MENILIK PERMINTAAN KOPI DUNIA

Bicara soal kopi, minuman kafein ini jadi salah satu sumber ide banyak orang. Seolah-olah kopi punya kebolehan magis yang mengakibatkan kita menjadi lebih tenang, santai, dan penuh ide. Gak heran kalau kopi mampu sebabkan orang kecanduan, anda kah salah satunya?

Sebelum kita menelusuri aneka kopi di dunia, ada baiknya kita mundur lagi ke belakang mengenai bagaimana peristiwa kopi dimulai. Ada sebuah perjalanan panjang yang layak kami ketahui, Jauh dari sekitar 3000 tahun yang lalu.

MENILIK PERMINTAAN KOPI DUNIA

Asal Usul Kopi Sebagai Minuman


MENILIK PERMINTAAN KOPI DUNIA

Sejarah kopi memiliki cerita panjang, dan mengenai dengan bermacam masa. Saat kopi menyebar dari asalnya Afrika ke Timur Tengah, lantas ke Eropa dan belahan dunia lainnya, kopi beralih dari minuman lebih dari satu orang ke produk konsumsi massal. Sepanjang sejarahnya yang kaya dan beragam, kopi dikaitkan bersama dengan doa, kemewahan, kolonialisme, dan perbudakan. Hal ini telah merangsang semua tabiat dan cara percakapan, memberi daya pada angkatan kerja, dan merubah banyak segi kehidupan manusia.

Perjalanan tak segera kopi – dari Afrika hingga Timur Tengah, melintasi Samudera Hindia sampai Eropa, lantas ke Amerika Latin dan Amerika Serikat, dan akhir-akhir ini sampai ke Australia dan Asia timur – mencerminkan kegunaannya yang tidak serupa selama peristiwa oleh masyarakat yang jauh dan berbeda.

Kopi pertama kali dikonsumsi oleh pemburu dan pejuang; lalu menjadi suatu kemewahan bagi aristokrat, yang kemudian menjadi tumpuan orang-orang kaya, dan kelanjutannya sebagai sebuah keperluan bagi banyak penggemar kafein terhadap akhir abad ke-20.

Produksi, pemasaran, dan mengonsumsi kopi udah terlibat secara intim di dalam penciptaan dunia modern, baik dan buruk. Kopi sudah mendukung mendorong ekspansi ekonomi dunia modern dan udah menunjang memberi kekuatan pada angkatan kerja industri. Ini juga memperpanjang pemanfaatan budak waktu jalankan industrialisasi mengolah pangan dan memperkaya kerajaan kolonial sambil meningkatkan kesadaran bakal praktik perdagangan yang adil.

Kopi dan Umat Islam

Pada pertengahan abad kelima belas, kopi begitu dikaitkan dengan Islam supaya orang-orang Kristen Koptik di Ethiopia melarangnya. Kendati demikian, selalu saja muslim mendapatkan kopi dan banyak kedai kopi yang terlihat untuk menyajikannya terlampau menarik perhatian. Kondisi ini benar-benar sesuai diamati terhadap bulan ramadhan, bulan di mana muslim harus berpuasa di siang hari. Pada bulan ini kopi dan kedai kopi menciptakan kesibukan publik pada malam hari.

Kopi Sampai Eropa


MENILIK PERMINTAAN KOPI DUNIA

Kopi di Eropa dihidangkan di didalam cangkir porselen,yang baru tiba dari China, dan di piring perak buatan Meksiko, dibumbui dengan gula dari Karibia (muslim mengfungsikan kapulaga daripada gula) dan dipadukan bersama dengan tembakau dari Amerika. Alhasil, kopi menjadi lambang perbedaan bagi para penguasa ekonomi dunia yang sedang naik daun.

Baca Juga :  MELIHATJENIS BIJI KOPI DI DUNIA

Coffea arabica menjadi minuman kelas menengah di Inggris, di mana seorang pedagang Yunani bisa saja yang pertama membuka kedai kopi di Oxford dan lantas di London pada pertengahan 1600-an. Orang-orang Inggris asli jadi konsumen kopi Eropa terkemuka hingga teh membayangi di th. 1700-an.

Kondisi ini tetap bertahan sampai sementara ini, bersama keberadaan merk-merk besar perusahaan kopi Barat yang memonopoli pemasaran kopi dunia. Ironisnya, kopi, yang berasal dari Afrika dan mendapat popularitas di Timur Tengah lima ratus th. yang lalu, sekarang terlihat di Asia timur sebagai simbol modernitas Barat.
MENILIK PERMINTAAN KOPI DUNIA.

Dengan banyaknya peminat minuman kopi di belahan didunia, maka banyak negara yang menjadikan kopi sebagai salah satu komoditi ekspor mereka. Dari negara-negara pengekspor kopi tersebut, terkandung beberapa negara yang tenar dengan kualitas kopi terbaik di dunia. Berikut ini negara-negara penghasil kopi bersama dengan mutu yang terlampau baik di bumi ini.

Indonesia

Salah satu penghasil kopi dengan mutu baik di dunia adalah Negara Indonesia. Indonesia merupakan sebuah negara yang terdapat di kawasan Asia Tenggara. Secara astronomi, Indonesia terdapat pada 60 LU-110LS dan 950BT-1410BT. Berdasarkan letak astronomis tersebut, maka Negara Indonesia termasuk di dalam kawasan yang memiliki iklim tropis. Indonesia disebut sebagai negara kepulauan. Hal ini disebabkan sebab lokasi negara ini terdiri dari banyak pulau-pulau. Selain perihal tersebut, Indonesia juga dikenal sebagai sebuah negara yang punya keindahan alam yang amat menakjubkan.
Indonesia merupakan salah satu negara yang kondang bersama mutu kopi yang sangat baik. Kopi-kopi dari negara ini banyak diminati oleh penduduk di negara lain. Maka tidak mengherankan, jika kopi menjadi salah satu komoditi ekspor negara kepulauan ini. Salah satu model kopi nikmat yang terkenal dari Indonesia adalah kopi luwak. Kopi luwak merupakan salah satu tipe minuman kopi yang terkenal dari negara ini. Kopi ini dibuat dari biji kopi yang terkandung didalam kotoran luwak. Biji kopi ini yang diolah jadi minuman kopi yang amat nikmat. Jenis kopi ini menjadi salah satu unggulan dari Negara Republik Indonesia. Selain kopi luwak, Negara Indonesia juga mengekspor type kopi robusta dan arabika.

Brasil

Selain Indonesia, negara penghasil kopi paling baik di dunia adalah Brasil. Brasil merupakan suatu negara yang terletak di benua Amerika. Negara ini punyai lokasi yang sangat luas, yakni sekitar 8.511.965 km2. Dengan luas lokasi tersebut, maka Brasil jadi negara yang punyai wilayah terluas di Amerika Selatan. Selain itu, negara Brasil merupakan salah satu negara yang mempunyai iklim tropis. Hal ini bisa terjadi, karena Brasil dilalui oleh garis khatulistiwa. Dengan iklim tropis tersebut, maka di negara ini banyak tumbuh jenis tanaman tanaman perdu. Salah satu tanaman perdu yang dapat tumbuh di negara ini adalah tanaman kopi.
Kopi merupakan salah satu hasil perkebunan dari negara yang terletak di benua Amerika Selatan ini. Kopi asal Brasil termasuk dalam model kopi dengan mutu paling baik di dunia. Salah satu tipe kopi yang terkenal dari Brasil adalah style kopi arabika. Kopi arabaika asal brasil tenar bersama kuliatasnya yang terlampau bagus, supaya banyak di sukai oleh masyarakat dari beraneka negara di bumi ini, tak hanya itu, Brasil juga terkenal sebagai salah satu penghasil kopi terbesar di dunia.

Baca Juga :  CATATAN TERBARUNEGARA PENGHASIL BIJI KOPI TERBESAR DI DUNIA

Kolumbia


MENILIK PERMINTAAN KOPI DUNIA

Kolombia merupakan sebuah negara yang terdapat di kawasan Benua Amerika. Secara astronomis, Negara Kolombia terdapat terhadap 4035’LU dan 7404’BT. Kolombia ini punya lokasi hutan yang amat lebat. rimba yang terkandung di negara ini punya luas kurang lebih 72% dari total luas lokasi negara Kolombia. Jadi mampu dikatakan, lebih dari satu besar lokasi Kolumbia adalah hutan.
Negara Kolombia terhitung dalam negara yang terdapat di benua Amerika yang mempunyai iklim tropis. Negara ini mempunyai dua musim yang serupa bersama dengan indonesia, yaitu penghujan dan kemarau. Musim penghujan terjadi pada bulan Maret hingga bersama dengan bulan Juni, sedang musim kering atau kemarau berlangsung terhadap bulan Desember sampai Maret dan Bulan Juli sampai bulan Agustus.
Negara kolombia ini populer sebagai negara penghasil kopi yang berkualitas, kopi asal Kolombia memiliki citarasa yang amat khas dan berbeda dari kopi negara lain. Maka tidak mengherankan, jika kopi asal negara ini banyak disukai oleh penduduk dari bermacam negara.

Peru


Negara bersama dengan kualitas kopi yang sedap selanjutnya adalah Peru. Negara Peru merupakan sebuah negara yang masih terhitung di dalam Benua Amerika. Negara ini berbatasan langsung dengan Negara Brasil dan Bolivia disebelah timur, Kolombia dan Ekuador di batas Sebelah utara, Chili di sebelah selatan dan Samudra Pasifik di batas sebelah barat.
Peru ini juga kondang sebagai sebuah negara penghasil kopi yang tergolong besar. Negara ini populer bersama memproduksi biji kopi yang penanamannya meggunakan langkah organik. Dengan langkah menanam kopi yang organik ini, sebabkan mutu biji kopi negara Peru amat istimewa. Dengan demikian, maka produk minuman kopi dari biji kopi terbaik Negara Peru banyak digemari oleh para penikmat minum berkafein ini.

Vietnam

Vietnam merupakan negara yang terdapat di kawasan Benua Asia Tenggara, Negara ini merupakan tetangga dari Negara Republik Indonesia. Vietnam ini juga tenar sebagai salah satu negara penghasil kopi yang berkualitas. Negara vietnam ini merupakan suatu negara yang beriklim serupa layaknya Indonesia, yaitu tropis. Dengan iklim tropis tersebut, maka di Negara ini juga banyak tumbuh tanaman kopi.

Baca Juga :  INILAH SEDUH KOPI DI KANTOR

Awalnya, kopi mulai dikenal oleh penduduk Vietnam pada jaman penjajahan Prancis, yakni lebih kurang tahun 1857. Negara Perancis tersebut yang memperkenalkan kopi pada masyarakat vietnam, sejak pas itu, negara vietnam mulai membudidayakan tanaman kopi. Saat ini , negara vietnam terhitung di dalam negara pengekspor kopi terbesar di dunia.

Kosta Rika


MENILIK PERMINTAAN KOPI DUNIA

Negara yang populer sebagai penghasil kopi paling baik di dunia seterusnya yakni Kosta Rika. Kosta Rika ini merupakan sebuah negara yang terdapat di Benua Amerika anggota tengah. Negara ini punya luas lokasi sekitar 51.100 km2 atau seukuran bersama dengan luas Pulau Maluku. Kosta Rika sendiri merupakan salah satu pengekspor kopi di dunia. Kopi asal negara ini punyai mutu yang bagus.
Pada mulanya, Kosta Rika bukan merupakan negara pengekspor kopi. Mereka cuma produksi biji kopi asal Negara Ethiopia. Akan tetapi, pemerintah Kosta Rika membuat penawaran kepada para petani untuk menanam kopi. Alhasil banyak petani yang menyongsong baik gagasan pemerintah tersebut. Alhasil, selagi ini Kosta Rika menjadikan kopi sebagai komoditi ekspor utama mereka tidak cuman gula.

Honduras

Honduras merupakan salah satu negara yang penghasil kopi paling baik di dunia. Honduras adalah sebuah negara yang terdapat di kawasan Amerika Tengah. Negara ini merupakan salah satu negara yang mengandalkan sektor pertanian untuk komoditi ekspornya. Salah satu hasil pertanian yang jadi komoditi ekspor negara honduras adalah biji kopi. Kopi dari negara ini miliki kulitas yang bagus bersama dengan rasa yang nikmat.

Meksiko

Negara penghasil kopi paling baik di dunia seterusnya masih dari Benua Amerika. Negara berikut adalah Meksiko. Meksiko merupakan sebuah negara yang terletak di Benua Amerika anggota tengah. Negara ini merupakan salah satu negara penghasil kopi di Benua Amerika. Salah satu type kopi yang dihasilkan oleh negara ini adalah kopi arabika. Kopi arabika merupakan salah satu komodoti ekspor andalan negara ini.

Ethiopia

By Oscar Espinosa

Ethiopia merupakan sebuah negara di kawasan Afrika Timur yang tenar sebagai daerah lahirnya kopi. Banyak penduduk Ethiopia yang menikmati kopi pada kesehariaannya. Setengah dari hasil kopi Ethiopia di ekspor dan setengahnya lagi di konsumsi oleh masyarakat negara tersebut. Kopi asal negara Afrika Timur ini merupakan salah satu kopi paling baik di dunia mempunyai citarasa yang khas, supaya banyak digemari oleh para penikmat kopi.

Mirip bersama wine yang memiliki banyak variasi rasa dan kelas, kopi juga memiliki rasa dan kastanya masing-masing. Banyak sekali model kopi yang ada di dunia, namun sayangnya nggak semua orang paham kopi mana yang memiliki mutu baik bersama rasa yang lezat. Untuk kamu para penikmat kopi, selamat mencoba kopi jelajah dunia di atas.

Sumber :

Dari Berbagai Sumber

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top