Beranda Coffee INDONESIA JADI BAGIANNYA SEJARAH KOPI DI DUNIA

INDONESIA JADI BAGIANNYA SEJARAH KOPI DI DUNIA

Berawal dari temuan orang-orang Afrika di th. 800an sebelum masehi, kini kopi sukses menjadi minuman hampir seluruh orang di dunia. Tak salah sebetulnya kenapa minuman ini dapat begitu digemari. Bukan cuma sebab memiliki rasa dan aroma yang khas, tetapi terhitung seribu kegunaan luar biasa di baliknya. Belum kembali kopi juga miliki beragam style yang masing-masing punya cita rasa khasnya sendiri.

Mungkin satu diantara Kita ada yang sudah tau, model kopi yang paling tenar di kalangan masyarakat adalah arabika. Karena banyak para penikmat kopi berpikiran mutu kopi arabika lebih unggul kalau dibandingkan bersama dengan tipe kopi lainnya. Tapi sebenarnya masih ada banyak type kopi di dunia yang punyai kualitas terbaik.

INDONESIA JADI BAGIANNYA SEJARAH KOPI DI DUNIA

Sejarah Kopi Memiliki Cerita Panjang


INDONESIA JADI BAGIANNYA SEJARAH KOPI DI DUNIA

Penemuan kopi sendiri terjadi secara tidak sengaja saat penggembala bernama Khalid seorang dari Abyssinia, mengamati kawanan kambing gembalaannya yang selamanya terjaga lebih-lebih sesudah matahari terbenam sesudah memakan sejenis buah berry. Ia pun coba memasak dan memakannya. Kebiasaan ini kemudian terus berkembang dan menyebar ke berbagai negara di Afrika, namun metode penyajiannya tetap menggunkan metode konvensional. Barulah sebagian ratus tahun sesudah itu biji kopi ini dibawa lewat Laut Merah dan tiba di Negara Arab bersama dengan metode penyajian yang jauh lebih maju.

Jenis-Jenis Kopi di Dunia

INDONESIA JADI BAGIANNYA SEJARAH KOPI DI DUNIA, Setidaknya, ada tiga spesies yang menjadi komoditas populer, di antaranya adalah Coffea arabica (arabika), Coffea canephora (robusta), dan Coffea liberica (liberika).

1. Arabika

AKL Kopi

Tanaman Coffea arabica berasal dari Ethiopia yang lantas dibawa oleh para pedagang Arab ke Yaman. Nama arabika sendiri tak terlepas dari peran pedagang Arab yang menyebarkannya hingga ke semua dunia. Bangsa Arab mulai mempopulerkan ekstrak bijinya bersama dengan cara diseduh bersama dengan air panas sebagai minuman.

Beberapa abad lamanya, pedagang Arab memonopoli perdagangan biji kopi. Namun, terhadap th. 1616, Belanda sukses membawa tanaman arabika ini ke luar dari Pelabuhan Mocha.
Setidaknya, terdapat dua type kopi arabika yang dibawa orang Eropa dari Yaman. Yang pertama adalah typica, yakni kultivar yang dibawa ke Jawa dan lantas tersebar ke Asia Selatan dan Amerika Tengah. Yang ke dua adalah kultivar yang dibawa ke Brasil yang dikenal dengan nama Bourbon. Kedua kultivar ini disebut-sebut sebagai sumber tanaman arabika yang ada saat ini.

2. Robusta

kopi robusta
AKL Coffee

Menurut Info yang telah dijelaskan di dalam peristiwa kopi sebelumnya, kita telah mengetahui kalau jenis kopi robusta adalah tipe yang paling sukses bertahan di keadaan tanah Indonesia. Bahkan, negara kami ini terhitung ke di dalam penghasil kopi robusta terbesar sesudah Vietnam, Brazil, dan Kolombia.

Menurut sejarahnya, jenis kopi robusta ini pertama kali ditemukan di Kongo pada th. 1898 oleh pakar botani dari Belgia. Tanaman robusta merupakan tanaman asli Afrika yang meliputi beraneka negara, seperti Kongo, Liberia, Uganda, dan Sudan. Perkembangannya dikerjakan secara besar-besaran di awal abad ke-20 oleh kolonial Belanda di Indonesia.

Baca Juga :  JENIS SEDUH KOPI, INILAH RAHASIANYA

3. Liberika

making-nice-coffee.com

Asal usul sejarah kopi liberika atau yang mempunyai nama ilmiah Coffea liberika ini disebut-sebut berasal dari negara Liberia. Namun, style satu ini juga ditemukan tumbuh secara liar di sebagian negara di Afrika lainnya.

Tanaman liberika sanggup tumbuh bersama dengan baik di tempat tropis bersama ketinggian 400-600 mdpl. Meskipun begitu, selalu tetap sanggup tumbuh dan berbuah terkecuali ditanam di ketinggian hingga 1.200 mdpl. Suhu umumnya yang dibutuhkan adalah lebih kurang 27-30°C bersama curah hujan 1.500-2.500 mm per tahun.

Baca Juga :  INILAH SEPULUHKOPI YG TERPOPULER DI DUNIA

Ukuran buah yang dihasilkan tanaman liberika lebih besar dibandingkan tipe arabika dan robusta. Namun, bobot buah keringnya hanya 10 % saja dari bobot basahnya.

4. Excelsa

http://stopcoffeego.com.vn

Rupanya, ada style kopi yang dikategorikan di dalam varietas liberika yang awalannya diakui sebagai tipe tersendiri, yaitu excelsa. Jean Paul Antoine Lebrun, seorang botanis asal Prancislah yang mengklasifikan excelsa sebagai salah satu varietas dari liberika. Excelsa sesudah itu dianggap dan diresmikan bersama dengan nama ilmiah Coffea liberica var. dewerei pada th. 2006.

Dengan banyaknya peminat minuman kopi di belahan didunia, maka banyak negara yang menjadikan kopi sebagai salah satu komoditi ekspor mereka. Dari negara-negara pengekspor kopi tersebut, terkandung beberapa negara yang terkenal bersama dengan mutu kopi terbaik di dunia. Berikut ini negara-negara penghasil kopi bersama dengan mutu yang terlalu baik di bumi ini.

Indonesia

Salah satu penghasil kopi bersama mutu baik di dunia adalah Negara Indonesia. Indonesia merupakan sebuah negara yang terletak di kawasan Asia Tenggara. Secara astronomi, Indonesia terdapat terhadap 60 LU-110LS dan 950BT-1410BT. Berdasarkan letak astronomis tersebut, maka Negara Indonesia terhitung di dalam kawasan yang punyai iklim tropis. Indonesia disebut sebagai negara kepulauan. Hal ini disebabkan gara-gara lokasi negara ini terdiri dari banyak pulau-pulau. Selain hal tersebut, Indonesia juga dikenal sebagai sebuah negara yang memiliki keindahan alam yang terlalu menakjubkan.
Indonesia merupakan salah satu negara yang terkenal bersama dengan mutu kopi yang terlampau baik. Kopi-kopi dari negara ini banyak diminati oleh masyarakat di negara lain. Maka tidak mengherankan, kalau kopi menjadi salah satu komoditi ekspor negara kepulauan ini. Salah satu style kopi nikmat yang kondang dari Indonesia adalah kopi luwak. Kopi luwak merupakan salah satu model minuman kopi yang populer dari negara ini. Kopi ini dibikin dari biji kopi yang terkandung didalam kotoran luwak. Biji kopi ini yang diolah menjadi minuman kopi yang terlalu nikmat. Jenis kopi ini jadi salah satu unggulan dari Negara Republik Indonesia. Selain kopi luwak, Negara Indonesia juga mengekspor jenis kopi robusta dan arabika.

Brasil

Selain Indonesia, negara penghasil kopi terbaik di dunia adalah Brasil. Brasil merupakan suatu negara yang terletak di benua Amerika. Negara ini miliki lokasi yang sangat luas, yakni kurang lebih 8.511.965 km2. Dengan luas lokasi tersebut, maka Brasil menjadi negara yang memiliki lokasi terluas di Amerika Selatan. Selain itu, negara Brasil merupakan salah satu negara yang punya iklim tropis. Hal ini dapat terjadi, karena Brasil dilewati oleh garis khatulistiwa. Dengan iklim tropis tersebut, maka di negara ini banyak tumbuh type tanaman tanaman perdu. Salah satu tanaman perdu yang bisa tumbuh di negara ini adalah tanaman kopi.
Kopi merupakan salah satu hasil perkebunan dari negara yang terdapat di benua Amerika Selatan ini. Kopi asal Brasil terhitung dalam type kopi bersama dengan kualitas paling baik di dunia. Salah satu type kopi yang kondang dari Brasil adalah type kopi arabika. Kopi arabaika asal brasil populer bersama kuliatasnya yang terlampau bagus, sehingga banyak di sukai oleh masyarakat dari beragam negara di bumi ini, tak sekedar itu, Brasil juga kondang sebagai salah satu penghasil kopi terbesar di dunia.

Baca Juga :  INI 10JENIS KOPI TERPOPULER DI DUNIA

Kolumbia


INDONESIA JADI BAGIANNYA SEJARAH KOPI DI DUNIA

Kolombia merupakan sebuah negara yang terdapat di kawasan Benua Amerika. Secara astronomis, Negara Kolombia terdapat terhadap 4035’LU dan 7404’BT. Kolombia ini miliki lokasi hutan yang terlampau lebat. Hutan yang terdapat di negara ini punya luas kurang lebih 72% dari keseluruhan luas wilayah negara Kolombia. Jadi bisa dikatakan, sebagian besar wilayah Kolumbia adalah hutan.
Negara Kolombia termasuk dalam negara yang terdapat di benua Amerika yang punya iklim tropis. Negara ini membawa dua musim yang sama dengan indonesia, yaitu penghujan dan kemarau. Musim penghujan berjalan pada bulan Maret sampai bersama dengan bulan Juni, sedang musim kering atau kemarau berjalan terhadap bulan Desember sampai Maret dan Bulan Juli hingga bulan Agustus.
Negara kolombia ini tenar sebagai negara penghasil kopi yang berkualitas, kopi asal Kolombia punya citarasa yang terlalu khas dan tidak serupa dari kopi negara lain. Maka tidak mengherankan, jikalau kopi asal negara ini banyak disukai oleh masyarakat dari berbagai negara.

Baca Juga :  MENILIK HARGA KOPI DIPASARAN DUNIA

Peru


Negara bersama dengan mutu kopi yang enak seterusnya adalah Peru. Negara Peru merupakan sebuah negara yang masih termasuk dalam Benua Amerika. Negara ini berbatasan segera dengan Negara Brasil dan Bolivia disebelah timur, Kolombia dan Ekuador di batas Sebelah utara, Chili di sebelah selatan dan Samudra Pasifik di batas sebelah barat.
Peru ini juga kondang sebagai sebuah negara penghasil kopi yang tergolong besar. Negara ini tenar dengan mengolah biji kopi yang penanamannya meggunakan cara organik. Dengan langkah menanam kopi yang organik ini, sebabkan kualitas biji kopi negara Peru terlalu istimewa. Dengan demikian, maka produk minuman kopi dari biji kopi terbaik Negara Peru banyak digemari oleh para penikmat minum berkafein ini.

Vietnam

Vietnam merupakan negara yang terletak di kawasan Benua Asia Tenggara, Negara ini merupakan tetangga dari Negara Republik Indonesia. Vietnam ini juga terkenal sebagai salah satu negara penghasil kopi yang berkualitas. Negara vietnam ini merupakan suatu negara yang beriklim mirip layaknya Indonesia, yakni tropis. Dengan iklim tropis tersebut, maka di Negara ini juga banyak tumbuh tanaman kopi.

Baca Juga :  BEBERAPA PERDAGANGAN KOPI DUNIA

Awalnya, kopi mulai dikenal oleh masyarakat Vietnam pada jaman penjajahan Prancis, yakni sekitar tahun 1857. Negara Perancis selanjutnya yang memperkenalkan kopi terhadap penduduk vietnam, sejak saat itu, negara vietnam mulai membudidayakan tanaman kopi. Saat ini , negara vietnam terhitung dalam negara pengekspor kopi terbesar di dunia.

Kosta Rika


INDONESIA JADI BAGIANNYA SEJARAH KOPI DI DUNIA

Negara yang populer sebagai penghasil kopi terbaik di dunia setelah itu yakni Kosta Rika. Kosta Rika ini merupakan sebuah negara yang terdapat di Benua Amerika bagian tengah. Negara ini miliki luas lokasi kira-kira 51.100 km2 atau seukuran dengan luas Pulau Maluku. Kosta Rika sendiri merupakan salah satu pengekspor kopi di dunia. Kopi asal negara ini punyai kualitas yang bagus.
Pada mulanya, Kosta Rika bukan merupakan negara pengekspor kopi. Mereka hanya memproses biji kopi asal Negara Ethiopia. Akan tetapi, pemerintah Kosta Rika menyebabkan penawaran kepada para petani untuk menanam kopi. Alhasil banyak petani yang menyambut baik ide pemerintah tersebut. Alhasil, selagi ini Kosta Rika menjadikan kopi sebagai komoditi ekspor utama mereka tidak cuman gula.

Honduras

Honduras merupakan salah satu negara yang penghasil kopi terbaik di dunia. Honduras adalah sebuah negara yang terdapat di kawasan Amerika Tengah. Negara ini merupakan salah satu negara yang mengandalkan sektor pertanian untuk komoditi ekspornya. Salah satu hasil pertanian yang jadi komoditi ekspor negara honduras adalah biji kopi. Kopi dari negara ini memiliki kulitas yang bagus bersama rasa yang nikmat.

Meksiko

Negara penghasil kopi terbaik di dunia selanjutnya tetap dari Benua Amerika. Negara selanjutnya adalah Meksiko. Meksiko merupakan sebuah negara yang terletak di Benua Amerika bagian tengah. Negara ini merupakan salah satu negara penghasil kopi di Benua Amerika. Salah satu type kopi yang dihasilkan oleh negara ini adalah kopi arabika. Kopi arabika merupakan salah satu komodoti ekspor andalan negara ini.

Ethiopia

By Oscar Espinosa

Ethiopia merupakan sebuah negara di kawasan Afrika Timur yang kondang sebagai tempat lahirnya kopi. Banyak penduduk Ethiopia yang nikmati kopi terhadap kesehariaannya. Setengah dari hasil kopi Ethiopia di ekspor dan setengahnya lagi di mengkonsumsi oleh penduduk negara tersebut. Kopi asal negara Afrika Timur ini merupakan salah satu kopi paling baik di dunia mempunyai citarasa yang khas, agar banyak digemari oleh para penikmat kopi.

Baca Juga :  MODE SEDUH KOPI BIAR ENAK, BELAJAR SENDIRI DI RUMAH

Pada akhirnya, kopi terbaik adalah kopi yang bisa menyebabkan Anda mencicipi kopi sendiri menjauh dari area tidur Anda dan mulai menjelajah dunia. Cobalah untuk terus coba untuk memperoleh apresiasi sejati didalam perbedaan rasa tiap tiap kopi. Seperti Cupping kopi yang merupakan metode dirancang khusus untuk target di atas. Perekonomian international bagus untuk para penggemar kopi, memiliki lebih begitu banyak pilihan daripada dua dekade lalu. Jangan terpaku pada opsi yang mengintimidasi Anda, tetapi kombinasikanlah pengalaman mencicip kopi mengakibatkan lebih mudah bagi siapa saja untuk menjelajahi kopi kondang di dunia yang kini banyak tersedia.

Sumber :

Dari Berbagai Sumber

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Must Read

COFFEE MATES HARUS MENGETAHUI PETA KOPI DUNIA

Jika Anda pecinta kopi, tentu tersedia kepuasan tersendiri dikala Anda sanggup menikmati seduhan kopi dari bervariasi biji kopi yang tumbuh di beraneka belahan...

17.457 pasien RSD Wisma Atlet sembuh dari COVID-19

17.457 pasien RSD Wisma Atlet sembuh dari COVID-19 Jakarta (ANTARA) - Pasien sembuh COVID-19 di Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, hingga...

Tim Swab Hunter sasar tempat nongkrong anak muda di Surabaya

Tim Swab Hunter sasar tempat nongkrong anak muda di Surabaya Surabaya (ANTARA) - Tim Swab Hunter menyasar pelanggar protokol kesehatan khususnya di tempat nongkrong...

Dinas Sosial Lombok Utara salurkan bantuan untuk korban kebakaran

Dinas Sosial Lombok Utara salurkan bantuan untuk korban kebakaran Mataram (ANTARA) - Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara...

Komik "One Piece" dihentikan sementara karena "mangaka" sakit mendadak

Komik "One Piece" dihentikan sementara karena "mangaka" sakit mendadak Oda-sensei saat ini sedang dalam pemulihan, dan manga tersebut akan kembali dalam edisi ke-46 dari...