Beranda Coffee Brewing Air Bermineral Menjadi Peranan Penting Seduh Kopi

Air Bermineral Menjadi Peranan Penting Seduh Kopi

Air dan Kopi

  • Brewing secangkir kopi yang sempurna memang membutuhkan air yang tepat. Bahan terbesar dari minuman kopi adalah air, dari inilah yang bisa menentukan bagus atau rusaknya kopi yang diseduh.
  • Air bermineral tinggi dengan nilai >200ppm menghasilkan rasa yang lebih enak. Meski ada trade-off antara air bermineral rendah dan air bermineral tinggi.
  • Beberapa biji kopi terkadang lebih cocok diseduh dengan air bermineral.

Membuat secangkir kopi yang mantap sebetulnya perlu banyak komponen pendukungnya. Mulai dari biji kopi specialty, pemanggangan kopi, dan tehnik seduh yang tepat.

Tapi ada unsur yang sering diabaikan dari pembuatan brewing kopi di tempat tinggal 99% bagian terlezatnya adalah : air

Untuk menyebabkan “a cup of joe”, kamu tidak mampu membeli sembarangan air walau mahal dan punyai alat sistem air yang mahal. Hal itu belum menjadi patokan hasil paling baik seduhan air dan kopi. Hilangkan perihal untuk menghabiskan uangmu di dalam perkara air putih, bersama mengetahui kadar air yang terbaik.

 

Ahli kimia melakukan percobaan air dan kopi

Seorang ahli kimia Christopher H. Hendon di MIT, menemukan pentingnya air dan kopi setelah mendengar keluhan dari 2 barista yang didengarnya. Dikutip dari Business Insider.

“Mereka mengalami masalah dengan kopi yang terkadang suatu hari rasanya enak namun lain rasa pada hari lainnya” Kata Hendon. Sementara itu sebuah coffee shop pasti punya standar operasional yang pasti namun mengapa terjadi demikian? “Dari sudut pandang kimia, itu hal yang menarik,” Kata Hendon.

Air bisa “Banyak mineral” (penuh dengan mineral seperti magnesium) atau “sedikit mineral” (Kebanyak untuk air penyulingan).

Hendon bekerja sama dengan barista Lesley dan Maxcell colonna-Dashwood- yang memenangkan kejuaraan barista inggris 2015 dan mereka menemukan bahwa berbagai jenis “padatan” dalam air membawa rasa kopi yang berbeda secara signifikan.

Baca Juga :  TEKNIK SEDUH KOPI, ALA BARISTA
Baca Juga :  BEGINI RUMAH SEDUH KOPI SEMENJANA BERSAMA KAWAN

Mengapa air bermineral tinggi sangat penting untuk menyeduh kopi?

Biji kopi matang dikemas dengan senyawa yang mengeluarkan khas aroma kopi, mouthfeel dan flavour. Termasuk diantaranya asam sitrat, asam laktat, dan eugenol (senyawa yang menambahkan rasa “Woodsy”). Jumlahnya berbeda-beda dari satu biji kopi ke yang berikutnya, setiap waktu akan memberikan anda pengalaman sensoris yang menarik.

air dan kopi

Sementara itu air memiliki kompleksitas tersendiri, tingkat ion yang lebih tinggi seperti magnesium dan kalsium mebuatnya lebih tinggi nilai PPM.  

Disinilah kuncinya : 

Beberapa senyawa di dalam air bermineral “melekat” dan secara spesifik menyita senyawa spesifik di dalam kopi kala mereka bertemu di peralatan brewing anda. Semakin banyak eugoneol yang ada di air, layaknya itulah rasa kopi yang bisa disesuaikan bersama dengan selera anda.

Magnesium terlampau lengket, sehingga ait yang mengandung magnesium tinggi akan menyebabkan kopi bersama dengan rasa lebih kuat (dan tingkat kafein yang lebih tinggi). Air bermineral juga punya takaran bikarbonat yang yang tinggi, yang ditemukan Hendon da[at menyebabkan rasa lebih pahit.

Sementara lainnya memakai air bermineral rendah sampai nol bisa layaknya gambling. Tergantung mineral mana yang punya konsentrasi tinggi, air bersih bisa saja belum pasti bermanfaat. Komposisi “menghasilkan kemampuan ekstraksi kopi terlampau buruk” Hendon menjelaskan.

Air non mineral kerap mengandung sodium,yang demikian tidak meiliki kempampuan melengket, Hendon menyampaikannya. Itu pertanda anda akan mendapatkan rasa yang jauh lebih kuat dari biji kopi yang sama jikalau memakai air bermineral tinggi magnesium mengambil alih air non mineral.

Hendon dan rekan baristanya menerbitkan penelitian mereka di dalam “Journal of Agricultural and Food Chemistry”. Mereka menulis buku yang berjudul “Water of Coffee”, yang menyebutkan bahwa penggemar kopi perlu lebih perhatian lebih dari cuman biji kopi.

Baca Juga :  ADAKAH SIASAT SEDUH KOPI TERBAIK SENDIRI
Baca Juga :  PECINTA KOPI HARUS PAHAM KOPI TERKENAL DI DUNIA

“Air bisa merubah cii-ciri kopi”, tulis tim tersebut.

Tidak layaknya pakar kimia, pencinta kopi rata-rata bukan pakar kimia. Anda tidak bisa bersama dengan ringan merubah komposisi persediaan air Anda tiap tiap kali Anda menginginkan secangkir lezat.

Mungkin anda bisa menyita sebuah product dan mencari keterangannya di manakah nilai product air mineral tersebut. Tentu, anda tidak akan paham senyawa spesifik di air anda. Itulah perihal ketat yang dipegang oleh Colonna-Dashwood yang menjuarai posisi kelima di dalam World Barista Championship 2017.

Artikel ini sudah dipublish oleh AKL Coffee : https://ahlikopilampung.com/2018/02/19/air-dan-kopi-dalam-pandangan-ahli-kimia/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Must Read

COFFEE MATES HARUS MENGETAHUI PETA KOPI DUNIA

Jika Anda pecinta kopi, tentu tersedia kepuasan tersendiri dikala Anda sanggup menikmati seduhan kopi dari bervariasi biji kopi yang tumbuh di beraneka belahan...

17.457 pasien RSD Wisma Atlet sembuh dari COVID-19

17.457 pasien RSD Wisma Atlet sembuh dari COVID-19 Jakarta (ANTARA) - Pasien sembuh COVID-19 di Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, hingga...

Tim Swab Hunter sasar tempat nongkrong anak muda di Surabaya

Tim Swab Hunter sasar tempat nongkrong anak muda di Surabaya Surabaya (ANTARA) - Tim Swab Hunter menyasar pelanggar protokol kesehatan khususnya di tempat nongkrong...

Dinas Sosial Lombok Utara salurkan bantuan untuk korban kebakaran

Dinas Sosial Lombok Utara salurkan bantuan untuk korban kebakaran Mataram (ANTARA) - Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara...

Komik "One Piece" dihentikan sementara karena "mangaka" sakit mendadak

Komik "One Piece" dihentikan sementara karena "mangaka" sakit mendadak Oda-sensei saat ini sedang dalam pemulihan, dan manga tersebut akan kembali dalam edisi ke-46 dari...