MENINJAU PERDAGANGAN KOPI DUNIA

0
97

Bagi lebih dari satu orang, minum kopi tak semata-mata sebuah gaya hidup.

Minum kopi kini berubah menjadi sebuah kebutuhan hidup.

MENINJAU PERDAGANGAN KOPI DUNIA,
Kebiasaan meminum kopi pun kini tambah begitu banyak ragam sesuaikan selera masing-masing penikmatnya.
Kopi memang dipanen untuk diambil alih bijinya, lantas dijadikan sebagai minuman, atau bisa terhitung menjadi bahan pangan yang lainnya. Kopi menjadi komoditas komersial sehabis dibawa para pedagang Arab ke Yaman. Hingga kelanjutannya kopi diperdagangkan secara global. Kopi yang banyak dijual yaitu kopi Arabika, Robusta, Liberika, dan Excelsa.
Tapi pertanyaannya, “Kenapa ada begitu banyak type kopi yang banyak variasi di seluruh dunia?”, jawabannya karena tersedia sebagian segi yang pengaruhi keanekaragaman style kopi, layaknya area dan habitat di mana ia tumbuh, cara budidayanya, serta penangangan pasca panennya.
Berbeda bila kamu menghendaki kopi berkualitas, itulah langkah yang Anda sukai untuk membuat sembuh diri sendiri, perhitungkan daftar kopi termahal dan paling susah ditemukan di dunia ini. Membeli makanan berkafein langka ini dapat mengurangi anggaran Anda di bulan ini, apakah kamu siap? Jangan bilang kamu fans kopi ya jikalau kamu belum mengetahuinya.

Sebelum kita menelusuri aneka kopi di dunia, ada baiknya kita mundur lagi ke belakang mengenai bagaimana histori kopi dimulai. Ada sebuah perjalanan panjang yang layak kita ketahui, Jauh dari sekitar 3000 tahun yang lalu.

MENINJAU PERDAGANGAN KOPI DUNIA

Asal Usul Kopi Sebagai Minuman



MENINJAU PERDAGANGAN KOPI DUNIA

Jika menilik ke belakang berkenaan bagaimana kopi ditemukan, ada sebuah legenda yang menceritakan berkenaan awal dari peristiwa kopi. Konon, dulu hiduplah seorang penggembala kambing di Ethiopia bernama Kaldi.

Awalnya, ia menyadari bahwa kambing-kambingnya menjadi benar-benar energik dan tidak tidur di malam hari. Hal tersebut berlangsung setelah hewan gembalanya memakan semacam buah beri berwarna merah dari suatu pohon.

Mengetahui hal itu, Kaldi kemudian melaporkannya kepada biarawan. Mendengar temuan Kaldi, biarawan selanjutnya pun tertarik untuk untuk mencoba buah beri yang dikonsumsi para kambing. Dan ternyata benar, ia dapat terjaga sepanjang malam untuk berdoa.

Karena cita rasa pahit yang dihasilkannya, biarawan itu terasa mengolahnya menjadi sebuah minuman bersama memanggang dan menyeduh buah beri tersebut. Kalau kamu pernah mendengar minum kopi dapat mengusir kantuk dan meningkatkan tenaga, bisa saja awal awalannya adalah dari cerita si Kaldi ini.

Dari Afrika Sampai Eropa

Menurut beraneka literatur disebutkan bahwa tanaman kopi atau coffee berasal sebuah area di Afrika yang bernama Abyssinia yang waktu ini mencakup wilayah negara Ethiopia dan Eritrea. Di pertengahan abad ke-15, biji coffee jadi diekspor dari Ethiopia ke Kota Mocha, Yaman.

Saat biji beri ini didatangkan ke Venesia terhadap tahun 1615, para rohaniawan setempat kompak menolak, lebih-lebih sampai mengutuknya. Saking besarnya kontroversi yang muncul, Paus Klemens VIII pun diminta untuk campur tangan menangani kasus ini.

Meskipun begitu, keberadaan coffee shop makin menjamur dan menjadi pusat aktivitas sosial dan juga pusat komunikasi di kota-kota besar di Inggris, Austria, Perancis, Jerman, dan Belanda. Minuman bercita rasa pahit ini sesudah itu menjadi menggantikan minuman yang biasa dikonsumsi kala sarapan, yang pada waktu itu mereka biasa minum bir atau wine.

Di akhir th. 1800-an, kopi udah menjadi komoditas yang mendunia dan para pengusaha terasa melacak cara-cara baru untuk meraih keuntungan dari minuman yang tengah terkenal terhadap pas itu. Kemudian di tahun 1864, John dan Charles Arbuckle membeli coffee bean roaster dari Jabez Burns. Mereka sesudah itu menamai produk mereka dengan nama “Ariosa” dan menjualnya lagi kepada para koboi di Amerika Barat.

Dengan banyaknya peminat minuman kopi di belahan didunia, maka banyak negara yang menjadikan kopi sebagai salah satu komoditi ekspor mereka. Dari negara-negara pengekspor kopi tersebut, terkandung beberapa negara yang kondang bersama mutu kopi paling baik di dunia. Berikut ini negara-negara penghasil kopi bersama mutu yang terlampau baik di bumi ini.

Indonesia

Salah satu penghasil kopi dengan kualitas baik di dunia adalah Negara Indonesia. Indonesia merupakan sebuah negara yang terletak di kawasan Asia Tenggara. Secara astronomi, Indonesia terletak pada 60 LU-110LS dan 950BT-1410BT. Berdasarkan letak astronomis tersebut, maka Negara Indonesia terhitung di dalam kawasan yang punya iklim tropis. Indonesia disebut sebagai negara kepulauan. Hal ini disebabkan sebab lokasi negara ini terdiri dari banyak pulau-pulau. Selain hal tersebut, Indonesia juga dikenal sebagai sebuah negara yang miliki keindahan alam yang terlampau menakjubkan.
Indonesia merupakan salah satu negara yang tenar bersama kualitas kopi yang amat baik. Kopi-kopi dari negara ini banyak diminati oleh penduduk di negara lain. Maka tidak mengherankan, jikalau kopi menjadi salah satu komoditi ekspor negara kepulauan ini. Salah satu model kopi nikmat yang terkenal dari Indonesia adalah kopi luwak. Kopi luwak merupakan salah satu tipe minuman kopi yang tenar dari negara ini. Kopi ini dibuat dari biji kopi yang terdapat dalam kotoran luwak. Biji kopi ini yang diolah jadi minuman kopi yang amat nikmat. Jenis kopi ini jadi salah satu unggulan dari Negara Republik Indonesia. Selain kopi luwak, Negara Indonesia juga mengekspor model kopi robusta dan arabika.

Brasil

Selain Indonesia, negara penghasil kopi terbaik di dunia adalah Brasil. Brasil merupakan suatu negara yang terletak di benua Amerika. Negara ini mempunyai lokasi yang sangat luas, yakni kurang lebih 8.511.965 km2. Dengan luas lokasi tersebut, maka Brasil menjadi negara yang punya lokasi terluas di Amerika Selatan. Selain itu, negara Brasil merupakan salah satu negara yang memiliki iklim tropis. Hal ini sanggup terjadi, dikarenakan Brasil dilewati oleh garis khatulistiwa. Dengan iklim tropis tersebut, maka di negara ini banyak tumbuh model tanaman tanaman perdu. Salah satu tanaman perdu yang bisa tumbuh di negara ini adalah tanaman kopi.
Kopi merupakan salah satu hasil perkebunan dari negara yang terletak di benua Amerika Selatan ini. Kopi asal Brasil terhitung dalam style kopi bersama mutu paling baik di dunia. Salah satu model kopi yang kondang dari Brasil adalah style kopi arabika. Kopi arabaika asal brasil tenar bersama kuliatasnya yang terlalu bagus, sehingga banyak di sukai oleh penduduk dari berbagai negara di bumi ini, tidak cuman itu, Brasil juga terkenal sebagai salah satu penghasil kopi terbesar di dunia.

Kolumbia



MENINJAU PERDAGANGAN KOPI DUNIA

Kolombia merupakan sebuah negara yang terdapat di kawasan Benua Amerika. Secara astronomis, Negara Kolombia terletak terhadap 4035’LU dan 7404’BT. Kolombia ini memiliki wilayah hutan yang terlalu lebat. rimba yang terkandung di negara ini punya luas kurang lebih 72% dari keseluruhan luas lokasi negara Kolombia. Jadi sanggup dikatakan, lebih dari satu besar wilayah Kolumbia adalah hutan.
Negara Kolombia termasuk di dalam negara yang terdapat di benua Amerika yang miliki iklim tropis. Negara ini membawa dua musim yang mirip bersama indonesia, yakni penghujan dan kemarau. Musim penghujan terjadi antara bulan Maret hingga bersama bulan Juni, sedang musim kering atau kemarau terjadi terhadap bulan Desember hingga Maret dan Bulan Juli hingga bulan Agustus.
Negara kolombia ini kondang sebagai negara penghasil kopi yang berkualitas, kopi asal Kolombia miliki citarasa yang amat khas dan tidak sama dari kopi negara lain. Maka tidak mengherankan, jika kopi asal negara ini banyak disukai oleh penduduk dari beraneka negara.

Peru


Negara bersama dengan kualitas kopi yang enak selanjutnya adalah Peru. Negara Peru merupakan sebuah negara yang masih juga di dalam Benua Amerika. Negara ini berbatasan langsung bersama dengan Negara Brasil dan Bolivia disebelah timur, Kolombia dan Ekuador di batas Sebelah utara, Chili di sebelah selatan dan Samudra Pasifik di batas sebelah barat.
Peru ini juga populer sebagai sebuah negara penghasil kopi yang tergolong besar. Negara ini tenar bersama dengan mengolah biji kopi yang penanamannya meggunakan langkah organik. Dengan cara menanam kopi yang organik ini, membawa dampak mutu biji kopi negara Peru terlalu istimewa. Dengan demikian, maka produk minuman kopi dari biji kopi terbaik Negara Peru banyak digemari oleh para penikmat minum berkafein ini.

Vietnam

Vietnam merupakan negara yang terletak di kawasan Benua Asia Tenggara, Negara ini merupakan tetangga dari Negara Republik Indonesia. Vietnam ini juga kondang sebagai salah satu negara penghasil kopi yang berkualitas. Negara vietnam ini merupakan suatu negara yang beriklim mirip seperti Indonesia, yakni tropis. Dengan iklim tropis tersebut, maka di Negara ini juga banyak tumbuh tanaman kopi.

Awalnya, kopi mulai dikenal oleh masyarakat Vietnam pada masa penjajahan Prancis, yaitu lebih kurang tahun 1857. Negara Perancis tersebut yang memperkenalkan kopi terhadap penduduk vietnam, sejak sementara itu, negara vietnam mulai membudidayakan tanaman kopi. Saat ini , negara vietnam terhitung didalam negara pengekspor kopi terbesar di dunia.

Kosta Rika



MENINJAU PERDAGANGAN KOPI DUNIA

Negara yang terkenal sebagai penghasil kopi terbaik di dunia sesudah itu yaitu Kosta Rika. Kosta Rika ini merupakan sebuah negara yang terdapat di Benua Amerika anggota tengah. Negara ini mempunyai luas wilayah lebih kurang 51.100 km2 atau seukuran dengan luas Pulau Maluku. Kosta Rika sendiri merupakan salah satu pengekspor kopi di dunia. Kopi asal negara ini mempunyai kualitas yang bagus.
Pada mulanya, Kosta Rika bukan merupakan negara pengekspor kopi. Mereka cuma mengolah biji kopi asal Negara Ethiopia. Akan tetapi, pemerintah Kosta Rika memicu penawaran kepada para petani untuk menanam kopi. Alhasil banyak petani yang menyongsong baik ide pemerintah tersebut. Alhasil, selagi ini Kosta Rika menjadikan kopi sebagai komoditi ekspor utama mereka tak sekedar gula.

Honduras

Honduras merupakan salah satu negara yang penghasil kopi terbaik di dunia. Honduras adalah sebuah negara yang terdapat di kawasan Amerika Tengah. Negara ini merupakan salah satu negara yang mengandalkan sektor pertanian untuk komoditi ekspornya. Salah satu hasil pertanian yang menjadi komoditi ekspor negara honduras adalah biji kopi. Kopi dari negara ini mempunyai kulitas yang bagus bersama rasa yang nikmat.

Meksiko

Negara penghasil kopi terbaik di dunia berikutnya tetap dari Benua Amerika. Negara selanjutnya adalah Meksiko. Meksiko merupakan sebuah negara yang terletak di Benua Amerika anggota tengah. Negara ini merupakan salah satu negara penghasil kopi di Benua Amerika. Salah satu model kopi yang dihasilkan oleh negara ini adalah kopi arabika. Kopi arabika merupakan salah satu komodoti ekspor andalan negara ini.

Ethiopia

By Oscar Espinosa

Ethiopia merupakan sebuah negara di kawasan Afrika Timur yang terkenal sebagai daerah lahirnya kopi. Banyak masyarakat Ethiopia yang menikmati kopi terhadap kesehariaannya. Setengah dari hasil kopi Ethiopia di ekspor dan setengahnya lagi di konsumsi oleh masyarakat negara tersebut. Kopi asal negara Afrika Timur ini merupakan salah satu kopi paling baik di dunia memiliki citarasa yang khas, agar banyak digemari oleh para penikmat kopi.

Yak, itu dia

MENINJAU PERDAGANGAN KOPI DUNIA. Bagaimana, udah paham anda biasanya minum yang mana? Berniat coba produksi kopi sendiri?

Sumber :

kopidi.com, wikipedia, davidsbeenhere.com, coffeereview.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.