi terhadap kesehariaannya. Setengah dari hasil kopi Ethiopia di ekspor dan setengahnya lagi di mengonsumsi oleh masyarakat negara tersebut. Kopi asal negara Afrika Timur ini merupakan salah satu kopi paling baik di dunia memiliki citarasa yang khas, agar banyak digemari oleh para penikmat kopi.

Demikian informasi MENGENAL

BIJI KOPI YANG TERKENAL DI DUNIA

yang patut Anda coba. Karena sebenarnya ada beraneka macam style kopi yang tersebar di seluruh dunia, terhitung di Indonesia.
Bagi Anda para penikmat kopi tentunya tentu akan tetap melacak style varian kopi bersama dengan aroma dan citarasa yang baru, menjadi tidak ada salahnya untuk mencoba salah satu style kopi diatas.
Selain itu, jenis-jenis kopi diatas mempunyai nilai menjual yang memadai tinggi, menjadi siapa tau Anda bisa menjadikannya sebagai peluang usaha kopi. Semoga ini mampu jadi referensi bagi Anda untuk dapat menemukan dan coba kopi yang berkualitas.

Sumber :

Dari Berbagai Sumber

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.