SELEMBAR SEJARAH

KOPI
 PALING TERKENAL DI DUNIA

SELEMBAR SEJARAH KOPI PALING TERKENAL DI DUNIA

Pembaca Sekalian, anda bahagia minum kopi? Sudah sadar jenis-jenis biji kopi yang terkenal di dunia? Kalau kamu pencinta kopi, yuk cari sadar kopi yang kamu minum itu terbuat dari biji apa. Salah satu style biji kopi yang tenar berasal dari Indonesia, loh!

Penemuan biji kopi kurang lebih th. 800 Sebelum Masehi tersedia pendapat lain mengatakan jikalau th. 850 Masehi. Pada sementara itu, banyak orang di Benua Afrika, terutama orang dari bangsa Etiopia, yang konsumsi biji kopi yang dicampurkan bersama lemak hewan dan anggur untuk mencukupi kebutuhan protein dan kekuatan tubuh.

SELEMBAR SEJARAH

KOPI
PALING TERKENAL DI DUNIA

Di Mana Kopi Berasal?

SELEMBAR SEJARAH

KOPI
 PALING TERKENAL DI DUNIA

Sejarah kopi punya cerita panjang, dan terkait dengan beraneka masa. Saat kopi menyebar dari asalnya Afrika ke Timur Tengah, sesudah itu ke Eropa dan belahan dunia lainnya, kopi beralih dari minuman lebih dari satu orang ke produk mengonsumsi massal. Sepanjang sejarahnya yang kaya dan beragam, kopi dikaitkan bersama doa, kemewahan, kolonialisme, dan perbudakan. Hal ini telah merangsang semua tingkah laku dan cara percakapan, memberi energi terhadap angkatan kerja, dan pengaruhi banyak faktor kehidupan manusia.

Perjalanan tak segera kopi – dari Afrika hingga Timur Tengah, melintasi Samudera Hindia sampai Eropa, lantas ke Amerika Latin dan Amerika Serikat, dan akhir-akhir ini hingga ke Australia dan Asia timur – mencerminkan kegunaannya yang berlainan sepanjang peristiwa oleh masyarakat yang jauh dan berbeda.

Kopi pertama kali dikonsumsi oleh pemburu dan pejuang; lalu menjadi suatu kemewahan bagi aristokrat, yang sesudah itu jadi tumpuan borjuis, dan akhirnya sebagai sebuah kebutuhan bagi banyak pengagum kafein pada akhir abad ke-20.

Produksi, pemasaran, dan konsumsi kopi telah terlibat secara intim didalam penciptaan dunia modern, baik dan buruk. Kopi sudah menunjang mendorong ekspansi ekonomi dunia moderen dan telah membantu berikan kekuatan terhadap angkatan kerja industri. Ini juga memperpanjang penggunaan budak waktu laksanakan industrialisasi mengolah pangan dan memperkaya kerajaan kolonial sambil menambah kesadaran akan praktek perdagangan yang adil.

Kopi dan Umat Islam

Pada pertengahan abad kelima belas, kopi begitu dikaitkan dengan Islam supaya orang-orang Kristen Koptik di Ethiopia melarangnya. Kendati demikian, selalu saja muslim mendapatkan kopi dan banyak kedai kopi yang muncul untuk menyajikannya benar-benar menarik perhatian. Kondisi ini amat sesuai dilihat terhadap bulan ramadhan, bulan di mana muslim mesti berpuasa di siang hari. Pada bulan ini kopi dan kedai kopi menciptakan kesibukan publik terhadap malam hari.

Baca Juga :  INI 5BIJI KOPI TERPOPULER DI SELURUH DUNIA

Kopi Sampai Eropa

SELEMBAR SEJARAH

KOPI
 PALING TERKENAL DI DUNIA

Kopi di Eropa disajikan di di dalam cangkir porselen,yang baru tiba dari China, dan di piring perak buatan Meksiko, dibumbui bersama gula dari Karibia (muslim pakai kapulaga daripada gula) dan dipadukan dengan tembakau dari Amerika. Alhasil, kopi menjadi simbol perbedaan bagi para penguasa ekonomi dunia yang sedang naik daun.

Coffea arabica jadi minuman kelas menengah di Inggris, di mana seorang pedagang Yunani barangkali yang pertama terhubung kedai kopi di Oxford dan lantas di London terhadap pertengahan 1600-an. Orang-orang Inggris asli jadi pembeli kopi Eropa terkemuka sampai teh membayangi di tahun 1700-an.

Kondisi ini konsisten bertahan hingga saat ini, dengan keberadaan merk-merk besar perusahaan kopi Barat yang memonopoli pemasaran kopi dunia. Ironisnya, kopi, yang berasal dari Afrika dan mendapat popularitas di Timur Tengah lima ratus th. yang lalu, sekarang nampak di Asia timur sebagai lambang modernitas Barat. SELEMBAR SEJARAH

KOPI
PALING TERKENAL DI DUNIA

.

SELEMBAR SEJARAH

KOPI
PALING TERKENAL DI DUNIA

1. Kenya AA Coffee

Kopi Kenya AA ditanam terhadap ketinggian lebih dari 6.600 mtr. di atas permukaan air laut, tepatnya di dataran tinggi Kenya. Dataran tinggi Kenya menghasilkan biji kopi bersama rasa kuat dan tingkat keasaman yang menyegarkan. Kopi Kenya AA punyai perpaduan aroma bunga dan wine. Kopi ini disebut sebagai salah satu kopi favorit di bermacam restoran dunia. Setelah ditelan, kopi ini bakal meninggalkan rasa jeruk dan berry yang segar di lidah.

2. Sulawesi Toraja Coffee

Sulawesi Toraja merupakan kopi multidimensi yang tumbuh di dataran tinggi tenggara Pulau Sulawesi, tepatnya di tempat Toraja. Toraja dikenal sebagai salah satu daerah penghasil kopi Arabika paling baik di dunia. Sulawesi Toraja punya tekstur kopi yang kental, waktu diseduh bersama dengan air panas bubuk kopi ini dapat langsung mengendap di bawah cangkir. Kopi ini mempunyai keseimbangan pada rasa coklat hitam dan buah. Saat anda menyeduh kopi ini dan menikmatinya tanpa gula, rasanya bukan pahit seperti kopi pada umumnya, tapi gurih dan segar.

3. Hawaii Kona Coffee

Hawaii Kona adalah kopi arabika yang dibudidayakan di lereng Hualalai dan Mauna Loa, yang terdapat di pulau Hawaii. Hawaii Kona Coffee adalah salah satu kopi termahal di dunia. Kopi jenis ini hidup di keadaan cuaca di mana pagi hari matahari bercahaya cerah, sore yang berawan, berangin, hujan ringan, dan malam yang tenang. Kopi terenak di dunia ini tumbuh di tanah vulkanik yang kaya akan mineral. Hawaii Kona dikenal bersama rasa yang kaya namun bertekstur mudah bersama aroma yang khas.

Baca Juga :  ATURAN SEDUH KOPI TRADISIONAL, BELAJAR SENDIRI DI RUMAH

4. Guatemala Antigua Coffee

Kopi Guatemala Antigua tumbuh di dataran bersama dengan ketinggian lebih dari 4.600 mtr. di atas permukaan laut. Kelas dari biji kopi guatemala antigua yang dikenal sebagai Strictly Hard Bean dan terhitung dalam varietas kopi Arabica Catuai, Arabica Caturra, dan Arabica Bourbon. Antigua memperlihatkan kualitas kopi Guatemala khas dengan rasa pedas dan tekstur yang lembut. Kopi ini adalah kopi premium luar biasa di mana kala kamu menyeduhnya, akan membuahkan aroma yang menenangkan.

5. Java Arabica Coffee

Satu lagi kopi terbaik di dunia yang berasal dari Indonesia. Java Arabica adalah kopi yang tumbuh di tanah Jawa, tepatnya di Kawah Ijen, di segi timur komplek gunung berapi dengan ketinggian 1.400 meter di atas permukaan laut. Java Arabica memiliki tingkat keasaman yang lebih rendah dibandingkan dengan style kopi Indonesia lainnya. Kopi ini memiliki perpaduan rasa pedas, tapi waktu ditelan dia akan meninggalkan rasa manis yang lembut. Kualitas Java Arabica sebagai salah satu kopi terbaik di dunia juga karena sejak abad ke 18, di Pulau Jawa sudah berdiri perkebunan kopi terbesar yang didirikan oleh pemerintahan Belanda.

6. Sumatra Lintong Coffee

Sumatra Lintong tumbuh di Kabupaten Lintong Nihuta, di selatan-barat dari Danau Toba. Ini merupakan tempat perkebunan kopi dataran tinggi yang tenar bersama keanekaragaman pohon pakis. Daerah ini menghasilkan 15.000 hingga 18.000 ton arabika per tahun. Kopi Sumatra Lintong ini juga merupakan kopi yang terkenal di dunia yang dikemas bersama perpaduan rasa pedas dan rempah-rempah. Kopi Sumatra Lintong yang berkualitas baik tidak serupa dengan kopi terhadap umumnya, ia punyai keasaman yang lebih segar.

7. Tanzania Peaberry Coffee

Tanzania Peaberry, kopi terbaik di dunia ini tumbuh di Gunung Semeru dan Gunung Kilimanjaro. Tanzania Peaberry adalah kopi bersama dengan tekstur sedikit kental dan beraroma buah. Rasa dari kopi ini sangat kaya, campuran dari rasa kismis, coklat, pahit kopi, dan kala ditelan dapat meninggalkan rasa manis. Berbeda bersama biji kopi lain yang biasanya miliki 2 biji kopi, tanzania peaberry berasal dari buah yang terdiri dari satu biji kopi. Biasanya sebanyak 1 sampai 9 prosen tanaman kopi terdiri dari biji kopi peaberry, yang kerap dipisahkan dari biji kopi lainnya dan dijual bersama harga premium, dikarenakan karakteristik dan tingkatan rasa yang khas.

Baca Juga :  INDONESIA DIANTARANYA, INILAHKOPI PALING TERKENAL DI DUNIA

8. Jamaica Blue Mountain Coffee

Tumbuh di distrik Jamaica’s Blue Mountain, kopi ini kerap dideskripsikan sebagai kopi terenak di dunia yang memiliki rasa sempurna. Jamaica blue mountain adalah kopi mudah dengan rasa manis yang lembut dan miliki aroma coklat. Kopi ini memiliki tingkat keasaman yang fresh, tanpa rasa pahit sedikit pun. Biji kopi Jamaica Blue Mountain tumbuh terhadap ketinggian pada 3.000 – 5.500 mtr. di atas permukaan laut. Kebanyakan dari biji kopi jamaica blue mountain adalah biji utuh di dalam satu buah kopi.

9. Mocha Java Coffee

Mocha Java adalah kopi yang merupakan percampuran antara Arabian (Yemen) Mocha dan kopi Java Arabica Indonesia. Kopi ini disebut sebagai kopi campuran tertua di dunia, mengkombinasikan dua kopi premium bersama karakteristik yang saling melengkapi. Di Indonesia sendiri, kopi ini tumbuh di daerah perbukitan lereng Menoreh. Mocha Java terdiri dari dua jenis, yakni Mocha java Single dan Mocha Java Double bersama sistem produksi yang berbeda.

10. Ethiopian Harrar Coffee

Ethiopian Harrar memilik rasa pedas dan aroma yang harum. Salah satu kopi terbaik di dunia ini tumbuh di alam liar yang eksotis dan diproses secara alami. Ethiopian Harrar ditanam di lahan pertanian kecil di lokasi Oromia, Ethiopia Selatan, pada ketinggian antara 4.500 dan 6.300 kaki. Kopi harrar dikenal memiliki rasa keasaman wine dan buah bersama dengan aroma harum blackberry. Saat dinikmati, kopi ini akan meninggalkan rasa yang tajam di lidah dan bibir.

Pada akhirnya, kopi terbaik adalah kopi yang bisa memicu Anda mencicipi kopi sendiri menjauhkan dari area tidur Anda dan mulai menjelajah dunia. Cobalah untuk tetap coba untuk memperoleh apresiasi sejati di dalam perbedaan rasa tiap-tiap kopi. Seperti Cupping kopi yang merupakan metode dirancang spesifik untuk obyek di atas. Perekonomian world bagus untuk para pecinta kopi, miliki lebih begitu banyak pilihan daripada dua dekade lalu. Jangan terpaku terhadap opsi yang mengintimidasi Anda, tetapi kombinasikanlah pengalaman mencicip kopi memicu lebih enteng bagi siapa saja untuk menjelajahi kopi populer di dunia yang kini banyak tersedia.

Sumber :
https://en.wikipedia.org/wiki/List_of_countries_by_coffee_production

Home Specialty Coffee Publication


Smell the Coffee

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.