SALAH SATUNYA INDONESIA SEJARAH KOPI DI DUNIA

0
114

Kopi adalah salah satu minuman populer yang dinikmati oleh segala kalangan dan usia di bermacam belahan dunia.
Bahkan, lebih dari satu penggemar kopi siap membayar sejumlah besar duwit untuk meraih cita rasa yang unik sesuai favorit mereka.

Sebelum kami menelusuri aneka kopi di dunia, ada baiknya kami mundur lagi ke belakang perihal bagaimana peristiwa kopi dimulai. Ada sebuah perjalanan panjang yang layak kita ketahui, Jauh dari lebih kurang 3000 tahun yang lalu.

SALAH SATUNYA INDONESIA SEJARAH KOPI DI DUNIA

Sejarah Kopi Memiliki Cerita Panjang


SALAH SATUNYA INDONESIA SEJARAH KOPI DI DUNIA

Saat itu, seorang pengembala kambing di Provinsi Kaffa terkejut melihat bahwa kambingnya tidak tidur di malam hari. Merasa bingung dengan apa yang terjadi, ia pun pergi ke biara paling dekat untuk menanyakan masalah ini kepada para biarawan.
Dari sinilah diketahui bahwa kambing-kambing selanjutnya menyukai buah-buahan layaknya ceri yang kala itu muncul aneh bagi mereka.

Tanaman inilah yang akhirnya kondang bersama sebutan kopi. Didorong oleh keingintahuan ilmiah, para biarawan membuat minuman dari buah tersebut. Setelah meminumnya, mereka mulai punyai kekuatan yang penuh. Saat ini, dataran tinggi Ethiopia diakui sebagai daerah kelahiran kopi. Ethiopia mengekspor biji kopi melintasi Laut Merah ke Arabia, di mana kopi pertama kali ditanam pada pertengahan abad XV di Yaman. Pada abad XVI , berkat perluasan Kekaisaran Ottoman, kopi jadi dikenal di sebagian kecil Asia, Syria, Mesir, dan Eropa Selatan. Kopi tidak cuma dinikmati di rumah, tetapi juga di banyak kedai kopi. Popularitas kedai kopi pun menjadi tak tertandingi, dan orang-orang sering mendatangi kedai kopi untuk semua jenis kegiatan sosial.

Kedai kopi pun bersama dengan cepat jadi daerah perlu untuk pertukaran informasi yang kerap disebut sebagai “schools of the wise” yang bermakna sekolah kebijakan.
Dengan ribuan peziarah berkunjung ke kota suci Mekkah tiap tiap tahun dari seluruh dunia, pengetahuan perihal kopi mulai menyebar. Orang Arab menyebut minuman ini “qahwah” yang bermakna “anggur”.

Sementara itu, orang Turki menyebutnya “kahweh”. Dunia Arab amat menjaga tanaman kopi dan buah-buahan yang mereka anggap berharga.
Oleh sebab itu, mereka pun mencegah ekspor kopi dan buah-buahan tersebut. Sampai abad XVII, perdagangan kopi hanya berada di tangan orang-orang Arab. Namun, sekelompok pedagang Belanda sukses menyelundupkan biji kopi ke Eropa.
Orang-orang Eropa menanam kopi di rumah kaca dan kebun anggur, sebelum para kolonial semenjak,sedari menanamnya di Pulau Jawa, Kolombia, dan Kenya.


SALAH SATUNYA INDONESIA SEJARAH KOPI DI DUNIA, Berikut 10 Kopi Termahal Di dunia!

1. Finca El Injerto Coffee (Harga: Rp6,75 juta/500 gram)

Kopi ini benar-benar mahal dikarenakan terbuat dari kacang kecil, dan langka. Biji-bijian dicuci di dalam satu saluran dan kemudian dipecahkan dua kali untuk menambah kualitas. Meskipun harganya sangat mahal, banyak pecandu kopi di semua dunia tetap mencobanya setidaknya sekali.

2. Los Planes Coffee

(harga: Rp540.000/500 gram)

Dibudidayakan oleh keluarga Sergio Ticas Yeyes di sebuah peternakan di El Salvador, Finca, Los Planes juga merupakan kopi yang harus Anda coba setidaknya sekali. Pada tahun 2006 dan 2011 pada Cup of Excellence, kopi unik ini sukses memperoleh daerah kedua dan keenam.
3. Starbucks Quadriginoctuple Frap Coffee (harga: Rp638.550/gelas)
Ini adalah kopi Starbuck termahal yang pernah ditawarkan. Alasan mengapa sangat mahal adalah karena diproduksi cuma di dalam jumlah terbatas dan miliki banyak bahan beraroma seperti, 48 mocha frappuccino dengan es krim karamel, keping vanila, stroberi, dua pisang, bubuk protein, blues karamel, bubuk matcha, dan rempah labu.

Jika Anda ingin nikmati kopi yang sedap bersama dengan cita rasa dunia dan pada kala yang mirip merasa bersemangat maka minuman ini adalah pilihan yang pas untuk Anda.

4. Luwak Coffee (Harga: Rp2,16 juta / 500 gram)

Kopi ini terbuat dari Musang di Indonesia. Hewan-hewan ini konsumsi biji kopi dan selama proses pencernaan, mereka difermentasi. Biji kopi kemudian disimpan di kotoran mereka dan dari sana mereka dikumpulkan dan diproses. Kopi ini beroleh rasa yang unik dan luar biasa dikarenakan enzim yang disekresikan oleh musang ini sepanjang proses pencernaan mereka. Ini juga mengapa kopi ini disebut kopi luwak.

5. Saint Helena Coffee

(harga: Rp1,06 juta / 500 gram)
Kopi ini ditanam di Pulau St. Helena dan Napoleon Bonaparte sendiri adalah pecinta beratnya. Sejak itu kopi merk ini terlampau populer. Pulau St. Helena terdapat kira-kira 1.200 mil jauhnya dari pantai barat Afrika, di pusat Samudera Atlantik. Inilah sebabnya biaya transportasi sangat tinggi dan ini secara alami juga merubah label harganya.

Namun, mereka yang mencintai merk ini wajib siap untuk membayar harga tinggi layaknya minumannya karena menawarkan rasa karamel yang indah, berkualitas tinggi, bersama sentuhan jeruk yang ringan.

6. Jamaica Blue Mountain Coffee (Harga Lebih dari Rp675.000 / 500 gram)

Kopi ini ditanam terhadap ketinggian kira-kira 5.000 kaki di pegunungan Blue Jamaika. Daerah ini selamanya diguyur hujan deras dan bersama demikianlah punyai pasokan airnya cukup. Setelah biji kopi diambil, mereka diproses langsung, dan kemudian dikirim ke tempat lain.
Kopi ini mudah dan tidak sepahit biasanya merk lainnya. Sangat populer di Jepang yang merupakan salah satu pengimpor terbesar kopi ini.

7. Hacienda La Esmeralda Coffee

(Harga: Rp4,72 juta / 500 gram)

Hacienda La Esmeralda sudah jadi pemenang banyak penghargaan tempat pertama dalam beraneka persaingan kopi dalam sebagian tahun terakhir. Itu ditanam di Panama di segi gunung. Baru di bawah naungan pohon jambu biji. Kopi ini benar-benar kaya rasa dan mempunyai rasa yang luar biasa dan semua fans kopi kudu mencobanya setidaknya sekali didalam hidup mereka untuk menikmati pengalaman yang tidak dulu terlupakan.

8. Fazenda Santa Ines Coffee

(Harga: Rp675.000/500 gram)

Alasan mengapa kopi ini terlampau berlainan dan harganya mahal adalah gara-gara menawarkan rasa manis dan buah. Kopi ini tumbuh di Brasil dekat dengan Pegunungan Mantiquera. Dan, itu telah diproduksi sepanjang lebih dari seratus tahun. Banyak orang di semua dunia menginginkan kopi unik ini dan mereka tertarik gara-gara bahan-bahannya termasuk buah-buahan yang lezat di dalamnya.

9. Black Ivory Coffee

(Harga: lebih dari Rp6,75 juta/ 500 gram)

The Black Ivory Coffee Company yang berasal dari Thailand, membuat kopi ini menggunakan biji Arabika. Cukup layaknya kopi luwak, ini dibuat oleh gajah yang memakan kacang Arabika. Asam lambung gajah memecah protein kacang dan menawarkan rasa yang kaya untuk minuman.
Kopi ini terlampau mahal dan langka karena hanya sejumlah kecil biji kopi yang tersedia di dalam satu waktu. Jika Anda ingin coba kopi yang unik namun lezat ini, setidaknya sekali, Anda perlu siap untuk membayar Rp675.000 per gelas.

10. Hawaiian Kona Coffee

(Harga: Rp459.000/500 gram)

Kopi ini menawarkan rasa yang unik dan luar biasa. Ini diakui sebagai salah satu kopi termahal di dunia, sebab biji yang terlalu langka sudah digunakan untuk memicu variasi rasa kopi ini.
Selain itu, kopi ini juga kekurangan pasokan dan inilah mengapa beberapa besar penjual menawarkan campuran yang hanya mencakup 10% kopi Kona dan 90% dari lebih dari satu varietas murah. Jika Anda menginginkan menikmati rasa kopi Hawaii asli, maka Anda harus meyakinkan membeli kopi Kona 100%.

Nah, itu tadi
SALAH SATUNYA INDONESIA SEJARAH KOPI DI DUNIA. Kalau dicermati, salah satu model kopi di dalam daftar tidak kudu melancong jauh-jauh untuk mencicipinya. Yup, kopi luwak! Kopi asli kebanggaan dari Indonesia.
Namun, kecuali diberi kesempatan mencicipi kopi-kopi tersebut, kalian menentukan yang mana?

Sumber :

kopidi.com, wikipedia, davidsbeenhere.com, coffeereview.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.