MENGETAHUI PERMINTAAN KOPI DUNIA

0
101

Jika Anda pengagum kopi, tentu ada kepuasan tersendiri ketika Anda mampu menikmati seduhan kopi dari begitu banyak ragam biji kopi yang tumbuh di beraneka belahan dunia.
Selain cita rasanya yang nikmat, ternyata kalau dikonsumsi sesuai bersama dengan takarannya, kopi dapat beri tambahan manfaat bagi kesegaran tubuh, lho!
Khasiat kopi diantaranya meningkatkan stamina, mencegah kanker, menjaga kebugaran mulut, menghambat penyakit parkinson, menaikkan mood, dan masih banyak lagi.
Bahkan, ada juga khasiat kopi yang dipercaya mampu menjaga kecantikan kulit. Misalnya, ampas kopi yang sering digunakan untuk masker berfungsi untuk mengencangkan kulit.

Penemuan biji kopi kira-kira th. 800 Sebelum Masehi tersedia pendapat lain menjelaskan terkecuali th. 850 Masehi. Pada sementara itu, banyak orang di Benua Afrika, khususnya orang dari bangsa Etiopia, yang konsumsi biji kopi yang dicampurkan bersama dengan lemak hewan dan anggur untuk memenuhi kebutuhan protein dan daya tubuh.

MENGETAHUI PERMINTAAN KOPI DUNIA

Sejarah Kopi Memiliki Cerita Panjang


MENGETAHUI PERMINTAAN KOPI DUNIA

Apabila menilik ke belakang mengenai bagaimana kopi ditemukan, ada sebuah legenda yang menceritakan tentang awal dari sejarah kopi. Konon, pernah hiduplah seorang penggembala kambing di Ethiopia bernama Kaldi.

Awalnya, ia memahami bahwa kambing-kambingnya menjadi benar-benar energik dan tidak tidur di malam hari. Hal tersebut berjalan sesudah hewan gembalanya memakan semacam buah beri berwarna merah dari suatu pohon.

Mengetahui perihal itu, Kaldi sesudah itu melaporkannya kepada biarawan. Mendengar temuan Kaldi, biarawan selanjutnya pun tertarik untuk untuk coba buah beri yang dikonsumsi para kambing. Dan ternyata benar, ia mampu terjaga selama malam untuk berdoa.

Karena cita rasa pahit yang dihasilkannya, biarawan itu jadi mengolahnya jadi sebuah minuman bersama memanggang dan menyeduh buah beri tersebut. Kalau anda dulu mendengar minum kopi bisa mengusir kantuk dan meningkatkan tenaga, barangkali awal awalnya adalah dari cerita si Kaldi ini.

Dari Afrika Sampai Eropa

Menurut berbagai literatur disebutkan bahwa tanaman kopi atau coffee berasal sebuah area di Afrika yang bernama Abyssinia yang selagi ini mencakup lokasi negara Ethiopia dan Eritrea. Di pertengahan abad ke-15, biji coffee merasa diekspor dari Ethiopia ke Kota Mocha, Yaman.

Saat biji beri ini didatangkan ke Venesia pada th. 1615, para rohaniawan setempat kompak menolak, bahkan hingga mengutuknya. Saking besarnya kontroversi yang muncul, Paus Klemens VIII pun diminta untuk campur tangan menanggulangi kasus ini.

Meskipun begitu, keberadaan coffee shop tambah menjamur dan jadi pusat kegiatan sosial dan juga pusat komunikasi di kota-kota besar di Inggris, Austria, Perancis, Jerman, dan Belanda. Minuman bercita rasa pahit ini lantas terasa menukar minuman yang biasa dikonsumsi waktu sarapan, yang pada selagi itu mereka biasa minum bir atau wine.

Di akhir tahun 1800-an, kopi udah jadi komoditas yang mendunia dan para pengusaha terasa mencari cara-cara baru untuk mendapatkan keuntungan dari minuman yang tengah populer terhadap selagi itu. Kemudian di tahun 1864, John dan Charles Arbuckle belanja coffee bean roaster dari Jabez Burns. Mereka lantas menamai produk mereka dengan nama “Ariosa” dan menjualnya lagi kepada para koboi di Amerika Barat.

Dengan banyaknya peminat minuman kopi di belahan didunia, maka banyak negara yang menjadikan kopi sebagai salah satu komoditi ekspor mereka. Dari negara-negara pengekspor kopi tersebut, terkandung beberapa negara yang kondang bersama dengan mutu kopi paling baik di dunia. Berikut ini negara-negara penghasil kopi dengan kualitas yang benar-benar baik di bumi ini.

Indonesia

Salah satu penghasil kopi bersama dengan kualitas baik di dunia adalah Negara Indonesia. Indonesia merupakan sebuah negara yang terletak di kawasan Asia Tenggara. Secara astronomi, Indonesia terletak terhadap 60 LU-110LS dan 950BT-1410BT. Berdasarkan letak astronomis tersebut, maka Negara Indonesia termasuk di dalam kawasan yang punya iklim tropis. Indonesia disebut sebagai negara kepulauan. Hal ini disebabkan dikarenakan lokasi negara ini terdiri dari banyak pulau-pulau. Selain hal tersebut, Indonesia juga dikenal sebagai sebuah negara yang miliki keindahan alam yang benar-benar menakjubkan.
Indonesia merupakan salah satu negara yang populer dengan mutu kopi yang terlalu baik. Kopi-kopi dari negara ini banyak diminati oleh masyarakat di negara lain. Maka tidak mengherankan, terkecuali kopi jadi salah satu komoditi ekspor negara kepulauan ini. Salah satu model kopi nikmat yang terkenal dari Indonesia adalah kopi luwak. Kopi luwak merupakan salah satu jenis minuman kopi yang terkenal dari negara ini. Kopi ini dibikin dari biji kopi yang terdapat dalam kotoran luwak. Biji kopi ini yang diolah menjadi minuman kopi yang sangat nikmat. Jenis kopi ini menjadi salah satu unggulan dari Negara Republik Indonesia. Selain kopi luwak, Negara Indonesia juga mengekspor jenis kopi robusta dan arabika.

Brasil

Selain Indonesia, negara penghasil kopi terbaik di dunia adalah Brasil. Brasil merupakan suatu negara yang terletak di benua Amerika. Negara ini mempunyai wilayah yang terlampau luas, yakni sekitar 8.511.965 km2. Dengan luas lokasi tersebut, maka Brasil menjadi negara yang memiliki wilayah terluas di Amerika Selatan. Selain itu, negara Brasil merupakan salah satu negara yang mempunyai iklim tropis. Hal ini sanggup terjadi, sebab Brasil dilewati oleh garis khatulistiwa. Dengan iklim tropis tersebut, maka di negara ini banyak tumbuh tipe tanaman tanaman perdu. Salah satu tanaman perdu yang sanggup tumbuh di negara ini adalah tanaman kopi.
Kopi merupakan salah satu hasil perkebunan dari negara yang terletak di benua Amerika Selatan ini. Kopi asal Brasil terhitung di dalam model kopi bersama dengan kualitas paling baik di dunia. Salah satu jenis kopi yang tenar dari Brasil adalah model kopi arabika. Kopi arabaika asal brasil tenar bersama kuliatasnya yang amat bagus, agar banyak di sukai oleh penduduk dari berbagai negara di bumi ini, tak sekedar itu, Brasil juga terkenal sebagai salah satu penghasil kopi terbesar di dunia.

Kolumbia


MENGETAHUI PERMINTAAN KOPI DUNIA

Kolombia merupakan sebuah negara yang terletak di kawasan Benua Amerika. Secara astronomis, Negara Kolombia terletak pada 4035’LU dan 7404’BT. Kolombia ini punyai wilayah hutan yang amat lebat. rimba yang terkandung di negara ini miliki luas sekitar 72% dari keseluruhan luas lokasi negara Kolombia. Jadi sanggup dikatakan, sebagian besar wilayah Kolumbia adalah hutan.
Negara Kolombia terhitung dalam negara yang terletak di benua Amerika yang punya iklim tropis. Negara ini mempunyai dua musim yang serupa dengan indonesia, yaitu penghujan dan kemarau. Musim penghujan terjadi pada bulan Maret sampai dengan bulan Juni, sedang musim kering atau kemarau terjadi pada bulan Desember hingga Maret dan Bulan Juli sampai bulan Agustus.
Negara kolombia ini kondang sebagai negara penghasil kopi yang berkualitas, kopi asal Kolombia memiliki citarasa yang terlalu khas dan tidak serupa dari kopi negara lain. Maka tidak mengherankan, kalau kopi asal negara ini banyak disukai oleh masyarakat dari berbagai negara.

Peru


Negara dengan mutu kopi yang enak seterusnya adalah Peru. Negara Peru merupakan sebuah negara yang tetap termasuk di dalam Benua Amerika. Negara ini berbatasan langsung bersama Negara Brasil dan Bolivia disebelah timur, Kolombia dan Ekuador di batas Sebelah utara, Chili di sebelah selatan dan Samudra Pasifik di batas sebelah barat.
Peru ini juga terkenal sebagai sebuah negara penghasil kopi yang tergolong besar. Negara ini tenar bersama produksi biji kopi yang penanamannya meggunakan langkah organik. Dengan langkah menanam kopi yang organik ini, membawa dampak mutu biji kopi negara Peru terlalu istimewa. Dengan demikian, maka product minuman kopi dari biji kopi paling baik Negara Peru banyak digemari oleh para penikmat minum berkafein ini.

Vietnam

Vietnam merupakan negara yang terletak di kawasan Benua Asia Tenggara, Negara ini merupakan tetangga dari Negara Republik Indonesia. Vietnam ini juga terkenal sebagai salah satu negara penghasil kopi yang berkualitas. Negara vietnam ini merupakan suatu negara yang beriklim serupa layaknya Indonesia, yakni tropis. Dengan iklim tropis tersebut, maka di Negara ini juga banyak tumbuh tanaman kopi.

Awalnya, kopi mulai dikenal oleh masyarakat Vietnam pada jaman penjajahan Prancis, yaitu kurang lebih th. 1857. Negara Perancis berikut yang memperkenalkan kopi terhadap penduduk vietnam, sejak pas itu, negara vietnam mulai membudidayakan tanaman kopi. Saat ini , negara vietnam juga didalam negara pengekspor kopi terbesar di dunia.

Kosta Rika


MENGETAHUI PERMINTAAN KOPI DUNIA

Negara yang tenar sebagai penghasil kopi paling baik di dunia setelah itu yaitu Kosta Rika. Kosta Rika ini merupakan sebuah negara yang terdapat di Benua Amerika bagian tengah. Negara ini miliki luas wilayah lebih kurang 51.100 km2 atau seukuran bersama luas Pulau Maluku. Kosta Rika sendiri merupakan salah satu pengekspor kopi di dunia. Kopi asal negara ini memiliki mutu yang bagus.
Pada mulanya, Kosta Rika bukan merupakan negara pengekspor kopi. Mereka hanya memproses biji kopi asal Negara Ethiopia. Akan tetapi, pemerintah Kosta Rika sebabkan penawaran kepada para petani untuk menanam kopi. Alhasil banyak petani yang menyambut baik gagasan pemerintah tersebut. Alhasil, saat ini Kosta Rika menjadikan kopi sebagai komoditi ekspor utama mereka tak hanya gula.

Honduras

Honduras merupakan salah satu negara yang penghasil kopi terbaik di dunia. Honduras adalah sebuah negara yang terdapat di kawasan Amerika Tengah. Negara ini merupakan salah satu negara yang mengandalkan sektor pertanian untuk komoditi ekspornya. Salah satu hasil pertanian yang jadi komoditi ekspor negara honduras adalah biji kopi. Kopi dari negara ini memiliki kulitas yang bagus bersama dengan rasa yang nikmat.

Meksiko

Negara penghasil kopi paling baik di dunia selanjutnya masih dari Benua Amerika. Negara tersebut adalah Meksiko. Meksiko merupakan sebuah negara yang terdapat di Benua Amerika bagian tengah. Negara ini merupakan salah satu negara penghasil kopi di Benua Amerika. Salah satu style kopi yang dihasilkan oleh negara ini adalah kopi arabika. Kopi arabika merupakan salah satu komodoti ekspor andalan negara ini.

Ethiopia

By Oscar Espinosa

Ethiopia merupakan sebuah negara di kawasan Afrika Timur yang kondang sebagai tempat lahirnya kopi. Banyak masyarakat Ethiopia yang menikmati kopi pada kesehariaannya. Setengah dari hasil kopi Ethiopia di ekspor dan setengahnya lagi di mengonsumsi oleh masyarakat negara tersebut. Kopi asal negara Afrika Timur ini merupakan salah satu kopi paling baik di dunia punya citarasa yang khas, agar banyak digemari oleh para penikmat kopi.

Nah, itu tadi
MENGETAHUI PERMINTAAN KOPI DUNIA. Kalau dicermati, salah satu type kopi di dalam daftar tidak perlu melancong jauh-jauh untuk mencicipinya. Yup, kopi luwak! Kopi asli kebanggaan dari Indonesia.
Namun, kecuali diberi kesempatan mencicipi kopi-kopi tersebut, kalian menentukan yang mana?

Sumber :

detik.com, liputan6.com, wikipedia, aklcoffee.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.