URUTAN SEJARAH KOPI DI DUNIA

0
89

Pembaca Sekalian, anda suka minum kopi? Sudah tahu jenis-jenis biji kopi yang populer di dunia? Kalau anda pencinta kopi, yuk cari mengerti kopi yang kamu minum itu terbuat dari biji apa. Salah satu tipe biji kopi yang populer berasal dari Indonesia, loh!

Di sini, kita bakal menyaksikan sekilas peristiwa dan asal usul kopi dahulu dan menjelajahi wilayah penghasil kopi paling terkemuka di dunia, Kopidunia coba sharing lebih dari satu varian kopi favorit yang kami dapatkan di dalam sebagian tahun terakhir.

URUTAN SEJARAH

KOPI DI DUNIA

Sejarah Kopi Memiliki Cerita Panjang

Asal-usul kopi setidaknya bisa ditelusuri kembali pada abad ke 10. Kopi Arabika (Coffea Arabica), ini jadi type kopi yang dominan berasal dari hutan dataran tinggi Ethiopia Barat Daya dan Pegunungan Yaman. Di sana, tanaman kopi tumbuh dengan tinggi 30-39 kaki yang berada di alam liar. Tampak setiap pohonnya bunga-bunga putih layaknya melati dan ceri berwarna merah hingga ungu yang berisi biji-bijian.



URUTAN SEJARAH 

KOPI DI DUNIA” width=”944″ height=”625″ />

Jika menilik ke belakang mengenai bagaimana kopi ditemukan, ada sebuah legenda yang menceritakan berkenaan awal dari histori kopi. Konon, dulu hiduplah seorang penggembala kambing di Ethiopia bernama Kaldi.

Awalnya, ia jelas bahwa kambing-kambingnya jadi sangat energik dan tidak tidur di malam hari. Hal selanjutnya berlangsung sesudah hewan gembalanya memakan semacam buah beri berwarna merah dari suatu pohon.

Mengetahui perihal itu, Kaldi lantas melaporkannya kepada biarawan. Mendengar temuan Kaldi, biarawan berikut pun tertarik untuk untuk coba buah beri yang dikonsumsi para kambing. Dan ternyata benar, ia dapat terjaga sepanjang malam untuk berdoa.

Karena cita rasa pahit yang dihasilkannya, biarawan itu merasa mengolahnya menjadi sebuah minuman bersama dengan memanggang dan menyeduh buah beri tersebut. Kalau anda dulu mendengar minum kopi sanggup mengusir kantuk dan meningkatkan tenaga, kemungkinan awal mulanya adalah dari cerita si Kaldi ini.

Dari Afrika Sampai Eropa

Menurut beraneka literatur disebutkan bahwa tanaman kopi atau coffee berasal sebuah tempat di Afrika yang bernama Abyssinia yang selagi ini mencakup wilayah negara Ethiopia dan Eritrea. Di pertengahan abad ke-15, biji coffee mulai diekspor dari Ethiopia ke Kota Mocha, Yaman.

Saat biji beri ini didatangkan ke Venesia terhadap tahun 1615, para rohaniawan setempat kompak menolak, lebih-lebih hingga mengutuknya. Saking besarnya kontroversi yang muncul, Paus Klemens VIII pun diminta untuk campur tangan mengatasi kasus ini.

Meskipun begitu, keberadaan coffee shop makin menjamur dan jadi pusat kegiatan sosial dan juga pusat komunikasi di kota-kota besar di Inggris, Austria, Perancis, Jerman, dan Belanda. Minuman bercita rasa pahit ini lantas mulai menukar minuman yang biasa dikonsumsi waktu sarapan, yang pada selagi itu mereka biasa minum bir atau wine.

Di akhir th. 1800-an, kopi telah jadi komoditas yang mendunia dan para pebisnis terasa melacak cara-cara baru untuk memperoleh keuntungan dari minuman yang sedang terkenal terhadap waktu itu. Kemudian di tahun 1864, John dan Charles Arbuckle membeli coffee bean roaster dari Jabez Burns. Mereka lantas menamai product mereka bersama dengan nama “Ariosa” dan menjualnya lagi kepada para koboi di Amerika Barat.

10 Kopi Termahal di Dunia

URUTAN SEJARAH

KOPI DI DUNIA. Kita semua mempunyai cii-ciri tidak baik pilihan kita. Tampaknya selalu jadi kasus juga, bahwa seluruh pembawaan tidak baik ini lebih manis disaat mereka mengambil alih potongan besar dari gaji kita. Jika kopi memiliki kualitas adalah cara yang Anda sukai untuk membuat sembuh diri sendiri, pertimbangkan daftar kopi termahal dan paling sulit ditemukan di dunia ini. Membeli makanan berkafein langka ini bakal kurangi anggaran Anda untuk bulan ini, dan barangkali perlu waktu berjam-jam untuk sumbernya, tetapi jika Anda beranggap meminum gaji Anda sebagai bagian paling baik dari bangun tidur, kami menjamin Anda akan beroleh nilai duwit Anda .

HACIENDA EL ROBLE

kopi mahal dunia

Harga Sekitar IDR 2,900,000/Kg

Kopi ini cuma ada di dalam pasokan tahunan terkecil – hanya 22 kg per tahun. Asal-usulnya diselimuti misteri; pohon-pohon kopi awalannya dibeli oleh pemilik bersama keyakinan bahwa mereka adalah varietas Geisha yang berharga, hanya untuk mengetahui bahwa mereka adalah sesuatu yang serupa sekali tidak diketahui. Tidak yakin apa yang bakal mereka hasilkan, ia menamai pohon-pohon itu dengan tanah pertanian tempat mereka tumbuh dan legenda HR61 lahir. Namun, pada akhir musim, dia tahu ada sesuatu yang istimewa di tangannya.

Ditumbuhkan di sebuah pertanian di Kolombia selatan yang diawasi oleh pakar agronomi penuh selagi dari pohon-pohon yang dipelihara oleh kompos ayam organik, kopi diolah bersama dengan teliti bersama langkah pembuatan pulp, pengeringan matahari, dan fermentasi terkontrol. Satu-satunya cara untuk membuatnya dipanggang adalah dari pemanggang di Melbourne, Australia, yang dikenal sebagai Proud Mary , yang menyimpan tutup rapat pada seluruh informasi mengenai aroma, rasa, dan tubuh. Salah satu pencicip istimewa melaporkan catatan mangga, persik, dan krim, beraksen oleh tubuh besar, krem dan membantah oleh aroma bunga yang lembut.

OSPINA DYNASTY GRAN CAFE PREMIER GRAND CRU



URUTAN SEJARAH 

KOPI DI DUNIA

Harga lebih kurang IDR 4,350,000/kg

Didirikan terhadap tahun 1835 oleh sepasang saudara lelaki yang melarikan diri dari penjara, pertanian Ospina tumbuh menjadi operasi penanaman kopi komersial berskala besar pertama. (Ada desas-desus bahwa pelopor merek kondang Juan Valdez – Laki-laki bertopi bersama burroya di samping kaleng kopi House Colombia – adalah ide dari bagian keluarga Ospina.)
Akhirnya, keluarga kolektif yang menjalankannya berkunjung untuk memasukkan tiga presiden Kolombia dan produk mereka jadi salah satu piala yang paling miliki nilai di seluruh dunia.
Tumbuh secara eksklusif di ketinggian 7.500 kaki atau lebih tinggi di dataran tinggi vulkanik di provinsi Antioquia Kolombia, perusahaan Gran Cafe Premier Grand Cru menawarkan aroma gila dengan sedikit aprikot, seduhan balanced body sedikit velvet, dan rasa cokelat-almond yang entah bagaimana rasanya sempurna memfinishing renyah di langit-langit mulut.

HACIENDA LA ESMERALDA

Harga kurang lebih IDR 10,150,000/kg
Ada lebih dari satu cara untuk memperoleh kopi yang rasanya luar biasa dan harganya mahal. Hacienda La Esmeralda, tumbuh di lokasi Boquete Panama, barangkali merupakan kopi yang paling dianugerahi penghargaan di dunia.
Bersumber hanya dari pohon kopi pusaka dari varietas Geisha, pohon yang tumbuh secara eksklusif pada ketinggian 1500 mtr. di atas permukaan laut, sebab harganya yang tinggi bermula dari pasokan yang minim (yang mengarah pada penjatahan sebagian tahun), musim tanam yang pendek, dan biaya tenaga kerja yang tinggi, belum lagi rasanya yang tak tertandingi. Kopi ini memiliki citarasa kopi yang purebred lightness dan intensitas rasa yang sangat mengarah ke jeruk, memadai kuat layaknya kue lemon.

KOPI LUWAK

kopi luwak dunia
shutterstock

Harga lebih kurang IDR 15,000,000/kg
Salah satu kopi bersama tiket besar paling populer di dunia (mungkin terkenal) adalah Kopi Luwak , kopi Indonesia yang diroasting sesudah dimakan, dicerna, dan dihancurkan oleh musang, yang dikenal bersama nama umumnya, the civet cat.

Rupanya, hewan-hewan bermata cerah dan bermata pohon ini khususnya hanya memakan buah kopi yang paling manis dan segar. Setelah dicerna, ceri kopi mengalami sistem fermentasi paling alami didalam saluran pencernaan luwak, membuahkan karakteristik rasa yang tidak serupa yang tidak mampu direproduksi bersama dengan cara lain.
Setelah musang menghilangkan biji, dibersihkan, disangrai, dan diseduh. Buah prem, teh, dan mawar adalah aroma yang paling menonjol.

Perlu dicatat bahwa produksi komersial Kopi Luwak dikaitkan bersama perlakuan tidak manusiawi terhadap luwak. Padahal memang banyak lembaga di indonesia yang ikut mendampingi dalam usaha mengembangbiakkan binatang luwak lebih baik lagi. Di mana para petani luwak diberikan sertifikasi sekiranya sudah mencukupi syarat perawatan.

BLACK IVORY

Harga lebih kurang IDR 43,500,000/kg
Nama itu terdengar keren, layaknya misterius, namun anda jangan salah bahwa memang itu merujuk terhadap kotoran gajah. (Ada apa bersama dengan kopi yang diproses melalui kotoran?) Diproduksi lewat sistem yang mirip bersama Kopi Luwak, Black Ivory dimulai bersama dengan biji kopi Arabika yang dikonsumsi oleh gajah di Thailand utara. Sebagai herbivora, gajah membawa enzim spesifik dan sementara pencernaan ekstra lambat untuk proses yang membuahkan rasa mellow yang unik dan halus dalam product akhir. Dengan kata lain, tidak semua kopi kotoran dibikin sama.
Harga Black Ivory yang terlampau tinggi disebabkan oleh kesusahan di dalam mengekstraksi biji utuh – gajah punya kebiasaan mengunyah sebagian besar makanan, dan juga menyimpannya di area yang sulit ditemukan.

thejournal.ie

Kopi ini diproduksi bekerja serupa dengan instansi dukungan gajah, yang menyelamatkan gajah dari penyalahgunaan industri pariwisata, dan kandungan penjualan kopi digunakan untuk mendanai perawatan kesegaran gajah. Hal selanjutnya yang membawa dampak mahalnya kopi ini sebab biaya perawatan perlindungan hewan yang bekerjasama dengan lembaga.

6. Mocha Java Coffee

TMMOCHA

Mocha Java adalah kopi yang merupakan percampuran pada Arabian (Yemen) Mocha dan kopi Java Arabica Indonesia. Kopi ini disebut sebagai kopi campuran tertua di dunia, memadukan dua kopi premium bersama karakteristik yang saling melengkapi. Di Indonesia sendiri, kopi ini tumbuh di daerah perbukitan lereng Menoreh. Mocha Java terdiri dari dua jenis, yaitu Mocha java Single dan Mocha Java Double bersama proses memproduksi yang berbeda.

7. Ethiopian Harrar Coffee

Ethiopian Harrar memilik rasa pedas dan aroma yang harum. Salah satu kopi terbaik di dunia ini tumbuh di alam liar yang eksotis dan diproses secara alami. Ethiopian Harrar ditanam di lahan pertanian kecil di lokasi Oromia, Ethiopia Selatan, pada ketinggian pada 4.500 dan 6.300 kaki. Kopi harrar dikenal memiliki rasa keasaman wine dan buah dengan aroma harum blackberry. Saat dinikmati, kopi ini dapat meninggalkan rasa yang tajam di lidah dan bibir.

8. Jamaica Blue Mountain Coffee

alibaba

Tumbuh di distrik Jamaica’s Blue Mountain, kopi ini kerap dilukiskan sebagai kopi terenak di dunia yang mempunyai rasa sempurna. Jamaica blue mountain adalah kopi gampang dengan rasa manis yang lembut dan punya aroma coklat. Kopi ini mempunyai tingkat keasaman yang fresh, tanpa rasa pahit sedikit pun. Biji kopi Jamaica Blue Mountain tumbuh pada ketinggian antara 3.000 – 5.500 mtr. di atas permukaan laut. Kebanyakan dari biji kopi jamaica blue mountain adalah biji utuh dalam satu buah kopi.

9. Kenya AA Coffee

Kopi Kenya AA ditanam pada ketinggian lebih dari 6.600 meter di atas permukaan air laut, tepatnya di dataran tinggi Kenya. Dataran tinggi Kenya membuahkan biji kopi bersama rasa kuat dan tingkat keasaman yang menyegarkan. Kopi Kenya AA punyai perpaduan aroma bunga dan wine. Kopi ini disebut sebagai salah satu kopi favorit di berbagai restoran dunia. Setelah ditelan, kopi ini akan meninggalkan rasa jeruk dan berry yang segar di lidah.

10. Guatemala Antigua Coffee

Kopi Guatemala Antigua tumbuh di dataran dengan ketinggian lebih dari 4.600 meter di atas permukaan laut. Kelas dari biji kopi guatemala antigua yang dikenal sebagai Strictly Hard Bean dan juga dalam varietas kopi Arabica Catuai, Arabica Caturra, dan Arabica Bourbon. Antigua perlihatkan kualitas kopi Guatemala khas bersama dengan rasa pedas dan tekstur yang lembut.
Kopi ini adalah kopi premium luar biasa di mana waktu anda menyeduhnya, bakal membuahkan aroma yang menenangkan.

Nah, itu tadi

URUTAN SEJARAH

KOPI DI DUNIA. Kalau dicermati, salah satu tipe kopi dalam daftar tidak harus melancong jauh-jauh untuk mencicipinya. Yup, kopi luwak! Kopi asli kebanggaan dari Indonesia.
Namun, kalau diberi kesempatan mencicipi kopi-kopi tersebut, kalian memilih yang mana?

Sumber :

Dari Berbagai Sumber

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.