Beranda Coffee MACAM PENGHASIL KOPI TERKENAL DI DUNIA

MACAM PENGHASIL KOPI TERKENAL DI DUNIA

Bicara soal kopi, minuman kafein ini jadi salah satu sumber gagasan banyak orang. Seolah-olah kopi punyai kekuatan magis yang membawa dampak kami jadi lebih tenang, santai, dan penuh ide. Gak heran kalau kopi bisa mengakibatkan orang kecanduan, anda kah salah satunya?

Sebelum kita menelusuri aneka kopi di dunia, ada baiknya kita mundur lagi ke belakang perihal bagaimana histori kopi dimulai. Ada sebuah perjalanan panjang yang layak kami ketahui, Jauh dari sekitar 3000 th. yang lalu.

MACAM

PENGHASIL KOPI TERKENAL DI DUNIA

Asal Usul Kopi Sebagai Minuman

MACAM

PENGHASIL KOPI TERKENAL DI DUNIA

Saat itu, seorang pengembala kambing di Provinsi Kaffa terkejut lihat bahwa kambingnya tidak tidur di malam hari. Merasa bingung bersama dengan apa yang terjadi, ia pun pergi ke biara terdekat untuk menanyakan persoalan ini kepada para biarawan.
Dari sinilah diketahui bahwa kambing-kambing tersebut menyukai buah-buahan layaknya ceri yang pas itu terlihat aneh bagi mereka.

Tanaman inilah yang akhirnya populer bersama dengan sebutan kopi. Didorong oleh keingintahuan ilmiah, para biarawan membuat minuman dari buah tersebut. Setelah meminumnya, mereka mulai miliki daya yang penuh. Saat ini, dataran tinggi Ethiopia dianggap sebagai tempat kelahiran kopi. Ethiopia mengekspor biji kopi melintasi Laut Merah ke Arabia, di mana kopi pertama kali ditanam pada pertengahan abad XV di Yaman. Pada abad XVI , berkat perluasan Kekaisaran Ottoman, kopi menjadi dikenal di beberapa kecil Asia, Syria, Mesir, dan Eropa Selatan. Kopi tidak hanya dinikmati di rumah, tetapi juga di banyak kedai kopi. Popularitas kedai kopi pun menjadi tak tertandingi, dan orang-orang kerap datang ke kedai kopi untuk seluruh jenis kegiatan sosial.

Kedai kopi pun bersama cepat jadi daerah penting untuk pertukaran informasi yang sering disebut sebagai “schools of the wise” yang bermakna sekolah kebijakan.
Dengan ribuan peziarah datang ke kota suci Mekkah tiap-tiap th. dari seluruh dunia, pengetahuan perihal kopi mulai menyebar. Orang Arab menyebut minuman ini “qahwah” yang berarti “anggur”.

Sementara itu, orang Turki menyebutnya “kahweh”. Dunia Arab benar-benar merawat tanaman kopi dan buah-buahan yang mereka anggap berharga.
Oleh dikarenakan itu, mereka pun mencegah ekspor kopi dan buah-buahan tersebut. Sampai abad XVII, perdagangan kopi cuma berada di tangan orang-orang Arab. Namun, sekelompok pedagang Belanda sukses menyelundupkan biji kopi ke Eropa.
Orang-orang Eropa menanam kopi di rumah kaca dan kebun anggur, sebelum akan para kolonial semenjak,sedari menanamnya di Pulau Jawa, Kolombia, dan Kenya.

Dengan banyaknya peminat minuman kopi di belahan didunia, maka banyak negara yang menjadikan kopi sebagai salah satu komoditi ekspor mereka. Dari negara-negara pengekspor kopi tersebut, terdapat lebih dari satu negara yang tenar dengan kualitas kopi terbaik di dunia. Berikut ini negara-negara penghasil kopi bersama kualitas yang sangat baik di bumi ini.

Baca Juga :  Libur panjang bawa berkah, omzet pedagang di Pelabuhan Merak melonjak

Indonesia

Salah satu penghasil kopi bersama kualitas baik di dunia adalah Negara Indonesia. Indonesia merupakan sebuah negara yang terletak di kawasan Asia Tenggara. Secara astronomi, Indonesia terletak pada 60 LU-110LS dan 950BT-1410BT. Berdasarkan letak astronomis tersebut, maka Negara Indonesia termasuk didalam kawasan yang punyai iklim tropis. Indonesia disebut sebagai negara kepulauan. Hal ini disebabkan karena lokasi negara ini terdiri dari banyak pulau-pulau. Selain perihal tersebut, Indonesia juga dikenal sebagai sebuah negara yang mempunyai keindahan alam yang terlalu menakjubkan.
Indonesia merupakan salah satu negara yang kondang bersama dengan mutu kopi yang amat baik. Kopi-kopi dari negara ini banyak diminati oleh penduduk di negara lain. Maka tidak mengherankan, kalau kopi jadi salah satu komoditi ekspor negara kepulauan ini. Salah satu model kopi nikmat yang terkenal dari Indonesia adalah kopi luwak. Kopi luwak merupakan salah satu jenis minuman kopi yang terkenal dari negara ini. Kopi ini dibuat dari biji kopi yang terdapat didalam kotoran luwak. Biji kopi ini yang diolah jadi minuman kopi yang terlalu nikmat. Jenis kopi ini jadi salah satu unggulan dari Negara Republik Indonesia. Selain kopi luwak, Negara Indonesia juga mengekspor jenis kopi robusta dan arabika.

Baca Juga :  MARI MEMBACA KOPI TERKUAT DI DUNIA

Brasil

Selain Indonesia, negara penghasil kopi paling baik di dunia adalah Brasil. Brasil merupakan suatu negara yang terdapat di benua Amerika. Negara ini punya lokasi yang terlampau luas, yakni sekitar 8.511.965 km2. Dengan luas lokasi tersebut, maka Brasil jadi negara yang memiliki wilayah terluas di Amerika Selatan. Selain itu, negara Brasil merupakan salah satu negara yang mempunyai iklim tropis. Hal ini bisa terjadi, karena Brasil di lewati oleh garis khatulistiwa. Dengan iklim tropis tersebut, maka di negara ini banyak tumbuh tipe tanaman tanaman perdu. Salah satu tanaman perdu yang bisa tumbuh di negara ini adalah tanaman kopi.
Kopi merupakan salah satu hasil perkebunan dari negara yang terletak di benua Amerika Selatan ini. Kopi asal Brasil terhitung didalam style kopi bersama mutu paling baik di dunia. Salah satu jenis kopi yang populer dari Brasil adalah tipe kopi arabika. Kopi arabaika asal brasil kondang bersama kuliatasnya yang terlalu bagus, sehingga banyak di sukai oleh masyarakat dari beragam negara di bumi ini, tidak cuman itu, Brasil juga tenar sebagai salah satu penghasil kopi terbesar di dunia.

Baca Juga :  Banjir bandang landa kawasan Gunung Ijen Bondowoso

Kolumbia

MACAM

PENGHASIL KOPI TERKENAL DI DUNIA

Kolombia merupakan sebuah negara yang terdapat di kawasan Benua Amerika. Secara astronomis, Negara Kolombia terletak pada 4035’LU dan 7404’BT. Kolombia ini memiliki wilayah hutan yang terlampau lebat. Hutan yang terkandung di negara ini punyai luas kira-kira 72% dari total luas lokasi negara Kolombia. Jadi sanggup dikatakan, lebih dari satu besar wilayah Kolumbia adalah hutan.
Negara Kolombia juga di dalam negara yang terletak di benua Amerika yang punyai iklim tropis. Negara ini mempunyai dua musim yang sama dengan indonesia, yakni penghujan dan kemarau. Musim penghujan berjalan pada bulan Maret sampai dengan bulan Juni, tetapi musim kering atau kemarau berlangsung terhadap bulan Desember hingga Maret dan Bulan Juli sampai bulan Agustus.
Negara kolombia ini kondang sebagai negara penghasil kopi yang berkualitas, kopi asal Kolombia punya citarasa yang sangat khas dan tidak serupa dari kopi negara lain. Maka tidak mengherankan, kalau kopi asal negara ini banyak disukai oleh penduduk dari beragam negara.

Peru


Negara bersama dengan mutu kopi yang enak seterusnya adalah Peru. Negara Peru merupakan sebuah negara yang tetap juga didalam Benua Amerika. Negara ini berbatasan langsung dengan Negara Brasil dan Bolivia disebelah timur, Kolombia dan Ekuador di batas Sebelah utara, Chili di sebelah selatan dan Samudra Pasifik di batas sebelah barat.
Peru ini juga terkenal sebagai sebuah negara penghasil kopi yang tergolong besar. Negara ini terkenal bersama mengolah biji kopi yang penanamannya meggunakan langkah organik. Dengan cara menanam kopi yang organik ini, sebabkan kualitas biji kopi negara Peru terlalu istimewa. Dengan demikian, maka product minuman kopi dari biji kopi paling baik Negara Peru banyak digemari oleh para penikmat minum berkafein ini.

Baca Juga :  UPDATE TERBARUKOPI PALING TERPOPULER DI DUNIA

Vietnam

Vietnam merupakan negara yang terdapat di kawasan Benua Asia Tenggara, Negara ini merupakan tetangga dari Negara Republik Indonesia. Vietnam ini juga populer sebagai salah satu negara penghasil kopi yang berkualitas. Negara vietnam ini merupakan suatu negara yang beriklim sama seperti Indonesia, yakni tropis. Dengan iklim tropis tersebut, maka di Negara ini juga banyak tumbuh tanaman kopi.

Awalnya, kopi mulai dikenal oleh penduduk Vietnam terhadap jaman penjajahan Prancis, yaitu sekitar th. 1857. Negara Perancis selanjutnya yang memperkenalkan kopi terhadap masyarakat vietnam, sejak selagi itu, negara vietnam mulai membudidayakan tanaman kopi. Saat ini , negara vietnam termasuk dalam negara pengekspor kopi terbesar di dunia.

Baca Juga :  MENGETAHUI NEGARA PENGHASIL KOPI DI DUNIA

Kosta Rika

MACAM

PENGHASIL KOPI TERKENAL DI DUNIA

Negara yang tenar sebagai penghasil kopi terbaik di dunia setelah itu yaitu Kosta Rika. Kosta Rika ini merupakan sebuah negara yang terletak di Benua Amerika bagian tengah. Negara ini memiliki luas wilayah lebih kurang 51.100 km2 atau seukuran bersama luas Pulau Maluku. Kosta Rika sendiri merupakan salah satu pengekspor kopi di dunia. Kopi asal negara ini memiliki mutu yang bagus.
Pada mulanya, Kosta Rika bukan merupakan negara pengekspor kopi. Mereka hanya mengolah biji kopi asal Negara Ethiopia. Akan tetapi, pemerintah Kosta Rika memicu penawaran kepada para petani untuk menanam kopi. Alhasil banyak petani yang menyambut baik inspirasi pemerintah tersebut. Alhasil, pas ini Kosta Rika menjadikan kopi sebagai komoditi ekspor utama mereka tak hanya gula.

Honduras

Honduras merupakan salah satu negara yang penghasil kopi terbaik di dunia. Honduras adalah sebuah negara yang terletak di kawasan Amerika Tengah. Negara ini merupakan salah satu negara yang mengandalkan sektor pertanian untuk komoditi ekspornya. Salah satu hasil pertanian yang jadi komoditi ekspor negara honduras adalah biji kopi. Kopi dari negara ini memiliki kulitas yang bagus dengan rasa yang nikmat.

Meksiko

Negara penghasil kopi terbaik di dunia selanjutnya masih dari Benua Amerika. Negara berikut adalah Meksiko. Meksiko merupakan sebuah negara yang terdapat di Benua Amerika anggota tengah. Negara ini merupakan salah satu negara penghasil kopi di Benua Amerika. Salah satu tipe kopi yang dihasilkan oleh negara ini adalah kopi arabika. Kopi arabika merupakan salah satu komodoti ekspor andalan negara ini.

Ethiopia

By Oscar Espinosa

Ethiopia merupakan sebuah negara di kawasan Afrika Timur yang populer sebagai tempat lahirnya kopi. Banyak masyarakat Ethiopia yang nikmati kopi pada kesehariaannya. Setengah dari hasil kopi Ethiopia di ekspor dan setengahnya lagi di konsumsi oleh masyarakat negara tersebut. Kopi asal negara Afrika Timur ini merupakan salah satu kopi paling baik di dunia punya citarasa yang khas, supaya banyak digemari oleh para penikmat kopi.

Mirip bersama dengan wine yang miliki banyak variasi rasa dan kelas, kopi juga miliki rasa dan kastanya masing-masing. Banyak sekali type kopi yang ada di dunia, namun sayangnya nggak semua orang jelas kopi mana yang miliki mutu baik bersama dengan rasa yang lezat. Untuk kamu para penikmat kopi, selamat mencoba kopi jelajah dunia di atas.

Baca Juga :  DI MANA SAJA KOPI YANG TERKENAL DI DUNIA

Sumber :

kopidi.com, wikipedia, davidsbeenhere.com, coffeereview.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Must Read

Kontak tembak KKSB-TNI di Hipadipa satu prajurit meninggal

Kontak tembak KKSB-TNI di Hipadipa satu prajurit meninggal Jayapura (ANTARA) - Kontak tembak antara TNI dengan kelompok kriminal sipil bersenjata (KKSB) di sekitar Koramil...

Hakim Agung AS wafat, ratusan orang beri penghormatan terakhir

Hakim Agung AS wafat, ratusan orang beri penghormatan terakhir RBG menginspirasi banyak perempuan muda untuk mengejar mimpi mereka dan berfokus pada hal yang dinilai tak...

Manfaatkan akhir pekan Ini untuk memperpanjang SIM di Jakarta

Manfaatkan akhir pekan Ini untuk memperpanjang SIM di Jakarta Jakarta (ANTARA) - Libur di akhir pekan ini dapat dimanfaatkan untuk perpanjangan masa berlaku Surat...

Nostalgia "Filosofi Kopi" lewat konser daring "Wave of Cinema"

Nostalgia "Filosofi Kopi" lewat konser daring "Wave of Cinema" Jakarta (ANTARA) - Bioskop Online dan Visinema Musik bekerja sama menghadirkan pengalaman nonton pertunjukan musik...

Pertamina tingkatkan kapasitas produksi petani kopi Bener Meriah

Pertamina tingkatkan kapasitas produksi petani kopi Bener Meriah Aceh Besar (ANTARA) - PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) I meningkatkan kapasitas petani kopi...