MENILIK SEJARAH TANAMAN KOPI DI DUNIA

0
94

Bagi Indonesia, kopi merupakan komoditas yang terlampau penting. Kopi udah menjadi sumber penghidupan bagi jutaan petani di Indonesia yang membuahkan kopi yang dinikmati seluruh warga dunia. Dikatakan bahwa kopi terhitung menjadi minuman abad 21 yang sudah menjalankan produktivitas dan kreativitas di Sillicon Valley, AS, pusat inovasi teknologi komunikasi. Tidak semua negara mampu mendapat peluang ini, gara-gara hanya negara penghasil kopi yang bisa menjadi negara potret.

Di sini, kita akan menyaksikan sekilas sejarah dan asal usul kopi dahulu dan menjelajahi lokasi penghasil kopi paling terkemuka di dunia, Kopidunia cobalah berbagi lebih dari satu varian kopi favorit yang kita dapatkan didalam sebagian tahun terakhir.

MENILIK SEJARAH

TANAMAN KOPI DI DUNIA

Sejarah Kopi Memiliki Cerita Panjang


MENILIK SEJARAH 

TANAMAN KOPI DI DUNIA

Sejarah kopi punya cerita panjang, dan mengenai bersama bermacam masa. Saat kopi menyebar dari asalnya Afrika ke Timur Tengah, sesudah itu ke Eropa dan belahan dunia lainnya, kopi berubah dari minuman lebih dari satu orang ke produk konsumsi massal. Sepanjang sejarahnya yang kaya dan beragam, kopi dikaitkan bersama doa, kemewahan, kolonialisme, dan perbudakan. Hal ini sudah merangsang seluruh tingkah laku dan langkah percakapan, memberi daya pada angkatan kerja, dan memengaruhi banyak segi kehidupan manusia.

Perjalanan tak segera kopi – dari Afrika sampai Timur Tengah, melintasi Samudera Hindia sampai Eropa, kemudian ke Amerika Latin dan Amerika Serikat, dan akhir-akhir ini sampai ke Australia dan Asia timur – mencerminkan kegunaannya yang berlainan selama sejarah oleh penduduk yang jauh dan berbeda.

Kopi pertama kali dikonsumsi oleh pemburu dan pejuang; selanjutnya menjadi suatu kemewahan bagi aristokrat, yang lantas menjadi tumpuan borjuis, dan selanjutnya sebagai sebuah kebutuhan bagi banyak pecinta kafein pada akhir abad dua puluhan.

Produksi, pemasaran, dan mengonsumsi kopi udah terlibat secara intim di dalam penciptaan dunia modern, baik dan buruk. Kopi telah menunjang mendorong ekspansi ekonomi dunia modern dan sudah menunjang memberi daya pada angkatan kerja industri. Ini juga memperpanjang penggunaan budak pas jalankan industrialisasi memproses pangan dan memperkaya kerajaan kolonial sambil menaikkan kesadaran dapat praktek perdagangan yang adil.

Kopi dan Umat Islam

Pada pertengahan abad kelima belas, kopi begitu dikaitkan bersama Islam sehingga orang-orang Kristen Koptik di Ethiopia melarangnya. Kendati demikian, senantiasa saja muslim menemukan kopi dan banyak kedai kopi yang muncul untuk menyajikannya amat menarik perhatian. Kondisi ini sangat sesuai dicermati terhadap bulan ramadhan, bulan di mana muslim mesti berpuasa di siang hari. Pada bulan ini kopi dan kedai kopi menciptakan kesibukan publik pada malam hari.

Kopi Sampai Eropa


MENILIK SEJARAH 

TANAMAN KOPI DI DUNIA

Kopi di Eropa di sajikan di di dalam cangkir porselen,yang baru tiba dari China, dan di piring perak buatan Meksiko, dibumbui dengan gula dari Karibia (muslim gunakan kapulaga daripada gula) dan dipadukan bersama tembakau dari Amerika. Alhasil, kopi jadi simbol perbedaan bagi para penguasa ekonomi dunia yang tengah naik daun.

Coffea arabica jadi minuman kelas menengah di Inggris, di mana seorang pedagang Yunani mungkin yang pertama mengakses kedai kopi di Oxford dan lantas di London pada pertengahan 1600-an. Orang-orang Inggris asli jadi costumer kopi Eropa terkemuka hingga teh membayangi di tahun 1700-an.

Kondisi ini tetap bertahan hingga pas ini, dengan keberadaan merk-merk besar perusahaan kopi Barat yang memonopoli pemasaran kopi dunia. Ironisnya, kopi, yang berasal dari Afrika dan mendapat popularitas di Timur Tengah lima ratus th. yang lalu, saat ini muncul di Asia timur sebagai simbol modernitas Barat.
MENILIK SEJARAH

TANAMAN KOPI DI DUNIA.


MENILIK SEJARAH

TANAMAN KOPI DI DUNIA, Berikut 10 Kopi Termahal Di dunia!

1. Finca El Injerto Coffee (Harga: Rp6,75 juta/500 gram)

Kopi ini terlampau mahal karena terbuat dari kacang kecil, dan langka. Biji-bijian dicuci dalam satu saluran dan kemudian dipecahkan dua kali untuk meningkatkan kualitas. Meskipun harganya benar-benar mahal, banyak pecandu kopi di semua dunia masih mencobanya setidaknya sekali.

2. Los Planes Coffee

(harga: Rp540.000/500 gram)

Dibudidayakan oleh keluarga Sergio Ticas Yeyes di sebuah peternakan di El Salvador, Finca, Los Planes juga merupakan kopi yang harus Anda cobalah setidaknya sekali. Pada tahun 2006 dan 2011 terhadap Cup of Excellence, kopi unik ini sukses beroleh area ke-2 dan keenam.
3. Starbucks Quadriginoctuple Frap Coffee (harga: Rp638.550/gelas)
Ini adalah kopi Starbuck termahal yang dulu ditawarkan. Alasan mengapa amat mahal adalah dikarenakan diproduksi hanya didalam jumlah terbatas dan punya banyak bahan beraroma seperti, 48 mocha frappuccino bersama dengan es krim karamel, keping vanila, stroberi, dua pisang, bubuk protein, blues karamel, bubuk matcha, dan rempah labu.

Jika Anda dambakan menikmati kopi yang enak bersama dengan cita rasa dunia dan terhadap pas yang sama merasa bersemangat maka minuman ini adalah pilihan yang pas untuk Anda.

4. Luwak Coffee (Harga: Rp2,16 juta / 500 gram)

Kopi ini terbuat dari Musang di Indonesia. Hewan-hewan ini konsumsi biji kopi dan sepanjang proses pencernaan, mereka difermentasi. Biji kopi sesudah itu disimpan di kotoran mereka dan dari sana mereka dikumpulkan dan diproses. Kopi ini mendapatkan rasa yang unik dan luar biasa dikarenakan enzim yang disekresikan oleh musang ini sepanjang sistem pencernaan mereka. Ini juga mengapa kopi ini disebut kopi luwak.

5. Saint Helena Coffee

(harga: Rp1,06 juta / 500 gram)
Kopi ini ditanam di Pulau St. Helena dan Napoleon Bonaparte sendiri adalah pengagum beratnya. Sejak itu kopi merek ini benar-benar populer. Pulau St. Helena terdapat lebih kurang 1.200 mil jauhnya dari pantai barat Afrika, di pusat Samudera Atlantik. Inilah sebabnya biaya transportasi terlampau tinggi dan ini secara alami juga mempengaruhi label harganya.

Namun, mereka yang mencintai merk ini perlu siap untuk membayar harga tinggi seperti minumannya sebab tawarkan rasa karamel yang indah, memiliki kwalitas tinggi, bersama sentuhan jeruk yang ringan.

6. Jamaica Blue Mountain Coffee (Harga Lebih dari Rp675.000 / 500 gram)

Kopi ini ditanam terhadap ketinggian sekitar 5.000 kaki di pegunungan Blue Jamaika. Daerah ini tetap diguyur hujan deras dan bersama dengan demikianlah miliki pasokan airnya cukup. Setelah biji kopi diambil, mereka diproses langsung, dan lantas dikirim ke daerah lain.
Kopi ini gampang dan tidak sepahit kebanyakan merk lainnya. Sangat tenar di Jepang yang merupakan salah satu pengimpor terbesar kopi ini.

7. Hacienda La Esmeralda Coffee

(Harga: Rp4,72 juta / 500 gram)

Hacienda La Esmeralda udah jadi pemenang banyak penghargaan daerah pertama dalam bermacam kompetisi kopi dalam sebagian th. terakhir. Itu ditanam di Panama di segi gunung. Baru di bawah naungan pohon jambu biji. Kopi ini terlalu kaya rasa dan memiliki rasa yang luar biasa dan semua penggemar kopi mesti mencobanya setidaknya sekali didalam hidup mereka untuk nikmati pengalaman yang tidak pernah terlupakan.

8. Fazenda Santa Ines Coffee

(Harga: Rp675.000/500 gram)

Alasan mengapa kopi ini sangat berbeda dan harganya mahal adalah sebab menawarkan rasa manis dan buah. Kopi ini tumbuh di Brasil dekat bersama Pegunungan Mantiquera. Dan, itu telah diproduksi sepanjang lebih dari seratus tahun. Banyak orang di seluruh dunia idamkan kopi unik ini dan mereka tertarik karena bahan-bahannya termasuk buah-buahan yang lezat di dalamnya.

9. Black Ivory Coffee

(Harga: lebih dari Rp6,75 juta/ 500 gram)

The Black Ivory Coffee Company yang berasal dari Thailand, memicu kopi ini manfaatkan biji Arabika. Cukup seperti kopi luwak, ini dibikin oleh gajah yang memakan kacang Arabika. Asam lambung gajah memecah protein kacang dan tawarkan rasa yang kaya untuk minuman.
Kopi ini benar-benar mahal dan langka karena hanya sejumlah kecil biji kopi yang tersedia di dalam satu waktu. Jika Anda menghendaki mencoba kopi yang unik namun lezat ini, setidaknya sekali, Anda wajib siap untuk membayar Rp675.000 per gelas.

10. Hawaiian Kona Coffee

(Harga: Rp459.000/500 gram)

Kopi ini menawarkan rasa yang unik dan luar biasa. Ini dianggap sebagai salah satu kopi termahal di dunia, dikarenakan biji yang amat langka sudah digunakan untuk membuat variasi rasa kopi ini.
Selain itu, kopi ini juga kekurangan pasokan dan inilah mengapa sebagian besar penjual menawarkan campuran yang hanya mencakup 10% kopi Kona dan 90% dari lebih dari satu varietas murah. Jika Anda ingin menikmati rasa kopi Hawaii asli, maka Anda kudu meyakinkan belanja kopi Kona 100%.

Sekarang kamu udah jelas
MENILIK SEJARAH

TANAMAN KOPI DI DUNIA. Nah, kamu paling senang kopi dari mana, nih?

Sumber :

forbes.com, aklcofee.com, ahlikopilampung.com, merdeka.com, Tirto.id, Wikipedia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.